6 Cara Merawat Wajah untuk Pria, Bikin Kulit Berkilau!

Men Fashion | Jumat, 9 Agustus 2019 11:36
6 Cara Merawat Wajah untuk Pria, Bikin Kulit Berkilau!

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merawat kulit bukan hanya pekerjaan wanita, pria juga wajib merawat kulit mereka.

Dream - Kulit merupakan organ terluar manusia yang bertugas untuk melindungi jaringan dan organ yang ada di dalam tubuh manusia. Kulit yang tidak sehat juga bisa menjadi pertanda ada masalah dengan organn dalam tubuh.

Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk merawat kulit. Kulit wanita dan pria mungkin memang memiliki perbedaan, seperti kulit pria yang lebih tebal dibandingkan dengan kulit wanita. Walau begitu, dasar-dasar merawat wajah bagi setiap kulit hampir sama.

Dalam perawatan kulit, jenis kulit dibedakan menjadi lima jenis, kulit sensitif, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi.

Bagi kaum pria, kenali jenis kulit terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan kulit, untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, kulit bersih dan segar.

2 dari 7 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Mencuci Wajah Setiap Hari

 Merawat Wajah

Mencuci wajah secara rutin jadi satu dari sekian banyak cara merawat wajah yang paling dasar. Mencuci wajah dengan sabun khusus wajah, akan membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan segar.

Hal ini mengingat, kulit wajah menjadi bagian kulit yang paling banyak terpapar kotoran dan debu. Mencuci wajah dengan menggunakan sabun biasa akan membuat kulit wajah menjadi kering, untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk menggunakan sabun wajah khusus pria sesuai dengan jenis kulit.


Cara merawat kulit wajah paling dasar ini wajib dilakukan setiap hari, mulai dari ketika hendak tidur hingga mencuci wajah setelah berolahraga. Anda bisa menggunakan air dingin biasa untuk mencuci wajah, dan jangan menggunakan air hangat, karena bisa membuat pori-pori kulit terbuka.

3 dari 7 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Memperhatikan Teknik Mencukur

 Merawat Wajah

Hal yang paling penting tentang cara merawat wajah bagi pria ialah teknik mencukur. Bagi perempuan, mencukur di bagian wajah adalah hal yang asing, namun menjadi hal yang biasa seorang pria lakukan secara rutin.

Teknik mencukur ternyata sangat mempengaruhi cara merawat kulit wajah yang baik pada pria. Mulai dari penggunaan pisau cukur yang tepat dan sesaui dengan kebutuhan menjadi salah satu cara merawat kulit wajah pria yang utama.

Pemilihan pisau cukur yang tidak tepat, dapat menyebabkan luka pada wajah, sehingga akan membuat perawatan wajah harus lebih hati-hati. Selain itu, harus menggunakan krim cukur yang lembap sebelum mencukur. Hal ini bertujuan untuk mempermudah laju pisau cukur, dan menghindari luka pada kulit wajah.

4 dari 7 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Mengenakan Pelembab Kulit

 Merawat Wajah

Cara merawat kulit wajah wajah untuk pria yang selanjutnya adalah rajin memakai produk pelembap kulit. Penggunaan produk tersebut sangat bagus untuk membantu mengurangi garis halus dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Sebagian pria, menganggap menggunakan pelembab kulit terlalu repot. Padahal menggunakan pelembab kulit sangat penting untuk merawat kulit supaya tidak kering dan bersisik.

Untuk memperoleh hasil yang baik, penggunaan pelembap bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur, selepas mandi, atau setelah bercukur.

5 dari 7 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Melakukan Pengecekan Rutin

 Merawat Wajah

Melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi kulit, menjadi cara merawat kulit wajah untuk pria selanjutnya. Kulit merupakan tameng pertama tubuh dalam menerima banyak terpaan benda asing dari luar. Oleh sebab itu, kulit menjadi bagian tubuh yang rawan terkena berbagai masalah.

Berbagai masalah kulit seperti, bintik-bintik yang gatal, berdarah, kutil, dan perubahan warna kulit, bisa menjadi pertanda kanker kulit. Terlebih lagi, pria berusia di atas 50 tahun lebih berisiko terkena melanoma, jenis kanker kulit yang mematikan.


Oleh sebab itu, seorang pria juga harus rutin melakukan pengecekan dan pemeriksaan kulit secara berkala. Hal ini tidak hanya jadi cara merawat kulit wajah jangka panjang, tapi juga menjadi cara untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk pada kulit.

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Menggunakan Sunscreen

 Merawat Wajah

Paparan sinar matahari memang tidak bisa dihindari, terlebih bagi pria yang kerap beraktivitas di siang hari. Cara merawat kulit wajah bagi pria yang aktif, ialah rajin menggunakan tabir surya, tidak hanya saat akan beraktivitas di luar ruangan saja, tapi juga pada saat kegiatan di dalam ruangan.

Tabir surya sangat ampuh digunakan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan keriput, bintik penuaan, bahkan hingga kanker kulit.


Pemilihan produk tabir surya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa dikonsultasikan dengan ahli dermatologi atau dokter kulit. Untuk memperoleh perlindungan yang baik, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi.

7 dari 7 halaman

Mengenali Bahan pada Label Produk Perawatan Kulit Pria

Menggunakan produk perawatan kulit bukanlah sebuah hal yang harus dihindari. Produk perawatan kulit wajah sama halnya dengan sabun mandi dan sampo. 

Cara merawat kulit wajah dengan menggunakan produk perawatan kulit memang memerlukan konsistensi yang tinggi dan keteraturan. Termasuk soal kandungan bahan yang ada dalam produk tersebut, harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Pelajari sedikit mengenai kandungan bahan dalam produk perawatan kulit wajah, atau bisa menanyakan pada ahli dermatologi atau dokter kulit. Kini juga banyak produk skincare ternama yang mengeluarkan seri perawatan kulit khusus pria. Tak ada salahnya dicoba. (mut)

 

Sumber: American Academy of Dermatology

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id