Wajib Tahu! Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dan Kenali Penyebabnya

Lifestyle | Jumat, 31 Mei 2019 16:41
Wajib Tahu! Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dan Kenali Penyebabnya

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Duh, kok wajahku berminyak sih? Gimana cara menghilangkannya nih?

Dream Minyak di wajah pasti sangat mengganggu penampilan. Tidak jarang di dalam tas wanita sebagian besar terdapat paper oil untuk dapat mengurangi minyak pada saat beraktivitas di luar ruangan.

Wajah berminyak selain dapat mengganggu penampilan, juga dapat menurunkan tingakat kepercayaan diri. Ada yang setuju Sahabat Dream?

Minyak atau sebum sebenarnya juga memiliki manfaat bagi kulit wajah. Minyak tersebut mampu menjaga keelastisan dan kelembutan kulit.

Akan tetapi, produksi minyak yang berlebihan juga tidak baik bagi kulit wajah. Minyak yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori, yang nantinya bercampur dengan kuman dan bakteri sehingga dapat memunculkan komedo bahkan jerawat.

Ada beberapa cara menghilangkan minyak di wajah baik secara alami maupun secara modern. Berikut cara menghilangkan minyak di wajah dari berbagai sumber:

2 dari 4 halaman

Cara Ini Diyakini Hilangkan Minyak di Wajah

1.    Rajin Membersihkan Wajah

 Bahaya Mencuci Wajah dengan Air Hangat!
Salah satu kunci cara menghilangkan minyak di wajah adalah dengan selalu membersihkan wajah setiap saat.

Bagi Sahabat Dream yang memang memiliki wajah yang berminyak, biasakan cuci wajah sehari sebanyak 2 kali. Usahakan membersihkan wajah sebelum beraktivitas dan setelah beraktifitas seharian.

2.    Membersihkan Make Up dengan Bersih

 Bahaya Make Up yang Menakutkan!
Perempuan tidak akan lepas dengan yang namanya make up dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari make up yang sederhana sampai make up yang tebal akan selalu menempel di wajah.

Sahabat Dream salah satunya? Apa selalu membersihkan make up? Eits, membersihkan make up hingga benar-benar bersih merupakan cara menghilangkan minyak di wajah yang wajib dilakukan.

3.    Minyak Jojoba

Ini benar menghilangkan minyak dengan menggunakan minyak juga? Tidak salah dengar nih? Tentu saja tidak dong.

Minyak jojoba merupakan salah satu bahan untuk merawat minyak diwajah loh. Selain dapat mengurangi minyak diwajah, minyak jojoba juga mampu menghilangkan komedo dan bahkan jerawat.

 Khasiat Melimpah Minyak Jojoba
Cara menghilangkan minyak di wajah degan menggunakan minya jojoba cukup mudah hanya dengan aplikasikan minyak tersebut ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

3 dari 4 halaman

Cara Lain Hilangkan Minyak di Wajah

4.    Lidah Buaya

 Aloe Vera Gel, Skincare Korea yang Digandrungi Cewek Indonesia
Selain berfungsi untuk mencerahkan, lidah buaya juga dipercaya dapat menyerap minyak berlebih di kulit wajah. Cara menghilangkan minyak di wajah dengan menggunakan lidah buaya sangat mudah.

Oleskan gel yang tedapat pada daging lidah buaya ke wajah secara merata. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilaslah hingga bersih. Sahabat Dream juga bisa mengaplikasikannya dengan membuat masker wajah dari lidah buaya.

5.    Susu

Kandungan vitamin D yang terkandung di dalam susu mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah. Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan tidak berkerut atau keriput.

Selain kandungan tersebut, susu juga mengandung vitamin B6 yang mampu merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan tidak memiliki minyak yang berlebih.

 Lengkapi Nutrisi Ibu Hamil Dengan Minum Susu Sapi
Cara menghilangkan minyak di wajah dengan susu cukup mudah. Campurkan 2 sdm susu sapi dengan 1 sdm madu. Oleskan racikan tersebut ke kulit wajah secara menyeluruh. Diamkan masker tersebut selama murang lebih 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Penyebab Wajah Berminyak

1.    Cuaca

Pergantian cuaca yang terjadi dapat mengakibatkan produksi minyak di wajah menjadi berlebihan.

2.    Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Berlebihan dalam melakukan suatu hal pasti hasilnya tidak akan selalu bagus. Salah satunya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak.

Resiko yang dapat timbul dari kebiasaan ini adalah produksi minyak pada wajah akan terganggu sehingga menyebabkan produksi minyak menjadi berlebihan.

3.    Produk Kecantikan Kurang Tepat

Memakai produk kecantikan apapun jenis dan bentuknya harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Apabila Sahabat Dream memakai produk yang salah, maka dapat menimbulkan permasalahan baru bagi wajah salah satunya adalah produksi minyak yang berlebihan.

4.    Perubahan Hormon

Perubahan hormon pada tubuh merupakan salah satu faktor yang penting dalam memproduksi minyak di wajah. Kamu tidak perlu khawatir apabila kulit wajah yang tadinya tidak berminyak, suatu waktu menjadi berminyak itu adalah hal yang wajar.

Kemungkinan karena tengah mengalami masa pra menstruasi ataupun sedang stress.

(ism, sumber: fimela.com)

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id