Usung Konsep Hybrid, IIMS 2021 Bidik Transaksi Rp4 Triliun

Automotive | Sabtu, 10 April 2021 10:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pameran ini menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat di JIEXpo Kemayoran.

Dream – Indonesia International Motor Show 2021 akan digelar di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, pada 15-25 April 2021. Menariknya, IIMS 2021 ini menggunakan sistem hybrid, yaitu “ perkawinan” pameran offline dan online.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, mengatakan IIMS akhirnya mengantongi izin untuk mengadakan pameran otomotif berkonsep offline dan online.

“ IIMS hybrid mendapatkan kesempatan pertama untuk melaksanakan event secara offline yang berbarengan dengan online,” kata Hendra dalam press confecerence IIMS 2021 secara virtual, Jumat kemarin 9 April 2021.

Tentu saja pameran ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jika pameran ini berhasil, kata dia, IIMS 2021 bisa membuka peluang yang besar bagi industri dan event organizer yang dan pelaksanaannya sesuai dengan New Normal.

Usung Konsep Hybrid, IIMS 2021 Bidik Transaksi Rp4 Triliun
IIMS 2021 Siap Digelar Secara Hybrid Pada 15-25 April 2021.
2 dari 3 halaman

Incar Transaksi Rp4 Triliun

Sekadar informasi, pameran ini dihadiri oleh sederet merek otomotif, baik roda dua maupun roda empat. Untuk segmen mobil, misalnya, Honda, Wuling, Mitsubishi, dan Toyota. Sementara itu, untuk roda dua, misalnya Honda, Vespa, Benelli, Royal Enfield, Vespa, dan Kawasaki.

Pameran ini juga akan menghadirkan sederet brand aftermarket. Sebut saja GS Astra, Otoshop, Mobil, Pirelli, dan Aspira.

Tak hanya itu, IIMS juga akan menyuguhkan sederet program, seperti IIMS Unique Car. Program ini menampilkan mobil-mobil unik yang jarang ditemui sehari-hari di jalan raya. Misalnya, mobil Batman/Batmobile dan Vios roda delapan.

Ada juga PPMKI Classic Car Show Off. Penghimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) akan memamerkan mobil-mobil klasik di IIMS 2021.

Bicara tentang target, kata Hendra, Dyandra membidik transaksi senilai Rp4 triliun yang berasal dari pameran offline dan online. Sementara itu, untuk pengunjung, pihaknya menargetkan jumlah yang datang maksimal 25 persen dari kapasitas normal area, untuk pameran offline.

“ Kalau kapasitas normal 10 ribu, tiket online yang bisa dijual adalah 2.500. Kalau pameran online, pengunjungnya berapa pun banyaknya,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Bisa Jadi Percontohan

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, mengatakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menerapkan pedoman CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability) terkait dengan bidang pameran atau MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Pedoman ini diterapkan oleh pameran otomotif ini.

“ IIMS ini merupakan salah satu pameran yang cukup besar di Indonesia dan penyelenggaraan hybrid saya pikir sangat memberikan benefit bagi kita semua,” kata Rizki.

Dia mengharapkan ada evaluasi oleh Dyandra tentang CHSE dilakukan. Dikatakan bahwa IIMS 2021 menjadi bagian dari percontohan.

“ Apa yang dilakukan oleh Dyandra Promosindo karena yang pertama kali dan nanti akan menjadi percontohan buat yang lain. Baik yang dilakukan oleh event organizer maupun oleh pemerintah daerah,” kata Rizki.

Sekadar informasi, aturan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Dyandra untuk pameran ini seperti cek suhu tubuh, wajib memakai masker/faceshield, menyediakan tempat cuci tangan dan rapid test, serta menyemprot cairan disifektan. Dyandra juga membatasi jumlah pengunjung yang hadir dan memberlakukan sistem non tunai untuk bertransaksi.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id