Tyan Dress, Busana Syar'i Kolaborasi Oki Setiana Dewi dan Irna Mutiara

Lifestyle | Minggu, 17 November 2019 14:45
Tyan Dress, Busana Syar'i Kolaborasi Oki Setiana Dewi dan Irna Mutiara

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Kolaborasi ini menghasilkan karya busana muslim syar'i bernuansa galmor namun tetap simpel.

Dream - Oki Setiana Dewi berkolaborasi dengan desainer Irna Mutiara lewat lini fashion IM Syar'i X OSD. Mereka meluncurkan delapan koleksi busana syar'i bernama Tyana Dress.

Kolaborasi didasari oleh persahabatan Oki dan Irna yang terjalin beberapa tahun silam. Desainer bercadar itu juga menginspirasi Oki dalam memulai kariernya sebagai desainer pada 2014.

 oki setiana dewi

Foto: Deki Prayoga/Dream

" Beliau (Irna) selalu support busana saya baik di acara formal maupun karier saya. Dari saya main film, acara award, sampai pernikahan saya. Beliau menjadi salah satu inspirasi saya dalam membuat desain yang elegan, simple tapi selalu memukau," tutur Oki di acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), Jakarta, pekan lalu.

Tyana Dress yang diambil dari nama tengah Oki merupakan busana syar'i glamor nan simpel yang bisa digunakan untuk pesta maupun dailywear. Terdapat pelapis dari bahan transparan untuk acara formal yang bisa dilepas pasang.

 oki setiana dewi

Foto: Deki Prayoga/Dream

2 dari 6 halaman

Untuk Ibu Menyusui dan Wudhu Friendly

Saat model berlenggak-lenggok, kita tidak akan terkejut karena desain koleksi begitu mencerminkan sosok Oki Setiana Dewi. Siluet loose, kerudung lebar membalut bahu dengan sentuhan elegan ala Irna Mutiara.

 oki setiana dewi

Foto: Deki Prayoga/Dream

" Bahannya tidak transparan dan melengkapi syarat dalam berbusana muslimah. Kalau pakai outer terlihat glamor, tapi begitu dibuka terlihat simpel. Ada risleting sehingga busui dan wudhu friendly," ujar pemain film 'Ketika Cinta Bertasbih'.

Warna-warnanya mengusung nuansa lembut dari beige, mint dan merah. Kerudung syar'i yang dibuat lebih konvensional dapat di-styling ke dalam berbagai jenis gaya, termasuk pemakaian cadar jika diperlukan.

 oki setiana dewi

Foto: Deki Prayoga/Dream

" Kerudung syar'i ada banyak sekali jenis dan bentuknya. Ini dibuat gaya macam-macam supaya tidak monoton. Kita buat siluet longgar, ini untuk alternatif," kata artis 30 tahun itu. (mut)

3 dari 6 halaman

Ramai Isu Cadar, Oki Setiana Dewi: 'Negara Butuh Proses'

Dream - Penggunaan cadar dan celana cingkrang beberapa pekan lalu menjadi perbincangan hangat. Wacana larangan memakai dua model busana di instansi pemerintahan menuai pro dan kontra.

Oki Setiana Dewi turut buka suara menanggapi isu tersebut. Sebagai artis, pedakwah dan desainer muslimah, Oki berharap pemerintah bisa menerima pemakaian cadar.

 Ricis Tunjukan Isi ATM, Oki Setiana Dewi Geram

" Niqab (cadar) sesuatu yang bagus kalau wajahnya menawan dan ingin melindungi diri dari fitnah. Fungsinya sebagai pelindung, sama halnya dengan jilbab," ujar Oki di gelaran ISEF, Jakarta, Jumat 15 November 2019.

Kerap menerima tatapan ragu dari banyak orang ketika berbusana syar'i, Oki tak menampik jika reaksi masyarakat dan pemerintah terkait pemakaian cadar memang membutuhkan proses panjang.

" Tahun 1980-an masih sulit diterima, begitu juga busana syar'i di tahun 2008. Pada saat itu saya dari atas kepala sampai ujung kaki dilihatin orang," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Layaknya Busana Syar'i

Namun kakak Ria Ricis menilai setidaknya kini sudah banyak wanita yang mau tampil syar'i. Hal ini tidak lepas dari fungsi pelindung hijab itu sendiri.

Padu padan yang tersedia di pasaran juga semakin beragam sehingga tak lagi monoton.

 Ricis Tunjukan Isi ATM, Oki Setiana Dewi Geram

Ia berharap, pemakaian cadar bisa lebih diterima masyarakat layaknya busana syar'i.

" Sekarang banyak yang pakai baju syar'i ke mall, ke kantor dan sebagainya. Kalau niqab, negara perlu proses dan negara perlu menerima, negara butuh menerima," tutur pemain film 'Ketika Cinta Bertasbih.

Di gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (2019), desainer 30 tahun itu juga memamerkan koleksi muslimah syar'i yang dilengkapi cadar hasil kolaborasi Irna Mutiara. Oki mempersembahkan delapan busana bernuansa anggun nan elegan.

5 dari 6 halaman

Pesona Busana Muslim 'La Belle' Karya Medina Zein

Dream - Meina Zein kembali menampilkan koleksi busana muslim teranyar di panggung Sustainable and Ethical Fashion Show, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Istri Lukman Azhari ini memboyong delapan busana muslim bertajuk 'La Belle' yang terinspirasi dari perempuan Perancis kuno.

 Medina Zein

Foto: Deki Prayoga/Dream

" La belle, artinya cantik dalam bahasa Perancis. Aku terinspirasi dari busana era 20an yang dipakai perempuan Perancis saat itu. Banyak warna pastel yang membuat mereka terlihat lebih anggun," kata Medina di Jakarta Convention Center, Kamis 14 November 2019.

Nuansa pastel didominasi oleh warna dusty pink, lilac, nude dan grey yang lembut. Medina merancang koleksi yang terdiri dari maxi dress santun bersiluet A-line dan H-line.

 Medina Zein

Foto: Deki Prayoga/Dream

Kombinasi bahan satin, tille bercorak polkadot memberi sentuhan mewah sekaligus playful bagi pemakainya. Sebagai hijab, Medina memadukan ciput serta kerudung tipis yang digerai hingga terlihat elegan.

6 dari 6 halaman

Aksesori Daur Ulang

Desainer 27 tahun itu tak lupa berkiblat pada tema besar 'Sustainable and Ethical Fashion'.

 Medina Zein

Foto: Deki Prayoga/Dream

" Saya memakai sisa bahan yang diaur ulang untuk membuat aksesori yang saya pakai di bagian depan tubuh," ujarnya.

Kain-kain sisa disulap menjadi bros berukuran besar yang menyerupai aksesori pada topi corsage ala wanita Eropa.

 Medina Zein

Foto: Deki Prayoga/Dream

Selain Medina Zein, beberapa artis juga memperagakan koleksinya di gelaran ISEF 2019. Mereka adalah Zaskia Mecca, Laudya Cynthia Bella, Oki Setiana Dewi dan masih banyak lagi.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id