Sulap Busana Kantor Jadi Lebih Modis, Intip Caranya

Lifestyle | Selasa, 15 Oktober 2019 09:48
Sulap Busana Kantor Jadi Lebih Modis, Intip Caranya

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Kamu merasa bosan dengan busana yang itu-itu saja?

Dream - Wanita karir sering kesulitan memilih busana kerja. Beberapa kantor memiliki dress code tertentu yang harus dipatuhi. Misalnya busana formal atau warna-warna khusus yang sudah ditentukan.

Tapi kamu juga pasti ingin tetap terlihat modis, bukan?

Penampilan adalah kesan pertama yang ditangkap oleh lawan bicara. Hal ini jadi hal yang penting di dunia kerja. Namun terkadang, busana kerja cenderung memberi kesan boring.

 shutterstock

Busana kerja terdiri dari atasan seperti kemeja dan blouse, serta bawahan celana atau rok. Beberapa kantor melarang pegawainya memakai celana kasual seperti jins sehingga kamu terpaksa memakai celana bahan.

Biar enggak ribet dan tetap modis, Sahabat Dream dapat memberi sentuhan fashionable di busana kerja. Dilansir dari Female Network, berikut ini cara menyulap busana kerja jadi lebih modis.

2 dari 8 halaman

High Waist Pants

High waist atau celana bersiluet tinggi banyak ditemukan di produk denim seperti celana jins. Aksen tinggi di bagian pinggang memberi kesan santai yang tetap chic.

Sahabat Dream bisa menerapkannya di hari kerja dengan cara memakai celana bahan bersiluet serupa. Cari trousers dengan bagian pinggang tinggi yang memberi kesan chic dan formal.

 shutterstock

Warna Matching

Nuansa monokrom seperti hitam dan putih banyak ditemukan di busana kerja. Agar tidak bosan, Sahabat Dream bisa memakai warna lain yang tak kalah menarik.

Pilih warna netral seperti cokelat, beige, abu-abu atau navy. Samakan warna inner atau dalaman baju dengan sepatu, kombinasi warna serupa dapat memberi kesan stylish yang tetap rapi.

3 dari 8 halaman

Monotone

Berbeda dari sebelumnya, kamu juga bisa tampil stylish dengan hanya memakai satu warna. Misalnya dengan jumpsuit berwarna putih atau cokelat.

Sepatu

Agar tidak membosankan, beri nuansa eye-catching dengan memakai sepatu berbeda warna dari outfit. Pilihan warna netral seperti mustard dan hijau zamrud bisa meningkatkan kesan modis pada gaya formal.

 shutterstock

4 dari 8 halaman

Tekstur

Jika bosan memakai model baju yang sama, cari pakaian dengan tekstur tak biasa. Seperti satin, velvet atau sifon yang memiliki tekstur menarik.

 shutterstock

Kulit

Selain bahan bertekstur, Sahabat Dream juga bisa memberi sentuhan berbeda dengan bahan kulit. Bahan tersebut dapat menambah kesan klasik dan elegan pada busana kantor.

Berikan sentuhan kulit dengan memakai leather belt, leather skirt atau leather bag dan pouch. (mut)

5 dari 8 halaman

Tips Beli Busana yang Tidak Sekali Pakai

Dream - Jika Sahabat Dream kehabisan ide memilih pakaian yang ada di lemari meski stok baju masih banyak, itu tandanya kamu butuh inspirasi gaya busana lagi.

Dilansir oleh Female Network, berikut beberapa hal yang perlu diingat jika ingin lebih hemat dalam berbelanja agar busana yang dibeli tidak sia-sia.

Bisa dipadukan dengan koleksi di lemari?

Coba pikirkan, atasan apa yang akan dipasangkan dengan calon rok baru? Atau apakah kamu memiliki jaket untuk pergi dengan gaun tanpa lengan?

 shutterstock

Jika kamu bisa memikirkan setidaknya tiga cara yang tepat untuk mengenakannya, maka yakinlah bahwa pakaian itu tidak akan pernah dipakai hanya sekali.

6 dari 8 halaman

Pikirkan gaya hidup dan gaya pribadimu

Selalu terapkan pertanyaan seputar bisakah kamu memakainya di kantor? Apakah kamu menggunakan transportasi umum secara teratur? Apakah kamu menyukai pakaian berwarna hitam?

 shutterstock

Pertanyaan-pertanyaan sederhana itu akan membantumu menentukan apakah suatu barang berpotensi menjadi pakaian favoritmu, dan bukan sesuatu yang akan berada di belakang lemari.

7 dari 8 halaman

Apakah kemeja atau celana denim terasa terlalu ketat?

Jujurlah pada dirimu sendiri. Jika agak ketat ketika dicoba, akan terasa lebih sesak saat dikenakan sepanjang hari. Dan ketika merasa sedikit tidak nyaman, secara alami kamu tidak akan menggunakan pakaian itu lagi.

 shutterstock

Tips: Saat berbelanja celana denim, manfaatkan kursi di dalam ruang pas dan cobalah duduk. Ini adalah salah satu cara untuk menguji apakah kamu benar-benar akan merasa nyaman mengenakannya.

8 dari 8 halaman

Perhatikan jumlah pakaianmu

Pertimbangkan berapa banyak kemeja atau blus yang tidak dikenakan karena sudah usang setelah beberapa kali dicuci? Lebih baik berinvestasi dalam potongan-potongan yang dapat bertahan lebih lama.

Tips: Kemeja berkualitas tinggi cenderung terasa lebih berat dibandingkan yang biasa, karena jumlah jaitannya lebih banyak.

 shutterstock

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id