Trik Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah dengan Tangan

Lifestyle | Senin, 30 Maret 2020 12:13
Trik Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah dengan Tangan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Jangan sentuh wajah dengan tangan jika tak ingin tertular corona.

Dream - Angka kasus infeksi virus corona baru, Covid-19, di Indonesia terus mengalami peningkatan. Virus yang berasal dari Wuhan, China, ini dapat menyerang saluran pernapasan.

Virus ini sangat mudah menular jika manusa mengalami kontak langsung dengan virus. Penularan corona terjadi lewat droplets atau percikan yang berasal dari batuk dan bersin seorang pasien. Menyentuh benda yang terkena percikan tersebut berpotensi menularkan Covid-19.

Virus yang menempel sebenarnya dapat hilang dengan cara mencuci tangan. Tetapi biasanya, seseorang tak sadar jika mereka telah menyentuh wajah dengan tangan.

Virus tersebut akhirnya dapat masuk melalui mulut, hidung atau mata karena tangan yang menyentuh wajah. Namun rasanya cukup sulit ya, untuk tidak menyentuh wajah?

Berikut ini Dream sajikan beberapa trik yang bisa kamu gunakan agar tidak menyentuh wajah:

2 dari 5 halaman

Memakai Sarung Tangan

 Sarung Tangan© Foto: Shutterstock

Memakai sarung tangan di rumah bisa menjadi pengingat bahwa kamu tidak boleh menyentuh wajah. Sebaiknya jangan gunakan sarung tangan medis karena dibutuhkan oleh tenaga kesehatan. Cukup gunakan sarung tangan plastik, kain atau yang terbuat dari kulit.

3 dari 5 halaman

Memakai Kuteks

 Kuteks© Foto: Shutterstock

Jika tak nyaman memakai sarung tangan, Sahabat Dream bisa memakai kuteks sebagai alternatif. Kuteks biasanya memiliki aroma yang cukup menyengat jika didekatkan pada hidung.

Warna yang mencolok juga bisa menjadi pengingat agar kamu tidak boleh menyentuh wajah. Gunakan kuteks halal agar kamu tetap bisa beribadah ya!

4 dari 5 halaman

Memakai Hand Sanitizer Beraroma

 Hand Sanitizer© Foto: Shutterstock

Beberapa orang mungkin tidak suka dengan aroma tajam dari kuteks. Nah, kalian juga bisa memakai hand sanitizer yang beraroma wangi. Beberapa merek biasanya dilengkapi dengan aneka parfum seperti bunga atau buah-buahan.

5 dari 5 halaman

Bikin Tangan Jadi Sibuk

 Bermain Gitar© Foto: Shutterstock

Sahabat Dream bisa mengalihkan perhatian dengan cara membuat tanganmu sibuk. Kamu bisa melakukan aktifitas seperti melukis, bermain game atau bermain musik. Perlahan-lahan kamu akan lupa dengan kebiasaan menyentuh wajah. Semoga berhasil ya!

Terkait
Join Dream.co.id