Toyota, Kapan Veloz dan Avanza Hybrid?

Automotive | Rabu, 29 Juni 2022 15:34

Reporter : Sandy Mahaputra

Bahkan beberapa dari pabrikan sudah mulai menyasar segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV).

Dream - Memasuki era elektrifikasi di pasar Indonesia, produsen otomotif ramai-ramai menghadirkan mobil bermesin listrik dan hybrid.

Bahkan beberapa dari pabrikan sudah mulai menyasar segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Diketahui, segmen itu menjadi 'kue' besar dari penjualan mobil penumpang Tanah Air alias paling laris.

Lantas bagaimana dengan Toyota, sebagai market leader di segmen LMPV?

Toyota tak memungkiri siap membenamkan teknologi hybrid pada jajaran produknya, Avanza dan Veloz.

" Kita memikirkan ke depan, ya betul era elektrifikasi, setiap tahunnya terjual lebih dari 1.000 unit mobil hybrid. Namun, semua teknologi disesuaikan mana yang menjadi kebutuhan pasar di Indonesia, sudah siap belum?," ujar Head of Public Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM), Dimas Azka di acara Media Experince 'Safe Jakarta', Selasa 28 Juni 2022.

 All New Veloz© Istimewa

Dimas menegaskan, Toyota menghadirkan kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen apakah elektifikasi atau model kendaraan tertentu.

" Tidak menutup kemungkinan dengan elektrifikasi. Untuk Veloz dan Avanza kami tentu menyesuaikan kebutuhan dari pengguna di masa depan," imbuhnya.

 

Toyota, Kapan Veloz dan Avanza Hybrid?
All New Veloz
2 dari 3 halaman

Menurut Lina Agustina, General Manager of Marketing Planning and New Business TAM, Toyota boleh dibilang sebagai pionir dan punya pengalaman lebih dalam teknologi Hybrid. Saat ini, sudah ada delapan model mobil hybrid di Indonesia.

Memang untuk segmen MPV, lanjut Lina, apakah model yang ada harus 'di-hybrid-kan' atau tidak, semuanya balik lagi soal kesiapan dari konsumen.

 All New Veloz© Istimewa

" Kehadiran model hybrid di Toyota memang baru ada segmen yang highend, untuk menengah ke bawah, ya harus dilihat dulu kesiapan konsumen kita, bersedia tidak (bayar) untuk itu," imbuh Lina pada kesempatan yang sama.

Menurut ke depannya, pasar nanti juga bisa memilih mana yang lebih cocok sesuai kebutuhan masing-masing HEV (hybrid), PHEV (plug-in) atau BEV (listrik murni).

Meski belum mengusung teknologi hybrid, Veloz model tertinggi Toyota di segmen LMPV sudah dilengkapi fitur-fitur canggih kelas wahid, tertutama dalam hal keamanan dan keselamatan, yakni Toyota Safety Sense (TSS).

 

3 dari 3 halaman

TSS merupakan teknologi keamanan aktif berbasis sensor dan radar dengan akurasi tinggi. Ini dikembangkan Toyota untuk membuat mobilitas pengendara lebih aman, mudah dan nyaman.

Tak hanya itu, Toyota juga menyematkan fitur T Intouch. Yaitu, teknologi Toyota terbaru berbasis telematika yang mengoneksikan sistem pada mobil dengan aplikasi mToyota.

Teknologi ini untuk mengakses ekosistem yang menjawab dan memudahkan kebutuhan mobilitas sehari-hari pengguna kendaraan.

 All New Veloz© Istimewa

Dalam event Safe Jakarta, Toyota mengenalkan cara kerja teknologi TSS serta teknologi safety yang advance lainnya kepada jurnalis, seperti Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitoring (BSM) pada All New Veloz melalui layar besar beresolusi tinggi.

Selain itu, terdapat fitur Smartphone Connectivity dan All Round View Camera melalui 9 inc Display Head Unit di Advanced Technology Center. Fitur-fitur ini dihadirkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Terkait
Join Dream.co.id