Toyota Terima 1.021 SPK Selama IIMS 2021, Innova Terlaris

Automotive | Selasa, 27 April 2021 16:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Selain Toyota Innova yang menjadi mobil terlaris sepanjang IIMS 2021, model apa lagi yang laris manis?

Dream – Toyota mengantongi surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 1.012 unit selama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021. Pemesanan ini dihasilkan dari pameran offline sebanyak 58 persen dan online 42 persen.

Dari berbagai merek keluaran Toyota, Kijang Innova menjadi model paling laris selama pagelaran IIMS 2021.

Dikutip dari keterangan tertulis Toyota, Selasa 27 April 2021, Kijang Innova menjadi kontributor utama SPK dengan porsi mencapai 25,4 persen. Disusl Avanza 22,6 persen, Rush 14,7 persen, dan Fortuner 13 persen. Sisanya berasal dari semua segmen, dari sedan hingga kendaraan komersial.

“ Partisipasi di IIMS kali ini dilakukan dengan pendekatan secara hybrid yang menggabungkan konsep offline dan online, yang diharapkan tidak hanya melayani kebutuhan mobilitas masyarakat, namun juga ikut membantu roda perekonomian Indonesia dari sisi industri otomotif dan value chain,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 27 April 2021.

Di samping angka SPK yang cukup baik, Toyota juga menyabet dua penghargaan pada Exhibition Night IIMS 2021 yaitu Best Booth Car >600sqm dan Best MPV untuk Kijang Innova 50th Anniversary.

Sementara pada ajang Otomotif Award 2021 yang diselenggarakan dalam periode pelaksanaan IIMS 2021, Toyota mendapatkan 5 penghargaan yaitu Calya di kategori LCGC 7 Seaters, Vios untuk kategori Small Sedan, Yaris di kategori Small Hatchback, Venturer di kategori Medium MPV, dan Corolla Cross di kategori Hybrid.

Matsuda berterima kasih atas kepercayaan pelanggan yang memilih produk-produk Toyota untuk kebutuhan mobilitasnya.

“ Kami akan terus menjaga kepercayaan yang telah diberikan tersebut. Ke depannya, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan total mobility solution, kami akan terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya produk yang semakin lengkap, namun juga layanan yang variatif,” kata dia.

Toyota Terima 1.021 SPK Selama IIMS 2021, Innova Terlaris
Toyota Mengantongi 1.012 SPK Selama IIMS 2021. (Foto: Toyota Astra Motor)
2 dari 4 halaman

Hadirkan Beragam Lini di Berbagai Segmen Selama IIMS 2021

Dalam ajang IIMS kali ini, TAM menghadirkan berbagai line-up di berbagai segmen. Secara khusus pada hari pertama atau pada pembukaan IIMS 2021, Toyota menghadirkan 10 unit kendaraan elektrifikasi dengan berbagai teknologi seperti Toyota COMS dan Toyota C+Pod yang berbasis BEV, yang juga telah digunakan untuk mendukung program EV Ecotourism di Nusa Dua Bali. Kemudian ada pula C-HR HEV, Corolla Cross HEV, Corolla HEV dan Camry HEV yang berbasis teknologi HEV, serta Toyota Prius yang berbasis PHEV.

“ Kami sengaja menghadirkan pilihan teknologi elektrifikasi secara lengkap sebagai bentuk komitmen mendukung keinginan positif pemerintah dan juga untuk mempopulerkan teknologi elektrifikasi pada masyarakat luas agar pemahaman masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi ini juga meningkat,” kata Vice President TAM, Henry Tanoto.

Toyota juga berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang menyeluruh, termasuk yang terkait dengan teknologi elektrifikasi. Sebagai bentuk realisasi dari komitmen tersebut, pada ulang tahun yang ke 50 ini, Toyota menghadirkan ekowisata yang terintegrasi dengan produk–produk elektrifikasi Toyota melalui program EV Ecotourism di Nusa Dua, Bali.

Di dalam program tersebut, Toyota menyiapkan tiga line up kendaraan elektrifikasi Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Secara total, terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+Pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Program ini diharapkan tidak hanya memperkenalkan kendaraan elektrifikasi lebih luas lagi kepada masyarakat, namun juga diharapkan dapat berkontribusi pada proses pemulihan industri pariwisata dan pelestarian lingkungan di Bali. Dari awal diperkenalkan pada akhir Maret lalu hingga saat ini, program ini telah mendapatkan respon yang positif yang terlihat dari antusiasme masyarakat maupun turis yang menggunakannya.

3 dari 4 halaman

Ada Edisi Khusus HUT Toyota Kijang di Indonesia

Selain jajaran kendaraan elektrifikasi, secara khusus pada opening day IIMS 2021, di booth Toyota juga ditampilkan Kijang Innova Limited Edition yang diluncurkan sebagai bagian dari perayaan HUT ke-50 Toyota Indonesia. Edisi khusus ini tampil dengan warna White Pearl dengan balutan sticker berwarna emas sebagai lambang 50 tahun kehadiran Toyota Indonesia. Golden sticker ini didesain khusus dengan motif yang menggambarkan perjalanan Toyota Kijang dari Generasi 1 sampai Generasi 6 saat ini.

Adapun, pada public day IIMS 2021, di area booth seluas 952 m2 di Hall D1 JIExpo, Toyota menghadirkan tidak kurang dari 11 unit kendaraan dari berbagai segmen seperti MPV, SUV, hatchback.

Semuanya ditampilkan dalam 4 zona yaitu Adventure Zone dengan Fortuner 4x2 TRD A/T Diesel, Rush TRD A/T, Veloz A/T, Avanza G A/T. Kemudian di Fun to Drive Zone, Agya TRD A/T, Yaris TRD A/T, selanjutnya di Electrification Zone ada Corolla Cross HEV, C+Pod, serta Family Zone yang diisi Kijang Innova V A/T, Sienta Welcab, Calya G A/T.

4 dari 4 halaman

Ada Penawaran Spesial

Untuk memberi apresiasi kepada pengunjung IIMS 2021, dalam ajang ini Toyota juga menghadirkan berbagai special sales dan aftersales program. Untuk sales program, seperti program Spektakuler, promo menarik dari KINTO ONE, Deal Cermat, dan cashback trade-in. sedangkan untuk program aftersales, ada program gratis oli maupun kesempatan Lucky Draw Spesial Apresiasi 50 Tahun Toyota Indonesia berhadiah total 50 Batang Emas.

Tidak hanya terus melengkapi line-up kendaraan sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat, sebagai perusahaan yang tengah melakukan transformasi menjadi perusahaan mobilitas, Toyota juga terus mengembangkan berbagai layanan yang memungkinkan pelanggan mendapatkan akses mobilitas terbaik.

Mengembangkan layanan penjualan dan purna jual yang memberikan kemudahan dan benefit yang lebih besar kepada pelanggan, seperti layanan berbasis usership yaitu KINTO ONE, layanan kepemilikan melalui program Deal Cermat dan Spektakuler, dan trade-in melalui Toyota Trust, serta berbagai program aftersales lainnya.

Untuk memudahkan akses pelanggan, berbagai layanan itu Toyota juga terus meningkatkan pelayanan melalui teknologi digital seperti website https//www.toyota.astra.co.id, Chatbot Toyota, mobile app mTOYOTA, dan Halobeng, serta aplikasi di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube Channel. Bahkan sejak Januari 2021 Toyota juga sudah meluncurkan Toyota Live Showroom yang juga menjadi bagian upaya memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan dalam masa pandemi saat ini.

Join Dream.co.id