Tips Pergi Umrah Tenang Tanpa Utang

Lifestyle | Jumat, 22 November 2019 07:00
Tips Pergi Umrah Tenang Tanpa Utang

Reporter : Iwan Tantomi

Kini, nggak perlu cemas karena kamu bisa pergi umrah dengan tenang tanpa utang.

Ibadah umrah ke Tanah Suci memang jadi salah satu impian umat muslim untuk menyempurnakan ibadahnya. Tapi biaya umrah yang cukup mahal membuat ibadah yang satu ini jadi tantangan tersendiri. Berbagai cara dilakukan demi bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci, mulai dari menabung bertahun-tahun, bahkan nggak jarang yang mengandalkan utang. Tapi kini, nggak perlu cemas karena kamu bisa pergi umrah dengan tenang tanpa utang.

Atur kembali pos pengeluaran yang berantakan

Sering merasa cemas menunggu tanggal gajian atau terpaksa menarik uang dari tabungan karena dompet kosong jelang akhir bulan? Rupanya, hal ini dipicu pengeluaran bulanan yang lebih besar ketimbang pemasukan.

Jika sudah memiliki niat untuk umrah, mulailah dengan mengatur kembali keuangan pribadimu. Lakukan penghitungan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya dengan cermat dan temukan pos mana yang jumlahnya bisa dipangkas.

Konsisten menabung dan hindari pengeluaran yang tak perlu

Perkirakan dana yang diperlukan untuk berangkat umrah. Kebanyakan agen travel akan mematok biaya Rp25 jutaan. Ditambah biaya lainnya seperti pembuatan paspor, visa, asuransi perjalanan, vaksin, hingga keperluan pribadi, maka dana yang wajib ditabung kurang lebih sebanyak Rp30 jutaan.

Tampak cukup besar, tapi impian untuk berangkat ke Tanah Suci tetap bisa terwujud, asal bertekad mengumpulkan dananya sejak dini. Awali dengan menentukan berapa persen penghasilan yang akan ditabung setiap bulannya.

Jika perlu manfaatkan fitur autodebet dari rekening gaji ke dalam tabungan khusus umrah. Agar lebih konsisten menabung, hindari pengeluaran yang tak diperlukan misalnya mengurangi jatah nongkrong hingga mengurangi hobi shopping barang-barang yang kurang diperlukan.

Pertimbangkan menabung di Bareksa Umroh yang bisa membantu berangkat umrah tenang tanpa utang

Daripada menabungkan uang di koperasi atau agen tour yang belum jelas izin dan pengawasannya, sebaiknya pilih alternatif lainnya yang akan membantumu berangkat umrah dengan tenang dan tanpa utang. Jika selama ini kamu hanya mengenal tabungan khusus umrah, ada pilihan lainnya yang dapat memaksimalkan uang yang sudah disisihkan setiap bulannya untuk biaya umrah. Investasi dalam bentuk reksadana syariah bisa jadi jawaban tepat untuk membantumu mewujudkan niat berangkat ke Tanah Suci.

Pertimbangkan untuk menabung di Bareksa Umroh yaitu reksadana syariah yang hasilnya bisa digunakan untuk membeli paket umrah, mulai dari harga Rp20 jutaan. Dibandingkan tabungan konvensional lainnya, Bareksa Umroh memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya layak menjadi rekomendasi. Mulai dari aman karena terdaftar dan diawasi oleh OJK. Reksadana pasar uang syariah juga minim risiko dan menjamin nasabah pasti berangkat tanpa mengalami kerugian. Selain itu, paket umrah yang dipilih hanya akan dibeli saat tabungan sudah terkumpul untuk menghindari risiko penipuan agen.

Keunggulan lainnya, produk investasi reksa dana syariah yang disediakan atau yang ada di Bareksa Umroh sudah diawasi oleh OJK dan memiliki fatwa halal dari MUI.

Berminat menabung di Bareksa Umroh untuk mewujudkan impian pergi ke tanah suci? Berikut ini 5 langkah mudahnya:

1. Sahabat Dream bisa memilih paket umrah dengan harga real yang berlaku saat ini.
2. Lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data seperti jumlah peserta dan periode perencanaan.
3. Pilih salah satu produk reksadana pasar uang syariah.
4. Nasabah pun bisa mengubah nominal sesuai kemampuan atau langsung menabung untuk pertama kalinya.
5. Nantinya, nasabah akan mendapatkan notifikasi jika dana sudah terkumpul untuk membeli paket umrah yang sudah dipilih.

Sangat mudah, bukan? 5 langkah praktis menabung di Bareksa Umroh bisa membawamu semakin dekat ke Tanah Suci. Info selengkapnya klik di sini.

Terkait
Join Dream.co.id