Tips Merawat Baju Hangat Agar Tidak Terasa Gatal

Lifestyle | Jumat, 29 November 2019 12:24
Tips Merawat Baju Hangat Agar Tidak Terasa Gatal

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bahan dan cara penyimpanan yang kurang tepat, jadi penyebab sweater rajut terasa gatal.

Dream - Hujan mulai sering turun di beberapa daerah di Indonesia. Inilah saatnya mengeluarkan koleksi pakaian hangat kamu dari lemari pakaian. Cuaca terik dan panas yang sebelumnya sering menyerang kita lambat laun akan berubah menjadi dingin.

Tentu saja, baju hangat seperti sweater rajut dan jumper jadi pilihan untuk menghangatkan tubuh.

Namun ada kalanya tubuh kita sering merasa gatal saat memakai seater rajut maupun jumper sebagai penghangat. Dilansir dari Mirror Online, seorang pemilik laundry di Inggris Kegan Kimball, mengungkapkan cara menjaga sweater rajut dan jumper agar tetap lembut tanpa merusak bentuknya.

Kenali Bahan Sweater Rajut dan Jumper

 Mix and Match Sweater Jadi Lebih Playful untuk Hijabers© MEN

Menurut Kimball, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali bahan sweater rajut dan jumper itu sendiri. “ Saat memilih dan membeli pakaian rajut, sebaiknya membaca labelnya untuk mengenali bahannya," katanya.

Kimball memperingatkan bahwa banyak sweater rajut dan jumper palsu. Maksudnya, banyak yang tidak dibuat dari wol sepenuhnya. “ Seringkali bahannya dicampur dengan serat buatan seperti nilon, katun dan akrilik," tambahnya.

Kimball menyarankan untuk membeli sweater rajut dan jumper yang dibuat dari serat alami berkualitas tinggi, seperti kapas, kasmir dan wol.

Sayangnya masih banyak orang yang mencuci sweater rajut dan jumper secara sembarangan hingga bentuknya berubah. Lalu, bagaimana jika sweater rajut dan jumper terasa gatal saat dipakai?

Rendam dengan Cuka dan Air

Agar sweater rajut atau jumper tidak terasa gatal, rendamlah dengan campuran cuka dan air. " Coba merendamnya ke dalam campuran cuka dan air selama 20 menit. Setelah itu, jangan dijemur, cukup biarkan hingga kering dengan diangin-anginkan," tuturnya.

Jika cuka tidak mempan, cobalah memakai kondisioner rambut ke dalam kain dengen digosok lembut. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan diangin-anginkan hingga kering.

Masukkan ke dalam Pendingin

 Amira: 5 Paduan Rok Midi & Sweater yang Bikin Modis© MEN

Alternatif lainnya adalah memasukkan pakaian rajut tersebut ke dalam freezer. Cara ini mungkin terdengar tidak masuk akal. Tetapi memasukkan sweater ke dalam freezer semalaman akan menghilangkan penyebab gatal-gatal.

“ Cara ini akan mengunci serat pakaian, sehingga ujung-ujungnya tidak mencuat dan menusuk ke kulit,” ungkapnya.

Untuk perawatan sehari-hari, ia pun menyarankan untuk mencuci sweater dalam tas bersih menggunakan deterjen berbahan ringan. " Beli beberapa gantungan pakaian rajut berkualitas agar tidak melar dan berubah bentuk," pungkas Kimball.

2 dari 5 halaman

Padu Padan Hijab dengan Sweater di Musim Hujan

Dream - Musim hujan gini, enaknya memang pakai baju hangat. Namun terkadang baju hangat malah bikin kepanasan.

Jangan khawatir, Sahabat Dream bisa gunakan sweater. Bahan sweater biasanya terbuat dari rajutan benang wol.

Agar tidak terlalu panas, kamu bisa pilih sweater berbahan lembut dan lebih tipis. Aktivitasmu gak bakal terganggu dengan hawa dingin maupun panas, deh.

Sweater juga kece banget loh, dipadukan dengan hijab. Sahabat Dream bisa tengok inspirasi dari selebgram Siska Widianti (@siskawidiantii).

Berikut ini padu-padannya:

3 dari 5 halaman

Plaid Pants

Siapa yang belum punya celana ini? Plaid atau motif kotak-kotak sedang populer di tahun ini, loh. Tak ada salahnya untuk mencoba.

 Hijab Sweater© Foto: Instagram @siskawidiantii

Foto: Instagram @siskawidiantii

Kombinasi warna gelap seperti maroon dan ungu bisa bikin kesan lebih cozy. Agar nyaman, cobalah pakai slip on sandal.

4 dari 5 halaman

Pencil Skirt

Si feminin juga cocok pakai sweater. Caranya cukup dengan memadukan sweater dan rok favoritmu.

Seperti Siska, kamu bisa pakai pencil skirt untuk tampilan lebih menawan. Pilihan bahan denim dapat memberi sentuhan kasual.

 Hijab Sweater© Foto: Instagram @siskawidiantii

Foto: Instagram @siskawidiantii

Kamu yang berbusana syari juga bisa loh pakai sweater. Pilih rok dengan cutting lebih lebar. Lalu pakai khimar yang menutupi dada dan punggung.

5 dari 5 halaman

Motif

Yup, gak cuma blouse dan kemeja saja yang punya motif. Kamu bisa coba sweater bermotif, loh.

 Hijab Sweater© Foto: Instagram @siskawidiantii

Foto: Instagram @siskawidiantii

Pilihan motif minimalis seperti garis-garis sangat cocok untuk tren hijab tahun ini. Padukan dengan bawahan pilihanmu.

Join Dream.co.id