Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang Bisa Dilakukan Saat Memasak

Lifestyle | Jumat, 27 Mei 2022 11:13

Reporter : Wuri Anggarini

Intip dulu tipsnya di sini!

Setelah proses panjang memasak dan mengolah berbagai makanan untuk keluarga, rasa lelah makin terasa ketika melihat dapur berantakan. Noda cipratan minyak, bumbu masakan yang menetes, hingga tumpukan peralatan masak kotor menjadi PR lain yang harus segera diselesaikan.

Sering mengalami rasa pusing ini setiap hari, Sahabat Dream? Tahu nggak sih kalau sebenarnya kamu bisa kok menjaga dapur tetap bersih dan rapi di tengah proses memasak yang dilakukan. Gimana caranya?

Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang Bisa Dilakukan Saat Memasak
(c) Shutterstock
2 dari 5 halaman

Tata Bahan Masakan dalam Wadah Multifungsi

 Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang Bisa Dilakukan Saat Memasak© Shutterstock

Jika ingin dapur tetap rapi saat memasak, awali dengan menata berbagai bahan masakan yang dibutuhkan dalam wadah multifungsi. Tata dengan rapi sayuran, bumbu dapur, hingga lauk yang akan diolah dengan rapi di atas meja dapur.

Cara ini bisa membantu memudahkanmu dalam proses mengolah makanan. Jadi, nggak perlu ribet mencari mana sayuran yang akan digunakan atau bumbu dapur yang hilang.

3 dari 5 halaman

Segera Bersihkan Barang Setelah Selesai Digunakan

 Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang Bisa Dilakukan Saat Memasak© Shutterstock

Langsung membersihkan barang setelah selesai digunakan adalah rumus penting dalam menjaga dapur tetap rapi. Misalnya saja, setelah sayuran dimasukkan ke dalam panci, segera cuci bekas wadahnya. Hal ini penting agar sisa peralatan masak nggak menumpuk di akhir momen memasak.

4 dari 5 halaman

Jangan Biarkan Noda Tumpahan Terlalu Lama

 Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang Bisa Dilakukan Saat Memasak© Shutterstock

Selama proses memasak berlangsung, wajar jika ada cipratan minyak atau bumbu cair yang tumpah di sekitar area kompor. Sebaiknya, segera bersihkan kotoran yang terlihat ini. Jika dibiarkan terlalu lama bisa membuatnya jadi lengket dan berkerak yang malah semakin susah dibersihkan.

Jadi, penting untuk selalu menyediakan lap khusus di dekatmu yang berfungsi untuk membersihkan area dapur saat proses memasak. Dengan begitu, dapur tetap rapi sehingga kamu pun merasa nyaman saat mengolah makanan.

5 dari 5 halaman

Bereskan Dapur Sambil Menunggu Masakan Matang

 Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang Bisa Dilakukan Saat Memasak© Shutterstock

Setelah step terakhir masakan selesai dilakukan, biasanya perlu menunggu beberapa saat sebelum mematikan kompor. Nah, jadikan momen ini untuk mulai melakukan bersih-bersih area dapur. Hal tersebut bisa membuat proses memasak jadi lebih efisien.

Mulailah dengan mengembalikan berbagai peralatan masak dan bahan yang sudah selesai digunakan. Cuci juga peralatan masak yang sudah selesai dipakai. Jangan lupa bersihkan meja dan sapu area dapur untuk menjaganya tetap rapi dan bersih.

Kegiatan memasak memang rentan bikin dapur berantakan. Tapi, bukan berarti nggak bisa menjaganya agar tetap rapi dan bersih. Terapkan beberapa trik di atas yuk, Sahabat Dream!

Join Dream.co.id