Tips Memilih Busana Muslim Nyaman Buat Berlebaran

Lifestyle | Selasa, 21 Mei 2019 19:40
Tips Memilih Busana Muslim Nyaman Buat Berlebaran

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Jangan sampai modis tapi bikin gak nyaman!

Dream - Mempersiapkan baju lebaran sebaiknya dilakukan mulai dari sekarang. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih baju lebaran.

Tak sekadar modis, baju lebaran juga harus terasa nyaman saat dikenakan. Idul Fitri merupakan hari yang penuh dengan aktivitas. Setelah sholat ied, kamu akan berkeliling dari rumah ke rumah untuk bertemu dengan saudara.

Gak banget kan, kalau baju yang Sahabat Dream pakai malah bikin nggak nyaman?

Jangan khawatir, nih. Dream punya tips berpakaian modis dan nyaman di hari lebaran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini busana yang harus kamu hindari untuk hari raya:

1. Bahan Tebal

 Cara Pintar Tabrak Motif dengan Busana Hijab

Bahan tebal seperti wol dan satin sebaiknya dihindari untuk dipakai di hari raya. Meski elegan, keduanya bisa bikin tubuh terasa panas. Apalagi dengan sifat bahan yang gak menyerap keringat.

Sahabat Dream bisa pilih bahan lain seperti katun dan viscose. Cara ini juga bisa diterapkan untuk hijab dan baju koko.

" Viscose lebih jatuh, adem, menyerap keringat dengan kesan drappy. Bisa diblend dengan apa saja. Untuk busana muslim, dia merupakan bahan baku yang paling bagus," kata Basrie Kamba, Direktur PT. Asia Pacific Rayon (APR) di Mulsim Fashion Festival (MUFFEST), belum lama ini.

2. Baju Ketat

 Hijab

Idul Fitri merupakan momen kemenangan umat Islam setelah berpuasa sebulan penuh. Sudah menjadi hal wajar jika Idul Fitri dimeriahkan dengan nuansa suci dan bersih.

Untuk itu, ada baiknya Sahabat Dream menghindari pakaian ketat. Selain tidak santun, pakaian ketat akan terasa tidak nyaman ketika dipakai beraktivitas.

Pilihlah baju dan celana bersiluet loose. Sebagai pengganti celana, kamu juga bisa mengandalkan rok atau gamis yang flowy. Untuk pria juga bisa pakai celana bahan lho.

2 dari 2 halaman

3. Gaya Hijab

 Hijab

Bagi wanita, belum afdol rasanya jika tidak memakai hijab di hari lebaran. Banyak wanita yang tiba-tiba tampil dengan mencoba berbagai model hijab.

Tapi jangan terlalu semangat. Tak perlu gunakan hijab dengan model ribet, apalagi sampai memakai banyak jarum pentul. Dijamin ribet!

Agar lebih praktis dan enak dilihat, gunakan hijab simpel seperti voal segi empat atau khimar yang mudah dipakai.

4. Ornamen dan Aksesori

 Cara Memilih Busana Lebaran untuk Segala Tipe Tubuh

Baju lebaran sebaiknya tidak dihiasi dengan ornamen berlebihan. Terlalu banyak hiasan justru bikin penampilan terlihat lebih ribet. Agar tetap minimalis, pilih baju dengan ornamen payet, bordir atau renda pada titik tertentu.

Untuk aksesori, pakai secukupnya saja ya. Hindari kalung yang terlalu panjang dan berat karena akan menyulitkan ketika bersalaman.

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id