Tips Kelola Finansial yang AMAN dan Berkah di Masa Pandemi, Begini Kata Pakar

Lifestyle | Rabu, 28 Juli 2021 13:41

Reporter : Jeffreydien Winanda

Siapkan perencanaan keuangan yang matang untuk masa depan!

Selain kesehatan, keuangan juga masuk sebagai salah satu bagian fundamental dalam kehidupan manusia. Maka nggak heran jika finansial perlu dipersiapkan secara matang untuk menyambut masa depan.

Namun, memasuki tahun kedua pandemi virus Corona membuat siklus kehidupan menjadi berubah. Nggak cuma kesehatan, sektor ekonomi juga terpukul cukup telak hingga membuat finansial masyarakat terganggu.

Melihat problem keuangan yang terasa makin berat buat masyarakat, menjadi reminder buat semua pihak betapa pentingnya perencanaan finansial yang matang. Oleh sebab itu, Allianz Indonesia mengadakan webinar bertajuk Finansial AMAN dan Berkah Bersama Allianz Syariah.

Dipandu oleh Ananda Omesh, Webinar yang diadakan pada Selasa, 27 Juli 2021 ini menghadirkan pakar dalam mengupas tuntas pengelolaan finansial yang baik. Seperti apa? Yuk disimak.

Pahami Hak Keuangan Sebelum Membuat Perencanaan Finansial

Webinar Finansian AMAN dan Berkah Bersama Allianz
© 2021 Allianz

Tips Kelola Finansial yang AMAN dan Berkah di Masa Pandemi, Begini Kata Pakar
© Dream

Hadir dalam kesempatan ini adalah Pakar Keuangan dan Ekonomi Syariah yaitu DR. Iwan Pontjowinoto. Ia menyampaikan jika langkah awal perencanaan keuangan adalah memahami hak dari setiap rejeki yang didapatkan.

"Dalam rejeki kita, terdapat lima hak yang menempel, yaitu hak orang lain seperti zakat dan sedekah. Kedua ada hak masa susah yang meliputi dana darurat dan asuransi. Kemudian ada hak masa kini seperti kebutuhan sehari-hari. Lalu yang keempat ada hak masa depan yang berkaitan dengan investasi dan persiapan hari tua. Kemudian yang terakhir adalah hak masyarakat untuk membangun aspek kemasyarakatan dengan lingkungan sekitar," ujar Iwan.

Dari lima hak yang dijelaskan Iwan, dapat disimpulkan bahwa setiap rejeki yang didapatkan berkaitan nggak cuma dengan diri sendiri, namun ada faktor lain di sekelilingnya.

Persiapan Finansial yang Tepat Untuk Masa Depan

Webinar Finansian AMAN dan Berkah Bersama Allianz
© 2021 Allianz

Tak hanya itu, Iwan juga mengatakan pentingnya mempersiapkan finansial sedini mungkin. Hal ini berkaitan dengan tahapan keuangan yang dilalui sebelum akhirnya bisa terbebas dari masalah finansial.

"Ada tiga tahapan yang bisa dibangun secara bertahap untuk bisa mencapai kebebasan finansial. Tahapan yang pertama adalah financial security, yang berkaitan dengan kekuatan finansial aman, seperti sudah memiliki pekerjaan, bisnis, dan lain sebagainya. Kemudian yang kedua adalah financial independence atau kemerdekaan keuangan, hal ini kebalikan dari bekerja keras untuk mencari uang dan menjadi uang yang bekerja keras menemukanmu. Terakhir ada financial freedom atau kebebasan finansial, just do what we like dan semua itu tidak akan mengganggu kestabilan keuangan," tambah Iwan.

Ketiga tahapan ini nantinya bakal menjadi penentu kebebasan finansial yang diharapkan oleh banyak orang. Secara bertahap, perencanaan keuangan ini sudah bisa dimulai dari usia muda loh, Sahabat Dream!

Rencanakan Urusan Finansial Aman dan Berkah dengan Asuransi Allianz Syariah

Webinar Finansian AMAN dan Berkah Bersama Allianz
© 2021 Allianz

Asuransi menjadi langkah brilian dalam merencanakan finansial yang bermanfaat hingga masa depan. Seperti Allianz Syariah yang tentunya AMAN dan berkah.

Dalam webinar ini pula hadir Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia yaitu Yoga Prasetyo. Dirinya menyampaikan perbedaan antara asuransi syariah dengan konvensional.

"Perbedaan mendasar dari asuransi konvensional dengan syariah adalah di implementasinya. Asuransi syariah berlandaskan konsep tolong menolong, jadi premi yang dibayarkan oleh peserta akan menjadi penolong bagi peserta lainnya ketika dilanda musibah," tutur Yoga.

Dengan peserta asuransi Allisya AMAN dari Allianz Life Indonesia yang telah mencapai lebih dari 100 ribu orang, menandakan jika perencanaan keuangan berlandaskan konsep tolong menolong ini lebih aman dan berkah.

Pentingnya Asuransi Allisya AMAN dari Allianz Untuk Memaksimalkan Perencanaan Keuangan

Webinar Finansian AMAN dan Berkah Bersama Allianz
© 2021 Allianz

Dengan azas tolong-menolong, mampu memperkuat nilai-nilai syariah yang terkandung dalam sistem asuransi Allianz Syariah. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Yoga Prasetyo.

"Asuransi Allianz Syariah punya beberapa keunggulan. Salah satunya adalah santunan yang diberikan kepada peserta yang didiagnosa menderita 77 macam penyakit kritis. Selain itu, Allianz Syariah juga memberikan perlindungan hingga umur 86 tahun. Meski begitu, pembayaran yang diwajibkan bisa dipilih sesuai keinginan peserta sendiri, mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun," tambah Yoga.

Allianz Syariah memang memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dengan menerapkan sistem yang benar-benar syariah. Selain benefit berupa santunan saat didiagnosa 77 penyakit kritis hingga perlindungan sampai umur 86 tahun, Allianz Syariah juga memiliki benefit lain. Ketika peserta asuransi berangkat Haji atau Umroh, maka peserta akan mendapatkan santunan bila terjadi kecelakaan atau meninggal. Meski begitu, anugerah berupa kesehatan dan usia panjang yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, membuat peserta asuransi bisa melakukan dikompensasi setelah memasuki umur lebih dari 86 tahun.

Banyak banget ilmu menarik seputar perencanaan finansial dalam Webinar bertajuk Finansial AMAN dan Berkah Bersama Allianz Syariah ini. Setelah menyimak tips dan informasi menariknya, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengelola keuangan yang AMAN dan berkah?

Jangan lupa juga untuk melakukan perencanaan berupa asuransi di Allianz Syariah yang terbukti memiliki banyak manfaat hingga hari tua nanti.

Terkait
Join Dream.co.id