Timun Diklaim Bisa Sebabkan Keputihan? Ini Faktanya

Fresh | Selasa, 21 Juni 2022 13:14

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apa saja yang menyebabkan keputihan?

Dream - Keputihan seringkali mengganggu kenyamanan wanita karena membuat miss V terasa lembap. Terutama, ketika kamu menggunakan pakaian dalam yang lebih ketat dan tidak bisa segera menggantinya.

Meski begitu, keputihan merupakan hal yang normal jika tidak mengeluarkan bau, warna, terasa gatal, atau terlalu berlendir. Biasanya, hal tersebut sering terjadi menjelang haid atau sedang hamil.

Cairan keputihan juga bisa bertambah banyak setelah aktif secara seksual atau menggunakan alat kontrasepsi. Namun ketika keputihan yang terjadi terasa gatal, berbau, berwarna, atau sangat lengket, mungkin disebabkan ileh menopause, bakterial vaginosis, infeksi jamur, atau kondisi tertentu. Pada beberapa kasus, penderita kanker serviks dan miss V juga bisa menyebabkan keputihan dalam jumlah banyak.

Timun Diklaim Bisa Sebabkan Keputihan

 Timun© Pexels

Foto: Pexels

Selain kondisi tersebut, beberapa makanan diklaim dapat menyebabkan keputihan, seperti timun. Beberapa orang yang berhenti mengonsumsinya untuk mencegah keputihan.

Padahal dilansir Hello Sehat, timun tidak dapat menyebabkan keputihan dan justru membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari kandungan serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, B, C, hingga K.

Bahkan, timun juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Maka dari itu, kamu tidak perlu menghindari makanan tertentu untuk mencegah keputihan.

Timun Diklaim Bisa Sebabkan Keputihan? Ini Faktanya
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Makanan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Miss V

Dilansir dari Northside Hospital, sejumlah makanan hanya bisa mengganggu kesehatan miss V tanpa benar-benar menyebabkan keputihan. Berikut makanan yang bisa mengganggu kesehatan miss V.

1. Makanan Manis: Makanan manis bisa memicu infeksi pada miss V. Oleh karena itu, kamu harus mengontrol jumlah makanan manis yang ingin dikonsumsi.
2. Bawang: Tidak hanya pada ketiak, bawang juga bisa menyebabkan miss V berbau.
3. Gorengan: Gorengan tidak hanya dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan yang digoreng bisa mengganggu keseimbangan bakteri miss V serta memicu bakterial vaginosis.
4. Kopi: Meski harum ketika diminum, namun ternyata kopi bisa membuat miss V berbau serta memicu infeksi jamur.
5. Keju: Mengonsumsi keju bisa mengganggu keseimbangan bakteri pada miss V dan menyebabkan infeksi jamur.

3 dari 5 halaman

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Miss V

Dream - Meski tertutup oleh pakaian, namun semua wanita tetap ingin menjaga kebersihan dan kondisi miss V. Miss V yang bersih dan wangi bisa membuat wanita lebih percaya diri. Terutama, jika sudah berkeluarga dan aktif secara seksual.

Oleh karena itu, sebagian wanita rutin menggunakan sabun khusus untuk membersihkan miss V agar tetap bersih dan wangi. Tapi, apakah penggunaan sabun khusus miss V efektif dan baik untuk dilakukan secara rutin?

4 Makanan Pantangan Biar Punya Bentuk Tubuh Seperti Beyonce

Berdasarkan penuturan Spesialis Kulit dan Kelamin, Amelia Soebyanto, sabun atau pembersih khusus miss V cukup digunakan seminggu sekali untuk menjaga pH di area kewanitaan tetap seimbang.

" Pembersih miss V digunakan seminggu sekali. Pakai sabunnya jangan yang wangi-wangi, tapi yang lembut. Pakai sabun bayi boleh. Kalau sabun yang wangi justru mengiritasi kulit dan bisa bikin miss V lecet," ujarnya dalam konferensi pers Klinik Pramudia seputar Kutil Kelamin, Rabu 15 Juni 2022.

4 dari 5 halaman

Membersihkan Miss V dengan Air Hangat

 Miss V© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Benjolan di Mata Tidak Selalu Bintitan, Kenali Penyebab dan Gejala Kalazion

Terlepas dari pemakaian sabun khusus miss V, kamu bisa membersihkan area kewanitaan menggunakan air bersih yang mengalir. " Miss V bisa dicuci dengan air bersih dan mengalir. Bukan diambil dari gayung. Terutama, dari gayung atau wadah yang kotor maupun air yang tergenang terlalu lama" .

Selain itu, dia menyarankan untuk menggunakan air hangat ketika membersihkan miss V. " Kalau bisa, dibersihkan pakai air hangat lebih bagus. Membersihkannya dari bagian depan ke belakang," tutur Amelia.

5 dari 5 halaman

Penyebab Bau yang Khas Pada Miss V

Lebih lanjut, dia mempertegas bahwa pemakaian sabun khusus miss V tidak terlalu dibutuhkan. Apalagi, jika penggunaannya bertujuan untuk menghilangkan atau mengatasi bau yang normal pada miss V.

" Miss V punya tingkat keasaman yang khas. Makanya, bisa menimbulkan bau yang khas. Pokoknya, asal nggak bau amis atau busuk, berarti normal. Karena memang miss V relatif berbau," jelasnya.

GERD Sering Kambuh? Begini Cara Mencegahnya Selain Tidak Telat Makan

Bau yang samar pada miss V menandakan bahwa kondisinya cukup asam. Keasaman pada area tersebut berfungsi untuk menurunkan risiko infeksi bakteri atau jamur.

Jadi, jaga flora normal miss V dengan rutin membersihkan dengan air bersih, menggunakan pakaian dalam yang pas, serta tidak menggunakan pembersih khusus area kewanitaan terlalu sering.

Join Dream.co.id