Tidak Selalu Berlangsung Lama, Ketahui Durasi Haid Normal Menurut Dokter

Lifestyle | Senin, 1 Agustus 2022 19:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tidak semua orang mengalami haid selama 5-7 hari.

Dream - Selain rentang waktu datang bulan yang berbeda, lamanya haid juga bisa berubah pada setiap orang. Terkadang, darah haid bisa keluar lebih lama, nerkisar 5-7 hari. Ada juga yang mengalaminya hanya selama 4 hari.

Meski berbeda-beda, namun siklus tersebut tetap dibilang normal. Menurut Dokter Kevin Mak, melalui akun TikTok-nya, durasi haid yang normal berkisar antara 2-7 hari.

 Siklus Menstruasi© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Biasanya, darah haid akan terasa deras di hari pertama sampai ketiga. Di hari tersebut lah kamu akan lebih sering mengganti pembalut untuk menjaga flora normal miss V. Mengganti pembalut juga wajib dilakukan minimal setiap 4 jam sekali untuk mencegah keputihan serta miss V lembap berlebihan.

Sementara di hari ketiga hingga ketujuh, darah haid tidak akan terlalu deras. " Biasanya di hari kelima sampai ketujuh, sudah sisa-sisa bercak atau flek saja, ya," tuturnya.

Jika kamu mengalami haid selama lebih dari 7 atau 8 hari, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan. Apalagi, jika siklus haid tidak lancar.

Tidak Selalu Berlangsung Lama, Ketahui Durasi Haid Normal Menurut Dokter
Siklus Haid (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

@drkevinmak Reply to @pvtttstsy Kalau kamu haid nya biasa berapa hari? #serunyabelajar #viralditiktok #edukasi #haid #infokesehatan ♬ original sound - Jonimation

 

3 dari 5 halaman

Minum Air Dingin Bikin Darah Haid Kurang Lancar, Mitos atau Fakta?

Dream - Sebagian wanita merasa nyeri atau kram perut ketika datang bulan atau haid. Bahkan ada yang sampai mengalami migrain sebelum menstruasi. Rasa sakit tersebut bisa jadi semakin parah ketika kamu tidak memperhatikan hal yang dikonsumsi setiap hari.

Mungkin, kamu pernah mendapat saran untuk meminum air dingin menjelang haid agar darahnya lebih lancar dan tidak merasa sakit atau kram perut. Minum air dingin bahkan disebut bisa menunda siklus haid.

Ketahui Cara Tepat Mengatasi Kuku Kehitaman Setelah Terjepit

Mereka yang percaya dengan klaim itu lebih memilih minum air hangat menjelang dan saat datang bulan.

 Minum Air© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tapi benarkah minum air dingin bisa membuat darah haid menjadi kurang lancar? Fakta atau sekadar mitos ya?

 

 

4 dari 5 halaman

Salah seorang Tiktoker yang berprofesi sebagai dokter memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Kevin Mak juga aktif membuat konten mengatakan jika minum air dingin bisa menghambat darah haid hanya mitos. 

Kevin menjelaskan jika saluran pencernaan serta tempat dimana darah haid keluar berbeda.

Jarang Terungkap, Ini Efek Samping Konsumsi Teh, Pil, dan Suplemen Diet

 Penjelasan Dokter Kevin Mak© TikTok @drkevinmak

Foto: TikTok @drkevinmak

Meski salurannya berdekatan, namun hal tersebut tidak membuat konsumsi air dingin menghambat keluarnya darah haid.

5 dari 5 halaman

Jadi, kamu tetap bisa minum air es menjelang maupun saat haid. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi saat haid tetap sehat untuk memperlancar siklus menstruasi.

 

Gejala PMS Sudah Terasa tapi Haid Tak Kunjung Datang? Cari Tahu Sebabnya  

@drkevinmak Reply to @nuralifia1234 Siapa nh yg suka minum es saat haid? Share ke temen km ya ➡️ #serunyabelajar #infokesehatan #haid #edukasi #viralditiktok ♬ KANEE IN AJAA YAKAN - Vitoo
Join Dream.co.id