Terinspirasi dari Peselancar dan Sampah di Laut, IKEA Hadirkan Produk Daur Ulang

Lifestyle | Minggu, 15 Mei 2022 07:01

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Intip yuk

Dream - Setiap harinya manusia mengonsumsi makanan dan minuman yang dikemas rapi dengan plastik agar terjaga kebersihannya. Kemasan plastik tersebut dibuang ke tempat sampah setelah hidangan habis disantap.

Banyak orang yang mengira, perjalanan sampah plastik ini sudah berakhir ketika masuk tempat pembuangan. Namun penjalanan sampah-sampah plastik ini sangat panjang. Bahkan hingga ratusan tahun agar terurai.

Sampah-sampah yang tidak terurai ini menjadi limbah di daratan maupun lautan. Tentu sampah di lautan sungguh mengganggu biota yang hidup di dalamnya. Bahkan menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sampah plastik di laut Indonesia mencapai 6,8 juta ton per tahun.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Sebagai peselancar yang dekat dengan lautan, saya seringkali melihat secara langsung polusi plastik ada di laut dan pantai, dan ini tentu mengganggu lingkungan," ujar Atlet Peselancar
Internasional Indonesia, Dhea Natasya pada konferensi virtual IKEA KÅSEBERGA, Jumat 13 Mei 2022.

Terinspirasi dari Peselancar dan Sampah di Laut, IKEA Hadirkan Produk Daur Ulang
Shutterstock
2 dari 3 halaman

Koleksi yang Terinspirasi dari Peselancar dan Kebersihan Laut

Terinspirasi dari kehidupan sehari-hari peselancar yang dekat dengan laut dan kepedulian mereka terhadap kebersihan laut, Ikea menghadirkan produk KÅSEBERGA yang terbuat dari bahan terbarukan dan didaur ulang.

Koleksi ini hadir untuk mendukung gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan keberlanjutan lingkungan. Koleksi KÅSEBERGA  terdiri dari tas, backpack, gelas, hingga kursi lipat.

 Ikea© Ikea

" Koleksi KÅSEBERGA seluruh produknya terbuat dari bahan-bahan didaur ulang dan diperbarukan. Kami percaya melalui produk ini, semakin banyak masyarakat yang terinspirasi untuk melawan polusi plastik dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih,” kata Country Marketing Manager, IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally pada kesempatan yang sama.

3 dari 3 halaman

Gandeng Komunitas

 Ikea© Ikea

IKEA Indonesia juga menggandeng komunitas yang telah menerapkan cara hidup yang sadar dan peduli akan lingkungan berkelanjutan yaitu Sungai Watch.

" Bersama Sungai Watch dan peselancar akan melakukan aktivitas river clean up di daerah Jimbaran untuk mencegah sampah tersebut mengalir sampai ke laut yang bisa menyebabkan pencemaran polusi plastik," tambah Sally.

Selain itu, untuk mendukung upaya Sungai Watch, setiap pembelian KASEBERGA, pelanggan sudah ikut berdonasi untuk melindungi laut dari sampah plastik. Koleksi KÅSEBERGA dapat mulai dibeli di seluruh toko IKEA Indonesia melalui website IKEA.co.id dan IKEA Apps mulai 13 Mei 2022.

Join Dream.co.id