Pembuat Mobil Termurah Sejagat Caplok Pabrik Otomotif AS, Tanah Hingga Pegawainya Diborong

Lifestyle | Selasa, 9 Agustus 2022 10:47

Reporter : Alfi Salima Puteri

Induk Jaguar Land Rover ini juga mengatakan akuisisi pabrik di Sanand, India akan membuka kapasitas produksi dari 300.000 menjadi 420.000 unit per tahun.

Dream - Perusahaan otomotif besar India, Tata Motors resmi menjadi majikan baru untuk para pegawai pabrik Ford Motor yang beroperasi di negara bagian Gujarat, India Barat. Dengan mahar senilai US$91,5 juta (sekitar Rp1,35 triliun), Tata mengambil alih pabrik tersebut pada hari Minggu, 7 Agustus 2022.

Dalam perjanjian jual beli antara anak perusahaan, Tata Passenger Electric Mobility Ltd (TPEML) dan Ford India Pvt Ltd (FIPL), Tata kini menjadi pemilik tanah, aset, dan semua karyawan yang memenuhi syarat dari pabrikan asal Amerika Serikat tersebut.

" Dengan kapasitas produksi kami yang mendekati saturasi, akuisisi ini tepat waktu dan win-win solution untuk semua pemangku kepentingan," kata Tata Motors dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman ndtv.com, Senin, 8 Agustus 2022.

Pembuat Mobil Termurah Sejagat Caplok Pabrik Otomotif AS, Tanah Hingga Pegawainya Diborong
Shutterstock
2 dari 4 halaman

Induk Jaguar Land Rover ini juga mengatakan akuisisi pabrik di Sanand, India akan membuka kapasitas produksi dari 300.000 menjadi 420.000 unit per tahun.

 Ford.© Ford.com

Sebelumnya, Ford mengumumkan akan menutup pabriknya di India pada tahun lalu. Perusahaan mengalami kerugian lebih dari US$ 2 miliar selama dekade terakhir.

Ford memiliki kurang dari 2 persen pasar kendaraan penumpang India ketika menghentikan produksi di negara itu tahun lalu, setelah berjuang selama lebih dari dua dekade untuk menghasilkan keuntungan.

3 dari 4 halaman

Dream - Tata Motors telah mengumumkan akan memperkenalkan mobil Nano sejak dua tahun lalu di negara tetangganya, Bangladesh.

" Kami yakin kombinasi dari produk ini akan menarik banyak konsumen di Bangladesh," ujar Kepala Distribusi Tata, Tata Niloy Group, Matlub Ahmed seperti dikutip dari Gulf News, akhir pekan lalu.. 

Tata Nano 624 cc yang baru diluncurkan pada pekan ini akan menjadi mobil termurah di dunia. Dengan harga jual di Bangladesh sebesar Bangladesh Taka 800 ribu atau sekitar Rp 120 juta.

Dengan jarak tempuh 25 km per liter, Nano tersedia dalam 6 warna. Warna-warna yang ditarawrkan yaitu ungu damson, putih mutiara, emas, oranye pepaya, oranye jeruk, perak meteor, dan biru.

 

4 dari 4 halaman

Tata Motors telah memperkenalkan Nano 624 cc sebagai kendaraan termurah di India beberapa tahun lalu. Ini untuk menarik konsumen kelas menengah, tetapi menerima respons baik dari pasar.

Untuk pasar Bangladesh, Tata menawarkan garansi dua tahun 15 ribu km.

Tata Motors rencananya juga akan meluncurkan mobil jenis Nano ini di Indonesia dengan harga sekitar Rp 30-80 juta. Hanya saja, pemerintah masih merampungkan aturan mengenai mobil murah ini untuk menentukan besaran insentif yang dapat diterima produsen mobil guna mengurangi harganya. (Ism)

Join Dream.co.id