Sambut Ramadan dengan Basic-modest Wear

Lifestyle | Selasa, 30 Maret 2021 16:31
Sambut Ramadan dengan Basic-modest Wear

Reporter : Dwi Ratih

Kembaran bareng keluarga makin oke, lho!

Dream - Bulan suci Ramadan ada di depan mata, meski masih dalam balutan pandemi COVID-19 namun nggak ada salahnya buat kamu yang ingin memiliki koleksi busana Ramadan atau Lebaran dari sekarang.

Bahkan koleksi busana itu bisa kamu gunakan saat bukber atau reuni virtual, lho! Nggak masalah cuma lewat layar monitor yang penting tampilan harus kece, setuju nggak?

Apalagi paling seru bisa kembaran bareng keluarga, kan?

 Geulis.id
© Instagram.com/geulis.id

2 dari 8 halaman

Koleksi basic-modest wear

Nggak usah bingung mau beli koleksi busana Ramadan atau Lebaran yang seperti apa, kamu bisa tengok koleksi Geulis yang kemarin baru saja memamerkan rangkaian koleksi terbarunya di ajang Muslim Fashion Festival (Muffest) 2021.

Menghadirkan tema HARU, koleksi brand yang hadir sejak 2017 ini kembali mengangkat serangkaian pesan dan insipirasi yang membangkitkan interpretasi baru dari DNA Geulis, yang selama ini menampilkan gaya busana basic-modest wear.

Diketahui, HARU diambil dari bahasa Jepang yang artinya musim semi.

Di koleksi HARU 2021, Geulis berfokus untuk menggabungkan design dan spirit yang berkembang teknik bordir Jepang yang akrab dengan pesan-pesan seperti purity, honest dan longevity digabungkan dengan warna toska, pink dan lime.

3 dari 8 halaman

Ada pattern bordir hexagon

Pallet warna pada koleksi ini juga mengekspresikan kekuatan dan kecantikan yang feminin. Berkolaborasi dengan Asia Pacific Rayon (APR), Geulis merujuk pada tema Sustainably Modest.

 Geulis
© Instagram.com/geulis.id

Menampilkan 10-look ready to wear, Geulis memberikan gaya casual hingga klasik modern yang terbuat dari Viscose.

Tak cuma itu, koleksi Geulis menghadirkan teknik bordir dengan garis pola yang sangat modern serta pattern bordir Hexagon, bunga Wisteria, daun Sasanoha, daun Hagi yang di-print pada lembar kain Viscose satin, Viscose dobi dan TR.

 

4 dari 8 halaman

Siap tampil trendi?

 Geulis
© Muffest 2021

Sahabat Dream pun bisa memiliki koleksi dengan ragam pilihan item seperti, kemeja, mantel panjang dalam desain baju/luaran, blus dengan variasi material rayon dan material lain, serta sabuk/tassel yang dapat menyesuaikan pinggang.

Menawarkan free-silhouette pada beberapa look, celana panjang serta dress dengan motif print. Jadi, siap tampil trendi saat bukber virtual nanti?

5 dari 8 halaman

Intip Koleksi 'Everything Indonesia' di MUFFEST 2021

Dream - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021, yang digelar di Kota Kasablanka, 18 hingga 28 Maret, menjadi ajang pelepas rindu para desainer tanah air.

Meski masih pandemi Covid-19, Muffest 2021 yang digelar secara online dan offline berjalan dengan lancar.

Salah satu pihak yang turut melepaskan rindunya dalam pameran busana adalah Asia Pacific Rayon (APR). Mereka berkolaborasi dengan tiga brand tanah air dalam fashion show bertema “  Sustainably Modest”.

Kolaborasi tersebut diharapkan dapat membangkitkan gairah ekonomi kreatif, khususnya pasar modest fashion di masa pandemi ini.

6 dari 8 halaman

Sambutan antusias

Tiga brand yaitu Geulis, Inen Signature, dan Salt n Paper, yang menampilkan tren mode berkelanjutan (sustainable fashion) dalam balutan 30 koleksi ready to wear busana Muslim yang dapat menjadi inspirasi gaya selama bulan Ramadan.

Seluruh koleksi kolaborasi tersebut menggunakan bahan baku utama viscose-rayon yang diproduksi APR. Serat viscose-rayon APR diketahui sebagai bahan baku tekstil yang mendukung tren sustainable fashion karena sifatnya renewable, mudah terurai, dan dapat terlacak.

Tak hanya itu, penggunaan serat viscose-rayon APR juga mendukung penggunaan produk dalam negeri #banggabuatanIndonesia yang digaungkan pemerintah Republik Indonesia (RI).

Ali Charisma, National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC), penyelenggara Muffest 2021, tidak memungkiri pandemi telah menekan bisnis fesyen dalam negeri.

Namun, bergaungnya gerakan memperkuat brand lokal bersamaan dengan tren penggunaan produk yang ramah lingkungan telah memberikan angin segar di tengah masa sulit ini.

“ Perubahan selama pandemi menyadarkan kita akan pentingnya membantu brand lokal dan penggunaan produk yang ramah lingkungan. Sustainable fashion dan circular fashion akan menjadi sangat penting di masa mendatang dan inilah yang kami coba kemas dalam fashion show kali ini,” kata Ali.

7 dari 8 halaman

Tema-tema berbeda

 Inen
© Muffest 2021

Dengan semangat yang sama, Inen Signature menampilkan 10 koleksi anyar yang menggunakan bahan dari serat alami dan ramah lingkungan.

Bertema Secang Enchantment, Inen menyatukan ecoprint dengan kain berbahan serat viscose-rayon APR serta menggunakan pewarna alami berupa kayu Secang dan 10 macam daun dalam menghasilkan koleksi yang feminin.

 Geulis
© Muffest 2021

Geulis menampilkan sesuatu berbeda dalam fashion show dengan tema ‘HARU’ yang berarti musim semi. Geulis menggabungkan kain berbahan serat viscose-rayon APR dengan sentuhan teknik bordir Jepang dan garis pola modern dalam menghasilkan koleksi bergaya kasual dan klasik modern.

“ Ini menujukkan bahwa semakin banyak variasi dan inovasi dari pakaian rayon untuk berbagai kebutuhan gaya, mulai dari kasual hingga formal,” kata Markus Happy Ganesha, Marketing and Communication Manager Geulis.

 

8 dari 8 halaman

Semangat 'Everything Indonesia'

Brand yang fokus di segmen pria, Salt n Paper ,menampilkan 10 koleksi ready to wear dengan gaya kasual hingga modern style dengan menggunakan kain berbahan serat viscose-rayon APR.

Tema Everything Indonesia diusung dalam presentasi koleksi, mulai dari bahan yang dipakai hingga desain dengan nuansa kental Indonesia.

 Salt n Pepper
© Muffest 2021

Selain tiga brand tersebut, APR juga berkolaborasi dengan Hurem by Fia dan Mukena Arrumaisha selama pameran Muffest 2021 berlangsung pada 18-28 Maret 2021.

Ini merupakan keikutsertaan APR yang ketiga sejak 2019 dalam festival modest fashion terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“ Kolaborasi ini juga sejalan dengan semangat “ Everything Indonesia”, dengan mengajak seluruh pihak untuk menggunakan bahan baku yang berasal dan diproduksi di Indonesia demi menjadikan Indonesia sebagai hub fashion muslim dunia,” kata Sheila Rahmat, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.

Join Dream.co.id