Sudah Mendapat Vaksin Covid-19, Masih Perlu Pakai Masker Nggak Sih?

Lifestyle | Kamis, 13 Mei 2021 15:00
Sudah Mendapat Vaksin Covid-19, Masih Perlu Pakai Masker Nggak Sih?

Reporter : Wuri Anggarini

Hayo masih sering bingung? Temukan jawabannya di sini.

Memasuki pertengahan tahun 2021, Covid-19 ternyata masih belum menunjukkan tanda-tanda mereda juga. Bagi yang sudah memiliki harapan bisa kembali traveling, nonton konser, kumpul bareng teman, memang harus bersabar lebih jauh lagi. Pemerintah sendiri masih terus melakukan berbagai langkah pencegahan, salah satunya adalah pemberian vaksin demi mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Dengan vaksin, harapannya antibodi terbentuk sehingga bisa 'menendang' virus tersebut jauh-jauh.

Tapi, pertanyaan lain kemudian muncul nih. Kalau sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap, masih perlu pakai masker nggak sih? Ternyata jawabannya masih perlu banget, Sahabat Dream!

2 dari 4 halaman

Vaksin Tidak 100% Melindungi, Virus Covid-19 Juga Bermutasi

Sudah Mendapat Vaksin Covid-19, Masih Perlu Pakai Masker Nggak Sih?
© Shutterstock

Setelah setahun lebih menjalani hidup penuh rasa was-was dengan penyebaran virus, akhirnya vaksin yang dinantikan hadir juga. Kamu pun sudah mendapatkan vaksin lengkap. Tapi, bukan artinya tubuh jadi 100% kebal dari ancaman virus.

For your information, vaksin yang beredar di dunia tidak ada yang 100% mampu memberikan perlindungan dari ancaman virus. Artinya, masih ada risiko tertular meskipun sudah mendapatkan vaksin. Selain itu, vaksin sendiri berfungsi untuk mencegah risiko tertular yang lebih parah.

Fakta lain yang nggak kalah penting ternyata sudah ditemukan berbagai varian baru Covid-19 yang bisa menginfeksi siapa saja, bahkan para penyintas. Orang-orang yang pernah terinfeksi Covid-19 dan dinyatakan sembuh pun bisa kembali tertular. Jadi, nggak ada jaminan kamu nggak mungkin tertular kembali.

3 dari 4 halaman

Jangan Kasih Kendor, Tetap Disiplin Pakai Masker

Sudah Mendapat Vaksin Covid-19, Masih Perlu Pakai Masker Nggak Sih?
© Shutterstock

Setahun menjalani hidup dengan protokol kesehatan ketat, sebagian dari kamu mungkin sudah merindukan hidup nyaman tanpa harus repot menggunakan masker atau pakai hand sanitzer. Apalagi banyak yang mengeluh napas jadi lebih sesak dan tidak nyaman saat harus menggunakan masker kain berlapis-lapis.

Tapi, melihat fakta-fakta tentang Covid-19 di atas, sebaiknya jangan kasih kendor soal protokol kesehatan, terutama pakai masker. Hal ini sangat penting karena nggak hanya menjaga diri sendiri, tapi juga mencegah terjadinya silent spreads atau penyebaran virus yang terjadi dari orang tanpa gejala alias OTG.

4 dari 4 halaman

Tips Mencegah Pengap Saat Pakai Masker

Pakai masker nggak selamanya terasa menyiksa kok. Buat kamu yang susah napas dan merasa pengap saat pakai masker, ternyata ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar napas tetap lancar. Mulai dari melatih sistem pernapasan, olahraga rutin, pilih masker yang berkualitas, dan jangan lupa oles masker dengan Plossa di bagian luarnya agar napas terasa lebih lega dan plong.

Sudah Mendapat Vaksin Covid-19, Masih Perlu Pakai Masker Nggak Sih?
© Instagram/plossa.id

Yup, Plossa mengandung 4 fungsi utama dalam 1 kemasan. Yang paling penting di masa pandemi ini adalah fungsi sebagai roll-on, di mana Plossa dapat melegakan pernapasan saat pakai masker. Tinggal oles saja di bagian luar masker yang digunakan, napas lega pakai masker pun bisa langsung dirasakan!

Selain itu, 3 fungsi Plossa lainnya antara lain oles, kerok, hingga akupuntur atau pijat. Kandungannya juga berkhasiat meredakan badan sakit, pegal, sakit kepala, mual, masuk angin, dan stres akibat terlalu banyak beraktivitas. Semua varian Plossa juga mengandung Eucalyptus yang menurut penelitian dapat menangkal kuman dan virus.

Nah, Plossa juga punya varian Plossa Mini yang punya bentuk lebih kecil dan praktis dibawa ke mana-mana. Biarpun kemasannya mini, tapi manfaatnya maxi! Harganya pun terjangkau yaitu Rp 7ribu yang tersedia di supermarket, mini market, apotek, dan warung terdekat. Kamu juga bisa beli Plossa secara online di Enesis Official Store Tokopedia.

Jadi, demi bisa menggunakan masker yang lebih nyaman, saatnya hidupkan #GerakanOlesMasker dengan Plossa agar terhindar dari ancaman penyakit yang ada di sekitar. Info lebih lengkap follow Instagram @plossa.id.

Terkait
Join Dream.co.id