Ssst, Ini Rencana Toyota untuk Avanza dan Veloz usai 'Cerai'

Automotive | Senin, 4 Juli 2022 12:24

Reporter : Alfi Salima Puteri

Avanza dan Veloz yang sudah 'cerai' sejak November 2021.

Dream - Mungkin masih banyak konsumen yang mengira Avanza dan Veloz satu 'keluarga', ya itu dulu! tapi sekarang, Avanza dan Veloz yang sudah 'cerai' sejak November 2021.

Toyota telah memisahkan Avanza dengan Veloz. Tak main-main, bahkan Toyota sampai rela memproduksi sendiri Veloz di pabrik TMMIN (Toyota Motors Manufacturing Indonesia) dan membiarkan Avanza tetap diproduksi oleh Daihatsu.

" Memang ini bagian dari rencana ke depannya, membuat gap (jarak) antara Avanza dan Veloz semakain besar, karena keduanya punya segmen sendiri," ujar Lina Agustina, General Manager of Marketing Planning and New Business PT Toyota-Astra Motor (TAM) saat berbincang dengan Dream, belum lama ini.

Keduanya punya pertumbuhan bagus di pasar, meski kini segmen LMPV sesak dengan model dari kompetitor. Berdasarkan data yang dimiliki TAM, sepanjang Januari-Mei 2022, Avanza terjual sebanyak 19.161 unit, sedangkan Veloz mampu terserap pasar 16.663.

" Pisahnya (Avanza-Veloz) dasarnya karena apa yang jadi kebutuhan konsumen sekarang dan akan datang," imbuh Lina.

Ia menambahkan Avanza masih ditujukan untuk para pembeli mobil pertama yang menginginkan value for money tinggi. Sedangkan Veloz disiapkan bagi para pembeli yang menginginkan mobil dengan fitur lebih canggih dan mewah.

 

Ssst, Ini Rencana Toyota untuk Avanza dan Veloz usai Cerai
All New Veloz
2 dari 3 halaman

Lantas apa saja sih perbedaan Toyota Avanza dan Veloz supaya kamu tak tertukar?

Lihat keduanya dari depan, wajahnya jelas berbeda. Desain grille, lampu utama, bumper depan hingga kap mesinnya tak ada yang sama. Lampu utama keduanya memang sudah sama-sama LED. Tapi punya Veloz dibekali LED DRL (Daytime Running Light) sedangkan Avanza tidak.

 Mengupas Fitur Toyota Safety Sense dan T Intouch All New Veloz: Si Paling Canggih!© MEN

Sampingnya, desain velg dan ukuran ban berbeda. Avanza 1.3 G memakai ban berukuran R15 sedangkan Avanza 1.5 G memakai ban berukuran R16. Sementara itu Veloz MT memakai ban berukuran R16 dan Veloz Q memakai ban berukuran R17. Lalu Veloz punya garnish chrome yang menyambung dari ujung lampu di depan sampai lampu belakang. Avanza tidak.

Bagian belakangnya jelas berbeda pula. Veloz punya full backdoor LED, lampu yang menghubungkan lampu kombinasi belakang sebelah kiri dengan kanan. Avanza tidak punya. Bumper belakangnya juga beda, karena Veloz dihiasi clading berwarna abu-abu yang membuatnya berkesan crossover. Nah pemilik Veloz juga bisa bangga, karena ada emblem Veloz ditulis besar di bawah logo Toyota.

 

3 dari 3 halaman

Perbedaan fitur juga amat terasa saat masuk ke kabin Avanza dan Veloz. Kabin Veloz tampak lebih mewah. Veloz juga sudah mengusung fitur Electric Parking Brake with Brakehold. Sementara Avanza masih bertahan dengan tuas rem tangan konvensional.

Veloz juga telah mengusung Wireless Charger di konsol tengah untuk memudahkan pengendara mengisi ulang baterai ponsel. Sedangkan Avanza masih menggunakan USB Port. Kemudian Veloz juga telah mengusung layar Digital TFT berukuran 7 inchi serta terdapat Drive Mode Switch. Di Avanza, MID TFT berukuran 4,2 inchi.

 Toyota, Kapan Veloz dan Avanza Hybrid?© MEN

Untuk varian tertinggi keduanya sama-sama sudah dibekali Toyota Safety Sense berisi Pre-Collision and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Avanza dan Veloz juga menawarkan pilihan mesin yang berbeda. Avanza masih memiliki mesin tipe 1NR-VE 1.3L dan 2NR-VE 1.5L. Sementara Veloz hanya memiliki mesin tipe 2NR-VE 1.5L.

Harga Avanza dan harga Veloz sudah tentu berbeda. Mengincar konsumen dari kalangan pembeli mobil pertama, harga Toyota Avanza lebih terjangkau ketimbang Veloz. Saat ini Toyota Avanza termurah dibanderol Rp 233,1 juta dan varian termahal Rp 295,8 juta.

Veloz paling murah dijual seharga Rp286 juta dan varian termahal Q CVT TSS dibanderol Rp331,1 juta.

Join Dream.co.id