Selama Puasa, Buah dan Makanan Ini Jaga Pencernaan Tetap Fit

Lifestyle | Senin, 6 Juli 2015 12:20
Selama Puasa, Buah dan Makanan Ini Jaga Pencernaan Tetap Fit

Reporter : Ramdania

Sembelit atau asam lambung yang meningkat merupakan beberapa masalah pencernaan yang sering terjadi saat berpuasa. Namun, buah dan makanan ini bisa mengatasi masalah tersebut.

Dream - Dari sekian banyak jenis buah, kurma adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai menu utama atau pendamping selama sahur dan berbuka puasa.

Sebab, di dalam kurma terdapat kandungan gula glukosa dan fruktosa tinggi yang bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh. Khususnya jaringan-jaringan yang sangat bergantung pada pasokan tinggi energi, seperti: sel-sel otak, saraf, darah merah dan tulang belakang.

Selain kurma, beberapa jenis buah dan minuman juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pendamping berbuka puasa.

Seperti dikutip dari Arabian Business, Senin, 6 Juli 2015, berikut ini adalah beberapa jenis buah dan minuman yang akan membantu mempercepat proses pencernaan, mencegah keasaman dalam lambung, dan menjaga tubuh dari dehidrasi.

 

Semangka

Buah ini mengandung sampai 92 persen air dan sarat dengan vitamin A, B6 dan C, nutrisi, antioksidan, asam amino, dan kalium, yang semuanya membantu menghidrasi tubuh.

 

Jeruk

Ini adalah buah yang sangat dikenal karena kualitasnya dalam mengurangi dehidrasi. Buah jeruk dipenuhi dengan lebih dari 100 persen vitamin C dengan dosis harian yang direkomendasikan.

 

Anggur

Buah anggur memiliki kemampuan untuk mengobati sembelit, gangguan pencernaan dan kelelahan. Mereka kaya akan vitamin A, C, B6 dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan selenium.

 

Stroberi

Buah stroberi tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga terbukti membersihkan arteri dan mengatur gula darah.

 

Apel

Buah apel kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini juga merangsang kesehatan usus besar. Jadi, satu apel sehari akan membantu menjaga pencernaan tetap lancar.

 

Lemonade

Minuman dari buah sitrun ini dikenal karena mengandung antiseptik yang baik. Ini adalah pilihan yang baik di bulan Ramadan karena menawarkan anti-racun bagi hati. Selain itu, lemonade meningkatkan jumlah cairan di dalam tubuh sehingga mencegah dehidrasi.

 

Mint

Daun mint yang segar sangat bagus untuk pencernaan, sehingga menambahkannya ke minuman akan membantu pencernaan menjadi lancar.

 

Susu Mentega (Buttermilk)

Susu mentega atau buttermilk bukan sekadar susu cair biasa. Jenis susu ini lebih kental dibanding susu cair dan cita rasanya sedikit asam karena buttermilk dihasilkan dari proses fermentasi. Buttermilk menciptakan lapisan bantal pada lapisan perut yang bisa melindunginya dari keasaman lambung.

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id