Trik Pebulutangkis Jonathan Christie Pakai Obat Tetes Mata Selepas Bertanding

Lifestyle | Kamis, 28 Juli 2022 06:47

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu cara Jonathan menjaga kesehatan matanya agar tetap tampil prima.

Dream - Kesuksesan atlet tidak hanya ditunjang oleh bakat serta kemampuan. Kondisi tubuh juga sangat berpengaruh pada performa maupun prestasi seorang atlet agar bisa tampil prima selama melakoni jadwal pertandingan yang sangat padat.

Kondisi kesehatan mata prima inilah yang selalu diupyakan Atlet Badminton, Jonathan Christie yang berhasil memenangkan sejumlah pertandingan. Di samping menjalani latihan, dia kerap menjaga kesehatan mata untuk bisa berlatih serta bertanding secara optimal.

" Bulu tangkis kan, membutuhkan kecepatan. Jadi, kesehatan mata itu penting banget. Kalau mata nggak enak, iritasi, bisa mengganggu pertandingan banget," katanya dalam peluncuran Insto Cool di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 27 Juli 2022.

 Jonathan Christie di Konferensi Pers Peluncuran Insta Cool© Cynthia Amanda Male

Foto: Cynthia Amanda Male

Atlet 24 tahun mengaku konsisten mengalami iritasi serta mata merah akibat sering terpapar polusi maupun dinginnya AC ketika berkegiatan di dalam ruangan.

" Aku latihan lari di jam7-9 pagi. Kena matahari, debu, mata bisa benar-benar terganggu. Mungkin, mata sering iritasi dan merah karena polusi. Apalagi, 3-4 kali seminggu latihan fisik di luar ruangan."

Trik Pebulutangkis Jonathan Christie Pakai Obat Tetes Mata Selepas Bertanding
Jonathan Christie. (Source: Instagram @jonatanchristieofficial)
2 dari 5 halaman

Cara Jonathan Christie Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehata mata, Jonathan senantiasa rutin mengonsumsi jus wortel dan tomat. Dia jga selalu membawa obat tetes mata yang telah disimpan di kulkas sebelumnya untuk membuat matanya lebih segar setelah latihan maupun pertandingan.

" Biasanya sesudah pertandingan, pakai tetes mata. Mata lelah kan, setelah 1-1,5 jam pertandingan. Jadi, pakai obat tetes mata yang dingin biar mata lebih segar dan nggak iritasi," tuturnya.

Tidak hanya membuat pandangan lebih jelas serta mata bebas iritasi, pemakaian obat tetes juga membuat Jonathan semakin percaya diri. Terutama ketika harus membaca pergerakan bola saat bertanding.

3 dari 5 halaman

5 Sebab Kelopak Mata Selalu Terasa Gatal dan Kering

Dream ─ Kulit kering berlebih tentunya membuat tidak nyaman. Kulit kering dapat terjadi pada siapa saja dan bagian tubuh mana pun.Salah satu bagian tubuh yang mudah kering yaitu kelopak mata.

Menurut Christina Weng, MD, dokter kulit dan pendiri Mymiel Skincare, kelopak mata merupakan bagian tubuh paling tipis dan sensitif dibandingkan dengan bagian lain.

Makan Nasi Berumur Sehari Lebih Sehat, Ahli Gizi Beri Penjelasan

Kelopak mata normal akan tetap terasa halus, namun kelopak mata yang teriritasi akan terasa kering, gatal, kasar, bersisik, dan sangat membuat tidak nyaman. Apakah Sahabat Dream pernah merasakan hal tersebut? Berikut beberapa pemicu kelopak mata jadi kering dan gatal.

1. Lingkungan
Faktor lingkungan dapat menjadi penyebab utama mengapa kelopak mata terasa kering. Misalnya ketika cuaca yang dingin, umumnya akan membuat kulit mudah kering, tak tekecuali bagian kelopak mata. Menggunakan air panas terlalu sering ketika membasuh wajah atau badan juga merupakan faktor pemicu kulit kering karena dapat menghilangkan minyak alami kulit.

 Mata Kering Saat Pakai Makeup? Ini Sebabnya© MEN

2. Usia
Faktor usia juga salah satu penyebab kulit kering. Seiring bertambahnya usia, kulit akan lebih sedikit untuk menghasilkan minyak alami untuk membantu menghidrasi kulit. Bertambahnya usia membuat lemak di area mata berkurang yang mengakibatkan kelopak mata jauh lebih tipis dari sebelumnya sehingga kulit cenderung lebih kering dan sensitif.

4 dari 5 halaman

3. Matahari
Paparan sinar UV berlebih tidak baik untuk kulit. Terbakarnya kulit akibat matahari dapat membuat kulit terasa lebih kering dan juga bersisik. Area kelopak mata merupakan area terbuka sehingga lebih sering terpapar sinar matahari akibatnya kelopak mata lebih rentan terhadap kerusakan. Sinar uv merupakan pernyebab utama kelopak mata kering dan gatal

4. Rosacea
Gangguan kulit wajah satu ini juga dapat menjadi penyebab kelopak mata kering. Biasanya terjadi pada wajah, namun beberapa kasus dapat terjadi pada area kelopak mata yang disebut ocular rosacea. Gejala ini dapat menyebabkan area mata membengkak, berair, dan merasa teriritasi.

Kesehatan Mental Kita Ternyata Lebih Buruk Daripada Saat Puncak Pandemi, Begini Kiat Menyiasatinya

 

5 dari 5 halaman

5. Mata kering

Mata yang kering akan mempengaruhi area sekitarnya. Mata kering cenderung terlihat merah akibat kurangnya air pada mata. Meski cenderung terjadi pada bagian dalam namun kamu juga harus memperhatikan bagian dalam jika merasa memiliki gejala mata kering.

Jika mengalami gatal dan kering hingga perih dan sangat menganggu, tak boleh didiamkan. Segera konsultasi dengan dokter kulit atau dokter mata.

Asupan yang Bikin Nyaman Tenggorokan Saat Terserang Radang

 

Laporan Abinsha Nurmaulida/ Sumber: RealSimple

Join Dream.co.id