Sambut Ramadan, Chelsea Islan Ajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Berkah

Lifestyle | Senin, 12 April 2021 06:45
Sambut Ramadan, Chelsea Islan Ajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Berkah

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Hanya dengan mengumpulkan sampah untuk didaur ulang, uang yang diperoleh bisa membantu masyarakat tak mampu khususnya para pemulung

Dream - Di masa pandemi Covid-19 ketika masyarakat diwajibkan menggunakan masker wajah, isu sampah kesehatan yang menggunung ini menjadi perhatian serius banyak pihak. Tak hanya sampah masker, produk dari plastik yang dibuang sembarangan juga menjadi perhatin pecinta lingkungan termasuk pelaku bidang kecantikan.

Dengan kebutuhan yang meningkat, produk perawatan kecantikan juga berkontribusi pada kondisi lingkungan.

Menyadari pentingnya menyiapkan bumi yang lebih baik untuk generasi masa depan, selebritas kenamaan Indonesia, Chelsea Islan, mengajak masyarakat mengurangi limbah sampah kecantikan. 

Tak hanya menjaga lingkungan, sampah yang dikumpulkan sebetulnya bisa didaur ulang menjadi pemasukan yang hasilnya bisa diberikan sebagai sedekah.

" Dengan kesempatan dan media yang aku punya sekarang serba gadget, aku ingin menggunakan platform aku untuk mengajak masyarakat untuk lebih perhatian pada lingkungan," kata Chelsea Islan dalam konferensi pers GARNIER #OneGreenStep For Kindness, Kamis 8 April 2021.

" Aku mau ngajak kapan lagi bisa mendaur ulang sampah menjadi berkah, dengan kita bisa bersedekah lewat mendaur ulang nantinya bermanfaat bisa buat edukasi anak-anak pemulung," sambungnya.

2 dari 5 halaman

Green Beauty Buat Bantu Sesama

 Kampanye Green Beauty
© Istimewa

Aktivitas Chelsea Islan juga didukung Garnier yang tengah mengampanyekan program Green Beauty. Kegiatan ini adalah program sedekah sampah kemasan produk yang nantinya akan dikonversi menjadi uang dan disumbangkan kepada keluarga pemulung untuk pendidikan anak-anak mereka.

" Kami bekerjasama dengan E-Ryclce secara garis besar, berdonasi dengan sampah, bersedekah dengan sampah, akan kami monetize, akan kami uangkan, seluruh sampah, dan kami akan melipatgandakan uang itu dan diberikan XS project untuk pendidikan pemulung," kata Pandu Brodjonegoro selaku General manager Garnier Indonesia.

3 dari 5 halaman

Car Berdonasi

Nantinya uang yang dikumpulkan akan didonasikan pada keluarga pemulung lewat bantuan Yayasan XSProject. Mereka memfokuskan pemulung sebagai penerima donasi di bidang edukasi ini agar memutus mata rantai pemulung.

" Pekerjaan mereka tidak secara generasi ke generasi menjadi pemulung," tambah Retno Hapsari, General manager XSProject.

Untuk ikut kampanye ini netizen hanya perlu mengumpulkan sampah kemudian mengunggah aplikasi E-Recycle agar bisa diambil ke rumah dan didaur ulang serta dijadikan uang untuk bersedekah.

4 dari 5 halaman

Chelsea Islan Galang Dana untuk 2.000 Murid SD

Dream - Seperti yang diketahui, pandemic Covid-19 menyebabkan kerugian bagi sektor ekonomi dan pangan. Namun ternyata, pandemi ini juga memorei dampak besar bagi sektor pendidikan. 

Mungkin, hal ini tidak dirasakan di pulau Jawa. Hal ini berdampak besar di pulau lainnya yang memiliki keterbatasan internet.

Menurut data Badan Pusat Statistik dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, masih ada 35,2 persen atau 92,98 juta penduduk Indonesia yang belum menggunakan internet.

Yang paling merasakan dampak ketiadaan internet ini adalah penduduk di Indonesia Timur, seperti Papua, Maluku, Sulawesi serta Nusa Tenggara.

5 dari 5 halaman

Menanggapi hal ini, Taman Bacaan Pelangi bersama Chelsea Islan mengadakan penggalangan dana untuk menyediakan paket belajar bagi 2000 anak kelas 1 SD selama satu bulan. Hal ini pun diadakan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

“ Jika sekolah liburnya diperpanjang, maka kami harus menggalang dana lebih banyak lagi untuk menyediakan paket belajar sepanjang sekolah diliburkan,” ujar Chelsea dalam Siaran Pers 'Chelsea Islan dan Taman Bacaan Pelangi Galang Dana Bantu Anak di Indonesia Timur', Jakarta 2 Mei 2020. 

Pemain film Di Balik 98 itu membuka penggalangan dana melalui situs Kitabisa.com. Mereka juga mengadakan Instagram Live di laman pribadi Chelsea dan @pelangibook untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Join Dream.co.id