Rentan Malnutrisi, Ini Beragam Alasan Kucingmu Sulit Mencerna Dry Food

Lifestyle | Kamis, 24 Juni 2021 08:00

Reporter : Iwan Tantomi

Apakah anabulmu kesulitan mencerna dry food juga?

Makanan kucing kering sering dipilih karena alasan praktis dan nutrisinya yang cukup komplit. Tapi sayangnya, hewan peliharaanmu tampaknya kurang menyukainya karena food bowl-nya tampak masih terisi penuh. ada beberapa alasan yang bikin anabulmu sulit mencerna dry food.

Rentan Malnutrisi, Ini Beragam Alasan Kucingmu Sulit Mencerna Dry Food
Credit Via Shutterstock
2 dari 5 halaman

Teksturnya Terlalu Kering

 Shutterstock© Shutterstock

Dry food memang sangat berbeda dengan mangsa alami kucing saat berada di alam liar. Tubuhnya beradaptasi dengan konsumsi protein hewani dengan kandungan air yang tinggi. Bisa jadi ini alasan mengapa anabulmu kesulitan mencerna cat food karena teksturnya yang terlalu kering.

Hanya mengandung sekitar 10 persen air, kucing yang diberi makanan kering perlu minum satu cangkir air untuk setiap 5 kilogram berat badannya dalam sehari. Bisa juga menambahkan kaldu ke dalam semangkuk dry food untuk membasahi teksturnya, meningkatkan kadar nutrisinya, hingga menambah asupan cairan.

3 dari 5 halaman

Kurang Protein Hewani

 Shutterstock© Shutterstock

Berbeda dengan anjing yang bersifat omnivora, kucing tergolong karnivora obligat. Anjing dapat memecah protein hewani dan nabati, sedangkan kucing membutuhkan daging berbasis otot dalam makanannya agar tetap sehat.

Sebagian besar protein dalam makanan kucing kering berasal dari tumbuhan, bukan hewan. Karena karnivora, seperti kucing, memiliki sistem pencernaan yang lebih pendek daripada omnivora, lebih sulit baginya untuk mencerna selulosa yang merupakan bagian dari sel tumbuhan.

4 dari 5 halaman

Perlu Asupan Taurin

 Shutterstock© Shutterstock

Selain kadar air yang rendah, alasan lain yang bikin makanan kucing kering sulit untuk dicerna adalah protein nabati yang ditemukan dalam makanan kering. Sumber nutrisi dari tumbuhan ini tidak mengandung taurin, asam amino yang ditemukan terutama pada otot daging hewan. Nutrisi ini penting agar kucing bisa berkembang biak dengan baik.

5 dari 5 halaman

Masalah Kesehatan Pencernaan

 Shutterstock© Shutterstock

Terakhir, alasan kucing tidak bisa mencerna makanan kering mungkin tidak ada hubungannya dengan makanan itu sendiri. Masalah kesehatan tertentu, seperti gangguan sistem pencernaan dan penyakit hati, dapat memicu sulitnya anabul mencerna makanan.

Jika kucingmu mengalami masalah pencernaan, tindakan yang paling aman adalah mengunjungi dokter hewan untuk menemukan penyebab yang tepat, termasuk mendiagnosa semua penyakit lainnya. Jika perlu minta rekomendasi makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan sesuai dengan gaya hidup anabulmu. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan berpengalaman mengenai kesehatan dan perawatan hewan peliharaan.

 Muezza© Muezza

Kucing bisa jadi pemilih sial makanan, apalagi saat kurang menyukai tekstur maupun citarasanya. Apalagi jika dry food berubah basi atau tengik. Vitamin dan lemak dapat terkikis jika makanan tidak disimpan dengan benar. Simpan cat food di dalam kemasan aslinya lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan letakkan di lingkungan yang sejuk dan bebas kelembapan.

Tak sulit melakukannya kalau memilih Muezza, brand makanan kucing kering yang bukan hanya sehat tapi juga halal. Leluasa mencari lokasi penyimpanan, temukan keempat variannya di Shopee dan Tokopedia! [eth]

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

 

Terkait
Join Dream.co.id