Rekomendasi Suhu Maksimal untuk Mandi agar Kulit Tetap Lembap

Lifestyle | Kamis, 12 Desember 2019 09:12
Rekomendasi Suhu Maksimal untuk Mandi agar Kulit Tetap Lembap

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ternyata tidak boleh sembarangan, lho!

Dream - Mandi air hangat saat cuaca dingin memang sangat nyaman. Air hangat bisa menenangkan, bahkan dapat mengatasi stres.

Namun jika airnya terlalu panas, bisa mengalami masalah kulit. Oleh karena itu, Sahabat Dream harus mengetahui suhu tepat untuk mandi maupun kebutuhan lainnya.

Menurut Dermatologist, Arini Astasari Widodo, suhu maksimal untuk mandi dengan shower adalah 41 derajat Celcius.

" Suhu maksimal untuk mandi dengan shower adalah 41 derajat, untuk cuci tangan 41 derajat, untuk berendam 44 derajat, sedangkan bidet 38 derajat," jelas Arini dalam acara Media Gathering Ariston di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Selasa 10 Desember 2019.

 arston

Foto: dream.co.id/Cynthia Amanda Male

2 dari 6 halaman

Untuk bayi, suhu maksimalnya lebih rendah daripada orang dewasa, yaitu 37 derajat Celcius hingga 37,5 derajat Celcius. Hal ini dikarenakan sel saraf pada kulit bayi masih sangat sensitif pada suhu.

 shutterstock

Lebih rendah daripada yang lainnya, penderita eksim hanya bisa mandi dengan suhu paling hangat 30 derajat.

Sedangkan untuk durasinya, disarankan selama lima hingga sepuluh menit agar kelembapan kulit tidak rusak.

3 dari 6 halaman

Saat menggunakan handuk pun jangan menggosok kulit, cukup ditepuk-tepuk saja hingga sisa airnya terserap.

 shutterstock

Gunakan pelembap dalam jangka waktu 5 menit setelah mandi. Hindari juga produk yang dapat membuat kulit kering.

Jika Sahabat Dream ingin berendam dengan air hangat, usahakan untuk dibilas kembali menggunakan air bersuhu lebih rendah untuk menghilangkan kotoran secara maksimal tanpa mengikis kelembapan alami kulit.

4 dari 6 halaman

Level Stres Meningkat? Segera Mandi Air Hangat

Dream - Beban pikiran yang sangat banyak, mulai dari pekerjaan, finansial hingga persoalan pribadi, kadang muncul bersamaan. Stres pun muncul dan tak bisa dihindari. Tubuh selalu terasa lelah padahal sudah tidur cukup lama.

Saat pikiran dikuasai stres, kita akan lebih sulit berpikir bahkan melakukan sesuatu. Maka dari itu, Sahabat Dream perlu meredakan stres terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan.

Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mandi air hangat. Menurut Veronica Adesla, seorang psikolog klinis, mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur dapat menurunkan gelombang theta. Gelombang tersebut berkaitan erat dengan kondisi mental yang tak stabil akibat stres.

" Air hangat bisa mengaktifkan pineal gland untuk memproduksi melatonin, jadi tidur juga akan lebih berkualitas setelah mandi air hangat," kata Veronica di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Selasa 10 Desember 2019.

5 dari 6 halaman

Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Jika Sahabat Dream suka berendam, lakukanlah dengan air bersuhu hangat untuk memperbaiki suasana hati. Berendam dengan air hangat bisa melancarkan peredaran darah serta membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme tubuh.

 Mandi Pagi Pakai Air Dingin Bikin Sehat

" Jadi setelah berendam, tubuh dan pikiran kita akan terasa lebih segar. Stres pun akan hilang seusai berendam," tambahnya.

Perhatikan juga suhu air yang digunakan saat mandi atau berendam. Saat mandi dengan shower, pastikan suhunya jangan melebihi 41 derajat.

6 dari 6 halaman

Pakai Pelembap Setelah Mandi

" Sedangkan saat berendam, jangan melebihi 44 derajat," kata Arini Astasari Widodo seorang dokter kulit.

Suhu yang terlalu panas bisa merusak kelembapan kulit dan bisa membuat masalah baru. Saat mandi air hangat, pastikan juga tak terlalu lama.

" Jangan terlalu lama agar tidak merusak kelembapan alami kulit. Mandi atau berendam sebaiknya dilakukan hanya selama 5-10 menit saja. Setelahnya, pakai pelembap supaya kulit tetap lembap," pesan Arini.

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id