Rahasia Warna & Bahan Batik Tidak Pudar

Lifestyle | Jumat, 27 November 2020 14:34

Reporter :

Kuncinya ada di cara mencucinya.

Dream - Sejak 2 Oktober 2009 batik ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Hingga saat ini, batik di Indonesia makin populer, bahkan banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya mengenakan batik pada hari-hari tertentu.

“ Batik saat ini tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga di mancanegara. Banyak pemimpin negara atau selebritis luar negeri yang menggunakan batik. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara mencuci batik yang tepat. Padahal cara mencuci batik sangat berbeda dengan kain lainnya,” kata Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki, dalam keterangan tertulis.

Untuk menjaga batik agar serat halus dan warnanya tidak pudar, harus memerlukan teknik tersendiri saat mencucinya. Seperti ketika merendam batik sebaiknya menggunakan air hangat, jangan menggunakan deterjen, hingga tidak boleh diperas terlalu kencang.

Rahasia Warna & Bahan Batik Tidak Pudar
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Menjaga bahan dan warna batik

Walau menjaga batik sedikit mereportkan, Sahabat Dream dapat menggunakan mesin cuci yang memiliki fitur untuk mencuci pakaian khususnya batik.

Seperti mesin cuci AQW-910DD (G), yang dilengkapi beragam fitur aalah satunya fitur Batik Care atau Batik Mode.

“ Fitur Batik Care ini adalah fitur pencucian khusus batik dengan pencucian lembut dan menyeluruh. Sehingga serat pada batik tidak akan rusak dan warna kain tidak pudar," jelas Kepala Departemen Perencanaan Produk AQUA Japan, Meiriano Ullman.

" Jadi kini tak perlu khawatir saat mencuci batik Anda dengan menggunakan mesin cuci, karena fitur Batik Care akan menjaga bahan serta warna batik Anda,” tambahnya.

 mesin cuci AQUA Japan
© AQUA Japan

3 dari 6 halaman

Menyesuaikan jumlah air

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Rian tersebut mengatakan, karena rata-rata bahan batik bersifat lembut dan halus, utamanya untuk batik tulis, maka memang membutuhkan perawatan yang khusus saat mencucinya.

Selain dilengkapi Batik Care, mesin cuci ini juga dilengkapi fitur khusus perawatan hijab, yaitu Hijab Mode. Fitur ini dapat memberikan perawatan menyeluruh untuk bahan hijab yang biasanya lebih lembut dan halus.

Untuk fitur-fitur lainnya mesin cuci AQW-910DD (G) juga dilengkapi dengan fitur Fuzzy Logic yang mampu menyesuaikan jumlah air dan waktu pencucian terhadap berat pakaian.

 mesin cuci AQUA Japan
© AQUA Japan

 

4 dari 6 halaman

Air take Technology

Fitur User Friendly yang akan memudahkan konsumen saat mengoperasikan mesin cuci, dan air take Technology yang akan mempercepat proses pengeringan pakaian Sahabat Dream.

“ Kami selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk terbaru yang inovatif yang mampu menjawab kebutuhan konsumen. Dengan teknologi yang kami hadirkan, kami harap dapat membantu aktivitas keluarga di rumah, khususnya saat mencuci pakaian,” tutur Rian.

Selain dilengkapi Batik Care, mesin cuci AQUA Japan juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk perawatan hijab, yaitu Hijab Mode.

Fitur ini akan memberikan perawatan menyeluruh pada bahan hijab yang lembut dan halus.

5 dari 6 halaman

Sharp Bidik Produksi 1,5 Juta Mesin Cuci Setahun

Dream – PT Sharp Electronics Indonesia menambah lini produksi mesin cuci satu tabung dengan tipe full auto. Mesin cuci tersebut diproduksi langsung di pabrik Sharp di kawasan Karawang International City (KIIC).

National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo, mengatakan, mesin cuci satu tabung full auto ini merupakan produk terbaru yang dibuat Sharp Indonesia. 

 Mesin cuci satu tabung (1)
© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

" Ada 14 model, dari 8 kilogram sampai 12kilogram," ujar Andry di Pabrik Sharp Indonesia di KIIC, Karawang, Jawa Barat, Selasa 16 Juli 2019.

PT Sharp Electronics Indonesia menargetkan memproduksi mesin cuci sebanyak 1,5 juta dalam satu tahun.

" Kalau sebelumnya kan mesin cuci dua tabung 1,1 juta, yang satu tabung ini target 400 ribu. Jadi total setahun produksi 1,5 juta," kata dia.

6 dari 6 halaman


 Mesin cuci satu tabung (2)
© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

Andry menuturkan, dengan adanya produksi mesin cuci satu tabung ini, PT Sharp Electronics Indonesia juga membutuhkan tambahan 30 persen karyawan.

Irit Air Sampai 50 Persen

Andry menyebut mesin cuci satu tabungnya itu " si mulut besar" karena memiliki lubang yang besar. Ini memasukkan pakaian dalam jumlah banyak.

Keunggulan mesin cuci satu tabung full auto ini yakni irit air hingga 50 persen dibanding dengan mesin cuci dua tabung. Kemudian tidak membuat pakaian menjadi buluk.

 

 Mesin cuci satu tabung (3)
© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

Selain itu, mesin cuci ini juga mampu bekerja meski tekanan air rendah, daya listrik rendah serta auto restart.

" Auto restart ini memungkinkan kalau mati lampu ya, nggak usah di set ulang. Dia akan otomatis, semuanya otomatis namanya juga full auto” kata dia.

Untuk harga, Sharp Indonesia melepas harga mesin cuci satu tabung full auto ini sebesar Rp2,4 juta hingga Rp4 juta.

Join Dream.co.id