Potret Jemaah Haji Bugis Dandan Cetar di Pesawat Saat Pulang dari Tanah Suci

Lifestyle | Rabu, 3 Agustus 2022 13:45

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

"The real Haji fashion week,"

Dream - Beberapa waktu lalu viral di media sosial, video para ibu-ibu bugis yang baru saja pulang ke Tanah Air setelah menyelesaikan ibadah haji.

 TikTok @Ravidhams© TikTok @Ravidhams

Pada video ini tampak pemilik akun TikTok @Ravidhams, yang merupakan seorang pramugara, merekam ibu-ibu yang sedang mempersiapkan penampilannya berpulang ke rumah masing-masing.

 TikTok @Ravidhams© TikTok @Ravidhams

" Jamah Haji Bugis Makassar gak ada lawan bestie," tulis sang pemilik akun.

Tampak para ibu-ibu memakai pakaian terbaik mereka. Beberapa diantaranya sibuk memoleskan bedak dan lipstick agar tampak fresh saat bertemu keluarga.

 TikTok @Ravidhams© TikTok @Ravidhams

Yang mencolok, perhiasan bertumpuk dipakai para ibu-ibu ini. Gelang bertumpik, cincin bertumpuk hingga bros kerudung 'bling-bling' menghiasi tampilan ibu-ibu ini.

Salah satu warganet berkomentar guyon bahwa ini tampak seperti Haji Fashion Week.

" the real Haji fashion week, wkwk," tulis akun Instagram @rohitchand17

Potret Jemaah Haji Bugis Dandan Cetar di Pesawat Saat Pulang dari Tanah Suci
TikTok @Ravidhams
2 dari 6 halaman

Viral Jam Gadang Fashion Week, Sandiaga Uno: `Onde Mande, Rancak Bana`

Dream - Fenomena Citayam Fashion Week membangkitkan tren serupa di berbagai daerah di Indonesia. Setelah muncul istilah Jurig Fashion Week di Bandung, Jawa Barat, kini tren serupa mulai berhembus ke wilayah Sumatera.

Di tanah Sumatera Barat, tepatnya Bukit Tinggi, muncul tren dan sempat viral di media sosial perhelatan yang disebut Jam Gadang Fashion Week yang disingkat JGFW.

Tampak para pemuda-pemudi menggunakan busana adat Sumatera Barat. Pada gadis minang ini memakai pakaian adat dengan beragam warna yang dipadukan dengan lambak atau sarung.

 TikTok© TikTok

Tak lupa hiasan salempang yang menjadi ciri khas baju adat wanita minang. Dan yang ikonik adalah tingkuluak, penutup kepala yang menyerupai tanduk.

Aksi Jam Gadang Fashion Week ini mendapat perhatian dari mantan wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

" Onde mande rancak bana! Anak-anak muda urang awak ini memperkenalkan sekaligus melestarikan pakaian adat daerahnya dengan cara kekinian kepada generasi milenial dan Gen Z," tulis Sandiaga pada Instagram pribadinya @sandiuno.

 Instagram @sandiuno© Instagram @sandiuno

Sandiaga menganggap ini adalah hal positif yang bisa menjadi inspirasi untuk daerah lainnya,

" Semoga semakin menjamur ke daerah lainnya, menampilkan fesyen sesuai adat dan budaya daerahnya masing-masing," tambah Sandiaga.

3 dari 6 halaman

Intip Videonya

      View this post on Instagram      

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

 

4 dari 6 halaman

Hijaber Malaysia Mampir ke `SCBD` untuk jajal Catwalk di Citayam Fashion Week

Dream - Fenomena Citayam Fashion Week dan kehadiran remaja 'SCBD' (Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok) telah menjadi pusat perhatian beberapa waktu terakhir. Bahkan, fenomena tersebut turut mnjadi perhatian turis dari luar negeri.

Mereka dibuat penasaran dengan tren fashion baru yang berpusat di kawasan stasiun MRT< Dukuh Atas, Jakarta itu. Pemilik akun TikTok @zierazain yang mengaku sebagai turis asal Malaysia adalah sala satunya.

Ziera merekam pengalamannya mendatangi Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas untuk melihat fenomena itu. Dia menyempatkan diri di hari terakhir perjalanan bisnisnya ke Jakarta untuk mencari tahu fenomena yang sedang tren dan masuk ke laman 'For Your Page' di TikTok.

Pemilik akun pun memesan taksi online bersama suaminya dari penginapan hingga ke Citywalk Sudirman. Setelah itu, dia kembali memesan taksi online untuk melanjutkan perjalanannya ke Dukuh Atas.

 Hijaber Malaysia Mengintip Fenomena Citayam Fashion Week© TikTok @zierazain

Foto: TikTok @zierazain

Di tengah perjalanan, pemilik akun mengagumi pemandangan gedung-gedung di kawasan Sudirman dan Thamrin yang tampak megah di malam hari.

 

5 dari 6 halaman

Kawasan Dukuh Atas Sepi

 Hijaber Malaysia Mengintip Fenomena Citayam Fashion Week© TikTok @zierazain

Foto: TikTok @zierazain

Sesampainya di tempat tujuan, Dukuh Atas tampak sepi. Namun, terdapat sejumlah anak muda yang tengah mengobrol, bermain roller blade, dan berfoto-foto.

6 dari 6 halaman

Dijaga Polisi

 Hijaber Malaysia Mengintip Fenomena Citayam Fashion Week© TikTok @zierazain

Foto: TikTok @zierazain

Mobil polisi juga terlihat dari kejauhan untuk menjaga kawasan tersebut tetap tertib dan aman. Sepinya kawasan tersebut serta kehadiran polisi membuat pemilik akun enggan berjalan di zebra cross seperti remaja SCBD lainnya.

Terkait
Join Dream.co.id