Diskusikan ini Sebelum Memutuskan Menikah!

Lifestyle | Minggu, 18 Agustus 2019 11:02
Diskusikan ini Sebelum Memutuskan Menikah!

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Apa Anda sudah siap menikah? Atau sudah mempersiapkan pernikahan? Pahami hal ini terlebih dahulu.

Dream - Ketika memutuskan untuk menikah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari persiapan mental, fisik hingga finansia.

Pernikahan bukan hanya soal pesta saja, tapi soal perjalanan hidup kita selanjutnya bersama pasangan.

Banyaknya persiapan yang harus dilakukan. Tidak hanya untuk calon mempelai perempuan, tapi untuk semua calon mempelai.

Sebelum memutuskan menikah, pasangan harus sudah saling bertukar pikiran mengenal lebih dalam. Mulai dari kesiapan diri sendiri, tujuan menikah, hingga soal finansial dan hal yang paling sensitif.

Setiap pasangan yang menikah pastilah menginginkan bahagia. Oleh sebab itu, pasangan hidup yang tepat sangatlah penting untuk mewujudkan keinginan ini.

Memilih pasangan yang tepat tidak hanya bisa dinilai dari fisik atau materi saja, tapi juga dari cara berpikirnya dan nilai-nilai hidup yang dianut.

Untuk mengetahui lebih dalam sudut pandang pasangan, ada beberapa pertanyaan yang bisa didiskusikan bersama.

Setidaknya kesimpulan dari diskusi yang dilakukan bersama, dapat meyakinkan diri kita, bahwa kita sudah menemukan pasangan yang tepat.

2 dari 5 halaman

Berdiskusi tentang Alasan Menikah

 Pasangan Bahagia

Mengajukan pertanyaan pada pasangan tentang alasannya menikah, mungkin terdengar konyol. Namun, pertanyaan ini menjadi sangat penting untuk ditanyakan.

Dari jawaban pasangan kita bisa mengetahui sudut pandangnya tentang pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Pasangan yang menikah tentu memiliki alasan yang beragam.

Berdasarkan laporan Pusat Penelitian Pew, 88 persen orang menikah dengan alasan cinta, 81 persen memilih untuk berkomitmen seumur hidup bersama pasangan, 76 persen menikah karena persahabatan, 49 persen menikah untuk memiliki keturunan, 30 persen untuk mendapatkan pengakuan agama, 28 persen karena masalah keuangan, dan 23 persen menikah untuk menuntut hak dan manfaat hukum.

Mengetahui alasan menikah pasangan masing-masing, akan sangat penting bagi keberlangsungan rumah tangga ke depannya.

Apakah alasan menikah pasangan kita, bisa kita terima atau tidak, semua tergantung pada diri kita masing-masing.

3 dari 5 halaman

Berdiskusi Tentang Kehidupan Setelah Menikah

 Pasangan Bahagia

Setelah mengetahui dan memahami alasan menikah pasangan, lanjutkan diskusi tentang bagaimana pandangan pasangan tentang kehidupan rumah tangga.

Apakah pasangan akan mendukung berbagai kegiatan dan hobi setelah menikah, atau menentangnya.

Pertanyaan ini harus diajukan, dan perlu diperjelas untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Tidak hanya soal hobi saja, masalah pekerjaan, rencana memiliki anak, dan hal-hal personal lainnya, juga harus didiskusikan bersama.

Apabila pasangan memiliki pandangan tentang kehidupan rumah tangga yang berbeda, tentu diperlukan keseriusan untuk mengatasi hal tersebut, apakah kita bisa menerima perbedaan itu atau sebaliknya.

Apabila setiap pasangan sudah memiliki pandangan tentang kehidupan rumah tangga yang sama, maka masalah-masalah rumah tangga yang kelak akan datang bisa teratasi dengan lebih baik.

4 dari 5 halaman

Berdiskusi Tentang Hubungan yang Sehat

Perubahan status setelah menikah, sedikt banyak akan mengubah cara kita bersikap. Bagi yang terbiasa tinggal sendiri di perantauan misalnya, harus menyesuaikan diri hidup berdua dengan pasangan.

Begitu sebaliknya, bagi yang terbiasa tinggal bersama orangtua, harus menyesuaikan diri untuk tinggal berdua bersama pasangan.

 Pasangan Bahagia


Hidup bersama mau tak mau menuntut setiap pasangan untuk memiliki hubungan yang baik dan sehat.

Menjaga keseimbangan masing-masing menjadi kunci untuk menjalin hubungan yang sehat, seperti selalu bersikap jujur, kolaboratif, dan mudah diajak berdiskusi bersama.

Tanyakan pada diri Anda sendiri dan pasangan, beberapa pertanyaan berikut ini:
-    Apa diri kita siap dan bersedia untuk bernegosiasi terhadap hal-hal penting yang muncul dalam kehidupan rumah tangga kelak?
-    Apa diri kita siap dan bersedia untuk saling terbuka akan keinginan kita masing-masing?

Dan, masih banyak pertanyaan lainnya.

5 dari 5 halaman

Refleksi Diri

 Menikah

Setelah melakukan diskusi panjang dengan calon pasangan, hal yang harus dilakukan ialah merefleksi diri.

Berdasarkan dari jawaban pasangan dan kesimpulan dari diskusi yang sudah dilakukan bersama, apakah kita mampu dan sanggup menerima pasangan kita dengan apa yang ia miliki dan ia anut?

Pertanyaan ini akan menjadi sangat penting dalam mengambil keputusan untuk menikah.

Karena apa yang kita putuskan saat ini, akan menetukan masa depan kita kelak. Refleksi diri menjadi kegiatan yang berguna untuk melakukan pertimbangan dan menganalisis keyakinan.

Refleksi memberi kesempatan pada otak untuk berhenti di tengah-tengah kekacauan, dan bisa menguraikan kekacauan tersebut dan dijadikan sebagai pertimbangan.

Apabila masih mengalami keraguan dalam mengambil keputusan untuk menikah, serahkan diri dengan berdoa pada Allah SWT dan memohon petunjuk. Semoga bermanfaat Sahabat Dream! (ism, Sumber: Psychology Today)

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id