Pengidap Diabetes Tidak Bisa Puasa? Belum Tentu!

Fresh | Senin, 5 Juni 2017 15:45

Reporter : Dwi Ratih

Memiliki diabetes memang butuh perhatian khusus.

Dream – Bulan Ramadhan telah tiba. Di bulan yang penuh rahmat ini semua muslim wajib melaksanakan ibadah puasa. Namun bagaimana dengan muslim yang memiliki diabetes?

Memiliki diabetes memang butuh perhatian khusus, sebab tingkat kadar gula dalam darah bisa melonjak atau menurun drastis jika tak dijaga.

Sahabat Dream yang memiliki diabetes tetap bisa beribadah puasa, asal memperhatikan hal-hal ini:

1. Konsultasi dahulu dengan dokter Anda

Sebelum memulai berpuasa, mintalah saran dokter terlebih dulu. Ada beberapa tipe diabetes yang dapat berpuasa dan ada yang tidak bisa sama sekali.

Pengidap Diabetes Tidak Bisa Puasa? Belum Tentu!© Dream

Jika dokter mengijinkan Anda berpuasa, periksa kadar gula darah Anda sesuai anjuran dokter, untuk mengetahui berapa kali Anda mengalami hipoglikemia dan hiperglikemia.

Jika dalam rentang puasa Anda mengalami dua kali hipoglikemia dan hiperglikemia, Anda dianjurkan tidak melanjutkan puasa.

2. Selektif memilih asupan

Bagi Anda pengidap diabetes makanan terbaik untuk dikonsumsi sebelum mulai berpuasa adalah makanan yang memiliki kadar indeks glikemik (IG) rendah.

Karena akan dicerna secara perlahan, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan-makanan tersebut juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Makanlah sesuai porsi pada saat sahur dan berbuka untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan kadar gula dalam darah.

3. Tetap berolah raga secara teratur

Meski sedang berpuasa, Anda tetap dapat berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan ringan untuk menjaga kebugaran secara rutin selama 30 menit.

Untuk waktunya, pilih pagi hari di saat energi masih mencukupi. Hindari berolahraga di sore hari sebelum berbuka, karena pada saat ini kadar gula darah sudah dalam kondisi rendah.

 Shutterstock© dream.co.id

4. Konsumsi suplemen yang tepat

Banyak di antara para penderita diabetes tipe dua mengalami kekurangan mineral dan vitamin larut air. Pasalnya, kadar glukosa yang tinggi dalam darah dapat menahan cairan sehingga volume air di ginjal meningkat dan tidak bisa diserap ulang.

Penderita diabetes juga cenderung buang air kecil lebih sering sehingga vitamin dan mineral banyak terbuang.

Karena itu Anda harus pintar-pintar memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan menerapkan diet sehat seimbang setiap hari. Meski demikian, ada kalanya kebutuhan tersebut masih belum terpenuhi.

Kekurangan ini dapat Anda penuhi lewat asupan kesehatan tambahan yang tepat seperti  Melabic. Herbal yang terbuat dari enam bahan alami dengan senyawa berbeda yang saling melengkapi bagi kesehatan Anda terutama untuk mencegah dan mengatasi diabetes.

Join Dream.co.id