Pengertian dan 5 Manfaat Pupuk Organik bagi Tanaman, Solusi Menjaga Ekosistem dan Kesuburan Tanaman

Techno | Senin, 4 Juli 2022 10:45

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Pupuk organik lebih banyak mengandung unsur hara dibandingkan dengan pupuk kimia atau anorganik.

Dream – Pupuk organik sangat bermanfaat bagi tanaman. Pupuk organik menjadi pilihan di samping pupuk kimia karena punya banyak keunggulan.

Manfaat pupuk organik sangatlah istimewa. Tak hanya bagi tanaman saja, tetapi juga bagi tanah dan lingkungan karena tidak adanya zat kimia di dalam pupuk tersebut yang bisa mencemari lingkungan.

Pupuk organik membuat lingkungan bisa tetap terjaga ketika sahabat Dream memilih untuk menggunakannya.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu pupuk organik dan apa saja manfaat pupuk organik, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Pengertian dan 5 Manfaat Pupuk Organik bagi Tanaman, Solusi Menjaga Ekosistem dan Kesuburan Tanaman
Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 4 halaman

Apa Itu Pupuk Organik?

 Pengertian pupuk organik© Freepik.com

Menurut Peraturan Menteri Pertanian Nomor 2 Tahun 2006, pupuk organik adalah pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Bahan baku pupuk organik bermacam-macam, ada yang dibuat dari kotoran hewan, tanaman hijau, atau kombinasi dari keduanya. Mengingat bahwa penggunaan pupuk kimia tidaklah baik bagi lingkungan karena sangat mencemari tanah dan air, maka penggunaan pupuk organik pun sangat dianjurkan.

Seperti dikutip dari distan.bulelengkab.go.id, penggunaan pupuk organik diinstruksikan agar digunakan untuk bisa mengatasi berbagai masalah, seperti rusaknya ekosistem, hilangnya kesuburan tanah, hingga ketergantungan petani pada pupuk.

Pupuk organik pun ada banyak macamnya. Di mana pupuk organik berdasarkan bentuknya terbagi menjadi dua, yakni pupuk organik padat dan pupuk organik cair. Kemudian pupuk organik berdasarkan bahan penyusunnya dibedakan menjadi empat, yakni pupuk hijau, pupuk kandang, pupuk kompos, dan pupuk hayati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pupuk Organik

 Manfaat Pupuk Organik© Unsplash.com

Setelah mengetahui apa itu pupuk organik dan jenis-jenisnya, sahabat Dream juga harus mengetahui manfaat pupuk organik itu sendiri. Sehingga bisa membedakan dengan pupuk lainnya. Nah, berikut adalah beberapa manfaat pupuk organik yang dikutip dari bobo.grid.id:

Memiliki Unsur Hara yang Lengkap

Manfaat pupuk organik yang pertama adalah memiliki unsur hara yang lengkap. Di mana kandungan unsur hara ini sangatlah baik bagi pertumbuhan tanaman. Yakni membantu dalam proses fotosintesis pada tanaman agar bisa berjalan dengan baik. Ketika tanaman tidak memiliki unsur hara yang banyak, maka proses fotosintesis pun akan terjadi hambatan. Tentunya ini tidak baik bagi pertumbuhan tanaman.

Unsur Hara Tidak Mudah Hilang

Manfaat pupuk organik berikutnya adalah unsur hara yang tidak mudah hilang. Di mana unsur hara yang ada di dalam pupuk organik mampu bertahan lebih lama. Dengan begitu, hal ini bisa digunakan lagi oleh tanaman di musim yang selanjutnya. Sedangkan jika menggunakan pupuk kimia, maka unsur hara lebih mudah hilang. Umumnya unsur hara pada pupuk kimia yang mudah hilang itu saat terkena air.

Aktivitas Mikroba Tanah Meningkat

Bagi sahabat Dream yang memilih untuk menggunakan pupuk organik, maka akan bisa untuk meningkatkan aktivitas mikroba di tanah. Dengan begitu, tanah pun menjadi lebih subur. Sedangkan jika menggunakan pupuk kimia, maka akan membuat mikroba sulit berkembang. Dengan begitu, hal ini berdampak buruk bagi kesuburan tanah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pupuk Organik

 Manfaat Pupuk Organik© Unsplash.com

Menggemburkan Tanah

Bagi sahabat Dream yang menggunakan pupuk organik untuk merawat tanamannya, hal ini mampu membuat tanah menjadi gembur dan kondisi tanah pastinya menjadi lebih baik. Nah, di saat kondisi tanah baik dan gembur, maka media tanam menjadi lebih mudah untuk diolah serta penetrasi akar juga lebih mudah.

Sedangkan ketika sahabat Dream menggunakan pupuk kimia, maka ini akan membuat tanah memiliki tekstur yang keras dan akan lebih sulit untuk diolah. Tidak mengherankan jika banyak orang yang lebih memilih menggunakan pupuk organik dibandingan dengan pupuk kimia.

Tanaman Lebih Tahan dari Penyakit

Tidak hanya manusia saja yang bisa terserang penyakit, tanaman juga bisa. Oleh karena itu, penting untuk bisa memberikan asupan yang baik bagi tanaman agar lebih terlindung dari serangan penyakit. Nah, salah satu manfaat pupuk organik adalah bisa membuat tanaman lebih tahan dari penyakit.

Hal ini karena pupuk organik banyak mengandung unsur hara. Sedangkan jika menggunakan pupuk kimia, maka tanaman menjadi lebih mudah terserang penyakit dikarenakan kandungan bahan kimia di dalamnya. Jika menggunakan pupuk organik, maka tanaman akan terlindungan dari kutu dan jamur. Sehingga pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

Join Dream.co.id