Penasaran Seberapa Pintar Kucing Kesayanganmu? Ini Jawabannya!

Lifestyle | Kamis, 12 Agustus 2021 08:00

Reporter : Wuri Anggarini

Menurut imuwan, kucing memang jauh lebih cerdas dibandingkan imajinasimu. Kok bisa?

Dianggap sebagai salah satu hewan peliharaan tercerdas, nyatanya banyak perilakunya yang membuatmu mengerutkan dagu. Mulai dari menyerang cermin, mendadak berlarian tanpa alasan yang jelas, hingga terus mengeong karena melihat kucing lain dari balik jendela. Menurut imuwan, kucing memang jauh lebih cerdas dibandingkan imajinasimu. Kok bisa?

Penasaran Seberapa Pintar Kucing Kesayanganmu? Ini Jawabannya!
(c) Shutterstock
2 dari 4 halaman

Punya Lebih Banyak Sel Saraf

 Penasaran Seberapa Pintar Kucing Kesayanganmu? Ini Jawabannya!© Shutterstock

Dibandingkan anjing, kucing memiliki otak yang lebih kecil. Tapi menurut Dr. Lorie Huston dari PetMD, ukuran otak bukan indikator kecerdasan, bahkan otak kucing memiliki beberapa kesamaan dengan amnusia. Misalnya, bagian dari otak anabul terbagi secara khusus dan terhubung satu sama lain, memungkinkannya untuk memahami, menanggapi, bahkan memanipulasi lingkungannya.

Selain itu, kucing punya lebih banyak sel saraf di area visual otak yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan, pemecahan masalah, perencanaan, memori, dan bahasa daripada manusia dan kebanyakan mamalia lainnya. inilah alasan kucingmu tampak berlari dari satu sudut ke yang lainnya mengejar setitik debu yang sulit dilihat.

3 dari 4 halaman

Ingatan yang Kuat

 Penasaran Seberapa Pintar Kucing Kesayanganmu? Ini Jawabannya!© Shutterstock

Kebanyakan catlover akan menyebutkan adanya tiga ras kucing terpintar yaitu Abyssinians, Siamese, dan Bengals. Ketiga anabul ini dianggap cerdas karena mampu bersosialisasi, berinteraksi dengan pemiliknya, serta aktif bermain, bahkan menguasai beberapa trik yang diajarkan. Ternyata, kucing-kucing ini cenderung belajar dengan mengamati contoh di depannya, lalu belajar melakukannya sendiri.

4 dari 4 halaman

Kucing vs Anjing

 Penasaran Seberapa Pintar Kucing Kesayanganmu? Ini Jawabannya!© Shutterstock

Pertanyaan apakah kucing atau anjing yang lebih pintar sudah memicu perdebatan tanpa akhir antara pemilik kucing dan anjing. Sama-sama dianggap cerdas, nyatanya keduanya sulit dibandingkan secara langsung.

Anjing umumnya dianggap lebih pintar karena jauh lebih mudah untuk dilatih. Selain itu, anjing telah dijinakkan lebih lama daripada kucing dan lebih ramah sehingga digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Mulai dari membimbing orang buta, pencarian dan penyelamatan, juga untuk pekerjaan polisi.

Tapi itu hanya satu cara untuk mengukur kecerdasan. Kucing dapat dipandang lebih cerdas justru karena sikap mandiri dan cueknya, yang dianggap punya pola pikir sendiri. Selain itu, kemampuannya ini membuat kucing pernah digunakan untuk mengirimkan pesan dari desa-desa di Belgia di abad ke-19.

Merupakan hewan yang sangat mandiri, mampu memahami banyak hal, bahkan memiliki ingatan jangka pendek dan jangka panjang yang fantastis, nggak heran kalau kucing dianggap sebagai salah satu hewan paling cerdas. Selain terus memberikan stimulasi fisik dalam bentuk permainan, dukung dengan nutrisi yang mengandung asam lemak omega 3 dan 6, seperti yang ada pada Muezza.

 Penasaran Seberapa Pintar Kucing Kesayanganmu? Ini Jawabannya!© Dream

Dibuat tanpa penambahan bahan sintetik, brand makanan kucing halal ini diformulasikan untuk menjaga anabulmu tetap sehat dan aktif. Ada 4 varian citarasa yang bisa dibeli secara online di Shopee dan Tokopedia, yuk beli! (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Terkait
Join Dream.co.id