Parent Talk: 5 Panduan Kesehatan Penting yang Perlu Diperhatikan Para New Moms

Lifestyle | Jumat, 26 Juni 2020 11:02
Parent Talk: 5 Panduan Kesehatan Penting yang Perlu Diperhatikan Para New Moms

Reporter : Wuri Anggarini

Yuk mulai lakukan beberapa tips menjaga kesehatan buat para new mom berikut ini!

Selamat datang di dunia parenting land! Si kecil yang selama ini dinantikan akhirnya hadir di antara ibu dan ayah. Dulu yang hanya berdua, sekarang sudah jadi bertiga. Tangis dan tawanya memenuhi duniamu, pasti bahagia rasanya melihat anggota baru mungil ini benar-benar ada di sisimu kan!

Tapi menjalani peran baru sebagai new mom ternyata banyak tantangannya. Nggak hanya perlu proses adaptasi karena kehidupan sehari-hari yang berubah, ada juga kebingungan soal bagaimana merawat bayi dengan tepat. Supaya bisa mengurus buah hati dengan maksimal, seorang ibu juga harus sehat. Jadi, yuk mulai lakukan beberapa tips menjaga kesehatan buat para new mom berikut ini!

2 dari 6 halaman

Perbanyak Update Informasi Kesehatan untuk Ibu dan Bayi Baru Lahir

Shutterstock© Shutterstock

Sebagai new mom, perasaan ragu dan cemas sering menghantui saat bersama si kecil. Belum lagi banyaknya mitos yang beredar, mulai dari bayi harus digurita atau dibedong agar bentuk tubuhnya normal hingga dilarang keluar rumah sebelum bayi berumur 40 hari. Ada juga mitos seputar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat menyusui yang sering membuat ibu kebingungan, mana sih yang benar?

Jangan langsung mempercayai hal-hal yang belum tentu terbukti kebenarannya, karena bisa membawa dampak buruk buat si kecil maupun kesehatan ibu yang baru melahirkan. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, banyak hoax yang bertebaran. Jangan gampang terjebak mitos yang ada. Cari informasi yang tepat dari dokter, bidan atau sumber lain seperti buku atau situs yang bisa dipercaya.

3 dari 6 halaman

Penuhi Kebutuhan Nutrisi sebagai Asupan Energi Merawat si Kecil

Shutterstock© Shutterstock

Menjadi ibu baru jelas membutuhkan energi yang besar, karena kamu harus selalu siap 24 jam saat si kecil membutuhkan. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan nutrisi ibu terpenuhi dengan baik. Kadang nggak sedikit new mom yang ingin buru-buru diet usai melahirkan demi mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal. Tapi, jangan sampai mengabaikan asupan nutrisi yang tepat karena bisa berujung ibu kehialangan energi untuk merawat si kecil atau malah jatih sakit. 

Menurut situs webMD, kebanyakan ibu yang baru melahirkan butuh 1800-2000 kalori setiap harinya, dengan tambahan 500 kalori jika sedang menyusui. Dalam setiap menu, isi setengah piring dengan buah dan sayuran dan sisanya bisa berupa nasi merah, roti gandum atau oatmeal.

Tambahkan juga protein seperti telur, daging tanpa lemak atau tahu tempe yang membantu tubuh pulih dari proses persalinan. Tak ketinggalan air putih yang cukup, kalsium dari susu rendah lemak, dan zat besi dari daging merah, tahu atau kacang-kacangan.

4 dari 6 halaman

Minta Bantuan Saat Merasa Kelelahan

Shutterstock© Shutterstock

Bukan hanya bayi, ibu pun butuh perawatan usai melahirkan. Apalagi menjadi new mom bukan hal yang mudah dan dapat menguras tenaga maupun memicu stres.

Agar dapat memulihkan fisik dan mental dengan baik, jangan ragu untuk meminta bantuan dari pasangan dan orang-orang di sekitarmu. Libatkan untuk mengurus bayi, membersihkan rumah, memasak hingga belanja kebutuhan sehari-hari. Cara ini dapat membantumu mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan fokus merawat si kecil.

5 dari 6 halaman

Pastikan Cukup Istirahat agar Tubuh Ibu Tetap Fit

Proses melahirkan memang melelahkan, ditambah mengurus bayi yang masih sering terbangun untuk menyusu. Pastikan cukup istirahat untuk menjaga tubuh tetap fit dan punya cukup energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

instagram.com/huggiesindonesia© instagram.com/huggiesindonesia

Awali dengan memastikan si Kecil tidur nyaman di malam hari dan nggak gampang terbangun karena popoknya yang lembap. Gunakan Huggies Dry Diapers, satu-satunya popok yang mampu menyerap 7 gelas cairan dalam waktu kurang dari 30 detik. Dijamin si kecil tetap kering dan nyaman dari kebocoran samping dan belakang di malam hari. Nah, saat bayi terlelap, manfaatkan waktu ini untuk beristirahat, ya.

6 dari 6 halaman

Jangan Lupa Perhatikan Kebersihan Diri, Terutama Area Kewanitaan

Tubuh yang bersih dan segar bukan hanya menjauhkan dari gangguan kesehatan, tapi juga penting dalam menjaga mood dan energi new mom. Seperti saat haid atau hari-hari lainnya, pastikan memilih pembalut dan panty liners yang dapat memberikan Perlindungan Total Anti Bakteri seperti serangkaian produk Kotex.

instagram.com/huggiesindonesia© instagram.com/huggiesindonesia

Kotex Healthy Protection merupakan salah satu jenis produknya. Produk ini adalah yang pertama dan satu-satunya pembalut dengan lapisan Anti Bakteri dengan rangkaian terlengkap. Selain itu, ada juga Kotex Daun Sirih sebagai antiseptik dan dengan wangi alami daun sirih untuk mengurangi bau saat datang bulan.

Yuk, saatnya terapkan beberapa tips di atas karena ibu yang sehat sangat dibutuhkan agar bisa merawat si kecil dengan lebih maksimal!

Terkait
Join Dream.co.id