Nonton Drama Korea Berlebihan, Ini 11 Dampak Negatif Bakal Muncul

Lifestyle | Rabu, 3 Juni 2020 18:33
Nonton Drama Korea Berlebihan, Ini 11 Dampak Negatif Bakal Muncul

Reporter : Arini Saadah

Selain dari segi perilaku, nonton drama Korea yang berlebihan juga berdampak negatif bagi kesehatan.

Dream – Drama Korea sudah sangat populer di Indonesia, khusunya kaum hawa. Mulai dari remaja hingga dewasa bahkan tua pun, drama Korea akrab di telinga mereka. Sangking gemarnya, mereka bisa nonton drama Korea hingga seharian penuh.

Drama Korea yang seringkali terdiri dari banyak episode membuat orang ingin menonton secara terus menerus sampai lupa waktu. Intensitas menonton menjadi lebih banyak jika sudah jatuh hati pada drama Korea.

Meskipun cerita yang disajikan tidak melulu persoalan yang romantis, namun nonton drama Korea yang terlalu berlebihan juga akan menimbulkan dampak yang negatif.

Mengutip Dosen Psikologi, nonton drama Korea akan membuat kejiwaan seseorang menjadi lebih buruk.

Jika kamu termasuk orang yang kecanduan nonton drama Korea, lebih baik ketahui beberapa dampak negatif berikut ini supaya tidak terlalu fanatik dengan drama Korea. Yuk disimak di bawah ini:

2 dari 12 halaman

Lupa Waktu

 Ilustrasi© Pexels

Sepertinya tidak hanya drama Korea saja, akan tetapi nonton film dan bermain gim apapun hingga berlebihan akan membuat seseorang menjadi lupa waktu. Lupa makan, lupa belajar, hingga lupa mandi.

Termasuk para pecandu nonton drama Korea, mereka rela begadang demi menyelesaikan episode hingga terakhir. Hal ini membuat para remaja dan anak usia sekolah menjadi tidak fokus dengan jam belajarnya.

Bahkan sering juga mereka telat datang ke sekolah atau kampus dan dimarahi guru atau dosen. Siapa yang rugi coba?

3 dari 12 halaman

Mood Berantakan

 Ilustrasi© Pexels

Mood akan berubah-ubah saat seseorang nonton drama Korea. Apalagi jika kamu nonton drama Korea hingga seharian penuh.

Perasaan orang yang menonton akan mengikuti alur yang ada di dalam cerita drakor tersebut.

Jika alur cerita senang, kamu akan ikut senang berlebihan, jika alur cerita sedih, kamu akan ikut sedih secara berlebihan bahkan ikut menangis hingga wajahmu sembab. Semua hal itu pasti dirasakan oleh para pecandu drama Korea.

4 dari 12 halaman

Lupa Dunia Nyata

 Ilustrasi© Merdeka.com

Efek yang bahaya dari nonton drama Korea adalah lupa dunia nyata. Para pecandu drama Korea pasti menghayati sebuah cerita drakor hingga terbawa suasana dan perasaan terlalu dalam.

Hal ini menyebabkan seseorang berekspektasi berlebihan alias menghayal menjadi tokoh di dalam cerita. Yang lebih parah, seseorang berharap agar cerita cinta dan hidupmu akan seindah jalan cerita di drama Korea.

5 dari 12 halaman

Ekspektasi Tinggi

 Ilustrasi© Pexels

Pecandu drama Korea seringkali memiliki ekspektasi tinggi disebabkan oleh alur cerita dan tokoh pria yang diidam-idamkan para cewek. Tokoh pria yang romantis, dewasa, dan bertanggungjawab menjadi contoh riil buat kamu bahwa pasangan yang ideal adalah seperti tokoh drama Korea tersebut.

Padahal, dalam dunia nyata, setiap lelaki memiliki karakter dan kondisi hidup yang berbeda-beda. Jika ekspektasimu tidak sesuai dengan kenyataan, kamu bisa sakit hati dan depresi loh Sahabat Dream. Maka dari itu, boleh nonton drama Korea, tapi jangan terlalu berlebihan dan memiliki ekspektasi tinggi.

6 dari 12 halaman

Sedih Mendengar Soundtracknya

 Ilustrasi© Pexels

Seringkali pecandu drama Korea tidak mengerti arti dari soundtrack atau lagu di dalam drama Korea. Namun karena terbawa cerita yang mellow, seseorang akan ikut merasakan kesedihan saat mendengar lagunya.

Kamu juga sangat menyukai mendengar lagu drama Korea yang mellow saat kamu patah hati. Jika kamu mendengar terus-terusan soundtrack drama Korea yang galau, kamu bakalan tetap berada dalam kondisi itu dan gak bisa move on.

7 dari 12 halaman

Menjadikannya Role Model

 Ilustrasi© Netflix

Yang lebih berbahaya dari kecanduan nonton drama Korea adalah karena menjadikannya sebagai role model. Mulai dari gaya bicara, penampilan, cara berjalan, hingga cara bersikap, akan mengikuti aktris drama Korea sebagai role model.

Sampai-sampai makanan dan gaya hidup sehari-hari mengikuti cara mereka. Oh my God, jika kamu mengalami hal semacam ini, lebih baik kamu segera atur ulang mindset supaya tidak terlalu fanatik ya, Sahabat Dream.

8 dari 12 halaman

Ceritanya Terkadang Tidak Realistis

 Ilustrasi© Pexels

Cerita di dalam drama Korea seringkali menggambarkan kehidupan perempuan miskin yang menikah dengan lelaki kaya raya. Kisah-kisah yang disajikan itu membuat para cewek terus bermimpi dan berekspektasi tinggi hingga melupakan dunia nyata.

Hey Girls, jika ingin kaya, usaha donk, jangan mengandalkan menjadi Cinderella seperti di drama Korea!

9 dari 12 halaman

Tidak menyukai produk dalam negeri

 Ilustrasi© Pexels

Dampak negative yang ditimbulkan dari kecanduan nonton drama Korea adalah menyukai produk mereka juga. Ini akan menyebabkan kamu tidak menyukai produk dalam negeri kamu sendiri. Kamu mulai menginginkan barang-barang yang dipakai oleh idolamu.

Hingga kamu akan beralih ke produk-produk yang mereka kenakan. Padahal orang Korea sendiri sangat mencintai produk negerinya loh, apakah kamu tidak ingin mencontoh sikap positif yang semacam ini?

10 dari 12 halaman

Menutup diri dari dunia luar

 Ilustrasi© Pexels

Semua gadget hingga TV kamu gunakan untuk nonton drama Korea, seolah-olah itu membuatmu menutup diri dari dunia luar. Kamu sudah tidak memedulikan berita-berita update di luar seputar drama Korea. Kamu juga ketinggalan info-info tentang pekerjaan dan kebijakan pemerintah tentang Pendidikan maupun pekerjaan.

Alhasil, jika terus menerus seperti itu, kamu menjadi kuper dan tidak kunjung mendapatkan beasiswa sekolah atau pekerjaan mapan. Bahkan saat ada acara keluarga maupun teman-temanmu di luar, kamu justru mengabaikan dan memilih nonton drama Korea saja.

Fix, ini sangat tidak baik untuk kehidupan kamu kedepannya. Kamu perlu bersosialisasi di luar, mengikuti perkembangan informasi, dan memperbaiki hidupmu. Jangan melulu nonton drama Korea hingga dunia terbalik pun, kamu tidak akan sadar.

11 dari 12 halaman

Suka Ngobrolin Drakor

 Ilustrasi© Pexels

Karena sudah nonton banyak drama Korea, dimana pun kamu berada tak mau ketinggalan tentang drama Korea, apalagi saat kamu bertemu teman-teman yang juga sama-sama candu drakor. Kalian akan ngobrolin drakor sepuasnya hingga membuat teman lain yang tidak nonton drama Korea menjadi bosan.

Ingat ya, tidak semua orang nonton drama Korea, bahkan sebagian lainnya tidak menyukai hingga anti. Maka dari itu jangan terlalu berlebihan ngobrolin drakor. Sampai-sampai kamu mengetahui semua hal tentang aktris drakor, mulai dari gaya hidupnya, hingga makanan kesuakaannya. Buat apa, guys?

12 dari 12 halaman

Dampak Buruk Bagi Kesehatan

 Ilustrasi© Pexels

Nonton drama Korea boleh saja ya, Sahabat Dream, yang tidak boleh itu membuat kamu sampai mengalami dampak negatif di atas. Selain dari segi perilaku, dampak negatif nonton drama Korea yang berlebihan juga berdampak negatif bagi kesehatan juga loh.

Banyak duduk di depan layar monitor membuatmu sedikit gerak. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan olahraga cukup. Biasanya nonton drakor juga ditemani cemilan yang membuat berat badanmu naik.

Melansir dari Halodoc, camilan manis yang sering kamu makan saat nonton drakor berjam-jam akan berpotensi menyebabkan diabetes juga. Produktivitas juga menurun karena waktu dihabiskan hanya untuk nonton drama Korea. Maka dari itu, tontonlah drama Korea secara bijak dan jangan berlebihan ya Sahabat Dream.

Join Dream.co.id