Mulai Gaya Hidup Sunstainable dari Kemasan Produk Kecantikan yang Ramah Lingkungan

Lifestyle | Jumat, 19 November 2021 11:36

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Cintai bumi dengan pilih yang lebih ramah lingkungan

Dream - Gaya hidup sustainable atau ramah lingkungan mulai dilakoni oleh banyak perusahaan. Mulai dari hal kecil seperti tidak menyediakan sedotan, hingga pembeli harus membawa tas sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik.

Begitu pula dengan dunia kecantikan. Banyak brand kecantikan mulai menaruh perhatian besar pada pengelolaan limbah kemasan produk. Hal ini agar limbah produk kecantikan tidak terus mencemari lingkungan.

Salah satu yang menerapkan konsep ramah lingkungan ini adalah L’oreal Indonesia. Melalui tiga brand kecantikannya yaitu Garnier, Maybelline Newyork dan L’oreal Paris, perusahaan ini memperkenalkan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

 Loreal© Dream

“ Menyadari dampak yang dihasilkan dari rantai bisnis, kami mengajak para konsumen lebih sadar dengan memulai kebiasaan dengan kemasan kirim yang ramah lingkungan,” jelas Martin Crosnier, General Manager Consumer Product Division L’oreal Indonesia, pada konferensi virtual, Kamis 18 November 2021.

Mulai Gaya Hidup Sunstainable dari Kemasan Produk Kecantikan yang Ramah Lingkungan
Sumber Foto: Shutterstock
2 dari 3 halaman

Kemasan Kirim Ramah Lingkungan

Kini, produk-produk kecantikan dari Garnier, Maybelline New York dan L’oreal Paris menggunakan kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan dengan meniadakan plastik sebagai pembungkus tambahan.

Tiga komponen utama kemasan kirim yang dipakai adalah flute liner yang berbahan kertas untuk mengganti bubble wrap, selotip plastik diubah menjadi selotip kertas, lalu menggunakan kardus yang telah menerima sertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council).

Sertifikasi tersebut adalah bukti bahwa asal usul bahan baku yang digunakan dalam proses produksinya dipastikan berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

3 dari 3 halaman

Kurangi 48 Ton Sampah Plastik per Tahun

Dari langkah awal mengurangi plastik ini, diestimasi L'Oréal Indonesia dapat menggantikan 48 ton plastik kemasan pengiriman menjadi kemasan kirim lebih ramah lingkungan dalam satu tahun. Kemasan kirim lebih ramah lingkungan ini telah diaplikasikan ke empat official store L'Oréal di Shopee.

Mengganti semua kemasan pengiriman plastik menjadi lebih ramah lingkungan, L'Oréal Indonesia didukung oleh salah satu e-commerce, Shopee.

Shopee memfasilitasi gudang mereka untuk menyediakan area pengemasan khusus yang ramah lingkungan.

 Loreal© Dream

“ Ini langkah awal membantu konsumen dan pengguna untuk membuat pilihan ramah lingkungan dengan lebih mudah dan nyaman, dimulai dengan pembelian produk-produk kecantikan L'Oréal dengan kemasan yang ramah lingkungan,” jelas Putri Lukman, Head of FMCG Shopee Indonesia pada kesempatan yang sama.

Join Dream.co.id