Mobil Murah Suzuki Karimun Wagon R 'Disuntik Mati', Kurang Laku?

Automotive | Rabu, 24 November 2021 17:59

Reporter : Alfi Salima Puteri

Ini alasan Suzuki menghentikan Karimun Wagon R untuk pasar Indonesia.

Dream - Penjualan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) alias Low Cost Green Car (LCGC), Karimun Wagon R di dalam negeri resmi telah dihentikan.

“ Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," kata Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia dalam keterangan tertulis, Rabu 24 November 2021.

 Suzuki Karimun Wagon R© Istimewa

Menurutnya Suzuki Indonesia kedepannya berkomitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan, sehingga mengharuskan perusahaan mengalihkan prioritasnya.

" Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini," tutur Shodiq.

Untuk itu, butuh berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid.

Mobil Murah Suzuki Karimun Wagon R Disuntik Mati, Kurang Laku?
Suzuki Karimun Wagon R
2 dari 2 halaman

Meski dihentikan di pasar lokal, permintaan Suzuki Karimun Wagon R di beberapa negara di Asia Timur masih tinggi. Salah satu negara yang memiliki permintaan Karimun Wagon R tertinggi ialah Pakistan.

Menurut catatan Suzuki Indonesia, pencapaian ekspor selama Januari – Agustus 2021 dipimpin oleh Karimun Wagon R dengan angka 12.500 unit dan disusul oleh model lain seperti XL7 dan Suzuki Ertiga dan Carry.

 Suzuki Karimun Wagon R© Istimewa

Karimun Wagon R dibekali dengan mesin konvensional 3 silinder berkapasitas 1.0- iter yang dikawinkan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis AGS 5-percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 62 ps dan torsi puncak yang mencapai 90 Nm.

Di Indonesia, Suzuki Karimun Wagon R dijual dengan beberapa pilihan warna yakni Graphite Grey, Silky Silver, Burgundy Red, Cool Black, Pearl White, dan Radiant Red. Terkait harga, pilihannya yakni BLIND VAN Rp134,5 juta; GL M/T Rp137,7 juta; GL AGS Rp147 juta; GS M/T Rp146,3 juta; serta GS AGS Rp155,2 juta on the road Jakarta.

Join Dream.co.id