Mereka Ramai-ramai Hijrah

Lifestyle | Senin, 26 Maret 2018 20:15
Mereka Ramai-ramai Hijrah

Reporter : Rizki Astuti

Awal tahun ini menjadi momen bersejarah bagi dunia hiburan tanah air. Sejumlah artis memutuskan untuk berhijab.

Dream - Berhijab hijau tosca. Perempuan itu tampak anggun. Gaya simpel. Tak neko-neko. Hanya kerudung segiempat, dilipat. Bagian ujung dililit dan diikat ke belakang leher. Baju krem menambah kesan kalem. Benar-benar terlihat adem.

Foto itu memang tampak biasa. Tapi jangan salah, maknanya istimewa. Diunggah ke media sosial sesudah gambar-gambar di Tanah Suci. Potret ini sebagai pertanda kehidupan baru. Jadi penegas keputusan hijrah.

Perempuan dalam foto itu adalah Tika Bravani. Artis yang baru saja memutuskan berhijab. Melalui unggahan foto ke Instagram pada 12 Maret 2018 itu, dia mendeklarasikan diri untuk berubah.

“Berubah. Satu kata yang mengkhawatirkan sekaligus menantang,” tulis Tika Bravani pada unggahan foto tersebut. Setelah itu, tak ada lagi gambar bertelanjang kepala. Semua berkerudung. Menutup aurat.

Tika benar. Tak mudah untuk berubah. Apalagi berhijrah. Pasti penuh liku. Ada gejolak hati. Lima belas tahun menyelami gemerlap dunia hiburan, pasti tak bisa begitu saja mengubah penampilan.

Dengarlah kisah masa lalu ini. Saat Tika berperan dalam film Hijab. Empat tahun lalu, perempuan kelahiran Denpasar itu sudah mengaku ingin berkerudung. Dia sadar, menutup aurat adalah perintah agama. Hukumnya wajib.

Tapi kala itu hati belum kuat. Profesi artis jadi alasan jadi alasan klasik. Dia masih ingin akting berbagai karakter, terutama peran tanpa hijab. Dalih itu membuatnya belum siap.

“Saya masih bingung sih. Karena kan profesi saya aktris, sementara saya masih ingin memerankan peran-peran yang tidak Islami,” ujar Tika.

Lidah boleh berkilah. Tapi hati tak gampang dibohongi. Getaran itu kembali muncul saat umroh awal tahun ini. Di Tanah Suci itu dia bertanya pada teman serombongan tentang perintah menutup aurat dalam agama.

“Dia bilang yang penting jilbabin hati saja dahulu, baru di luarnya,” kata Tika. Dia tak puas dengan jawaban itu. Hatinya kurang setuju. Tapi memilih tak melanjutkan diskusi.

Dua hari berselang, tibalah kisah itu. Saat masjid di Tanah Suci padat, dia terpisah dari rombongan. Dia lantas bertemu wanita asing yang bertanya asal-usulnya. Perempuat tak dikenal itu melihat dan bertanya soal foto di tanda pengenal Tika yang memang tidak berhijab.

“Dia sampai nanya, 'Kamu Muslimah? Kok enggak pakai jilbab?” kata Tika, mengenang pengalamannya di Tanah Suci. Sejak itulah hatinya tergugah. Niatnya menjadi mantap. Tak ada lagi alasan menolak perintah berhijab.

Melalui unggahan foto di Instagram itu pula Tika menegaskan niatnya untuk istikamah berhijab. “Ketika sudah ada niat itu, tidak ada satu hal pun yang bisa menghalangi. Identitas baru ini mengiringi proses belajarku bekal dunia dan akhirat,” tulis Tika.

Perempuan 28 tahun itu bukan satu-satunya artis yang memutuskan berhijab awal tahun ini. Selain Tika, ada sederet artis yang memutuskan menutup aurat.

Para artis itu antara lain Fenita Arie, Cinta Penelope, Vebby Palwinta, dan Tia Ivanka. Berikut kisah mereka:

2 dari 6 halaman
Terkait
Deretan Potret Tampan Cucu Soekarno Yang Beranjak Remaja
Join Dream.co.id