Mereka Ramai-ramai Hijrah

Lifestyle | Senin, 26 Maret 2018 20:15
Mereka Ramai-ramai Hijrah

Reporter : Rizki Astuti

Awal tahun ini menjadi momen bersejarah bagi dunia hiburan tanah air. Sejumlah artis memutuskan untuk berhijab.

Dream - Berhijab hijau tosca. Perempuan itu tampak anggun. Gaya simpel. Tak neko-neko. Hanya kerudung segiempat, dilipat. Bagian ujung dililit dan diikat ke belakang leher. Baju krem menambah kesan kalem. Benar-benar terlihat adem.

Foto itu memang tampak biasa. Tapi jangan salah, maknanya istimewa. Diunggah ke media sosial sesudah gambar-gambar di Tanah Suci. Potret ini sebagai pertanda kehidupan baru. Jadi penegas keputusan hijrah.

Perempuan dalam foto itu adalah Tika Bravani. Artis yang baru saja memutuskan berhijab. Melalui unggahan foto ke Instagram pada 12 Maret 2018 itu, dia mendeklarasikan diri untuk berubah.

“Berubah. Satu kata yang mengkhawatirkan sekaligus menantang,” tulis Tika Bravani pada unggahan foto tersebut. Setelah itu, tak ada lagi gambar bertelanjang kepala. Semua berkerudung. Menutup aurat.

Tika benar. Tak mudah untuk berubah. Apalagi berhijrah. Pasti penuh liku. Ada gejolak hati. Lima belas tahun menyelami gemerlap dunia hiburan, pasti tak bisa begitu saja mengubah penampilan.

Dengarlah kisah masa lalu ini. Saat Tika berperan dalam film Hijab. Empat tahun lalu, perempuan kelahiran Denpasar itu sudah mengaku ingin berkerudung. Dia sadar, menutup aurat adalah perintah agama. Hukumnya wajib.

Tapi kala itu hati belum kuat. Profesi artis jadi alasan jadi alasan klasik. Dia masih ingin akting berbagai karakter, terutama peran tanpa hijab. Dalih itu membuatnya belum siap.

“Saya masih bingung sih. Karena kan profesi saya aktris, sementara saya masih ingin memerankan peran-peran yang tidak Islami,” ujar Tika.

Lidah boleh berkilah. Tapi hati tak gampang dibohongi. Getaran itu kembali muncul saat umroh awal tahun ini. Di Tanah Suci itu dia bertanya pada teman serombongan tentang perintah menutup aurat dalam agama.

“Dia bilang yang penting jilbabin hati saja dahulu, baru di luarnya,” kata Tika. Dia tak puas dengan jawaban itu. Hatinya kurang setuju. Tapi memilih tak melanjutkan diskusi.

Dua hari berselang, tibalah kisah itu. Saat masjid di Tanah Suci padat, dia terpisah dari rombongan. Dia lantas bertemu wanita asing yang bertanya asal-usulnya. Perempuat tak dikenal itu melihat dan bertanya soal foto di tanda pengenal Tika yang memang tidak berhijab.

“Dia sampai nanya, 'Kamu Muslimah? Kok enggak pakai jilbab?” kata Tika, mengenang pengalamannya di Tanah Suci. Sejak itulah hatinya tergugah. Niatnya menjadi mantap. Tak ada lagi alasan menolak perintah berhijab.

Melalui unggahan foto di Instagram itu pula Tika menegaskan niatnya untuk istikamah berhijab. “Ketika sudah ada niat itu, tidak ada satu hal pun yang bisa menghalangi. Identitas baru ini mengiringi proses belajarku bekal dunia dan akhirat,” tulis Tika.

Perempuan 28 tahun itu bukan satu-satunya artis yang memutuskan berhijab awal tahun ini. Selain Tika, ada sederet artis yang memutuskan menutup aurat.

Para artis itu antara lain Fenita Arie, Cinta Penelope, Vebby Palwinta, dan Tia Ivanka. Berikut kisah mereka:

2 dari 6 halaman

Fenita Arie

Sebelum Tika Bravani, Fenita Arie lebih dulu berhijrah. Tepat di awal tahun, presenter acara gosip ini berhijab. Keputusan itu membuat geger pengguna media sosial.

Niat berhijab sudah dua tahun diemban istri Arie untung ini. Hati tersentuh saat melihat sang suami yang mulai memperdalam agama. Berbagai kajian dia datangi. Ceramah para ustaz di Youtube dia tonton. “ Semua mengatakan wanita Muslim itu wajibnya berhijab.”

Keinginan berhijrah semakin kuat saat menerima titipan buku agama dari seorang ustaz melalui suaminya. Buku itu tentang hijab. Tapi dia belum bersikap. Masih bimbang. Namun di hati kecilnya masih menyimpan keinginan berhijab. Dia bernazar untuk berhenti dari acara infotainment dan berhijab.

Janji sudah kadung terucap. Tapi Fenita masih menunda berhijab. Sampai November tahun lalu, dia tersiram air panas. Pahanya melepuh. Lukanya selebar loyang pizza. Dia harus menjalani operasi.

Fenita serasa ditampar. Tak pikir panjang. Fenita memutuskan untuk berhijab. Keputusan itu tak lantas mengurangi rezeki di dunia hiburan. Dengan penampilan baru, Fenita mendampingi suami di salah satu acara islami di layar kaca.

3 dari 6 halaman

Cinta Penelope

Siapa tak kenal dengan wanita 33 tahun ini. Biduan tenar itu lekat dengan kesan seksi. Tampilannya selalu bikin hati lelaki berdesir. Mengunggah birahi. Kini, semua berubah drastis. Tepat 1 Januari Cinta Penelope berhijab.

Keputusan berhijab tidak lepas dari peranan ustaz Abdul Somad. Ustaz yang baru tenar itu berani menghina “ Keong Racun”, single yang telah mengantarkannya ke dunia hiburan di hadapan jemaah tablig akbar di berbagai masjid.

Cinta geram. Dia tak terima lagu kebanggaan itu dikecilkan. Setelah mencari tahu sosok Abdul Somad dan menonton ceramahnya, api amarah berkobar mulai padam. Hatinya berubah tentram. Ceramah itu mengubah jiwa. Menuntunnya ke jalan hijrah, berhijab.

Sekarang, tak ada lagi busana mini. Kini dia mengenakan hijab syar'i. Dia juga lebih memilih dalam bekerja. Agenda yang tak bisa dijalani dengan hijab dia tinggal. Meski jadi tulang punggung keluarga, Cinta tak takut miskin dengan keputusan ini.

“ Ibaratnya dalam aku mencari Allah, mau dimiskinkan seperti apapun juga Insya Allah aku diperkaya dengan iman,” kata dia.

Kini, hari-hari Cinta Penelope diisi dengan kegiatan religi. Dia semakin kerap keluar-masuk kampung. Bukan untuk menyanyi lagi, apalagi dengan goyangan yang membuat jakun lelaki naik-turun. Dia kini rajin blusukan untuk memakmurkan masjid dan mushola.

4 dari 6 halaman

Vebby Palwinta

Dunia hiburan jadi tembok pembatas artis muda ini berhijrah. Keinginan yang sudah empat tahun terucap terus ditimbang. Karier Vebby Palwinta memang tengah moncer di dunia hiburan. Kontrak dengan berbagai judul sinetron masih menjadi kewajiban.

Hati tidak bisa bohong. Rasa gundah menghantui tiap malam. Kegalauan terus merasuk dalam pikiran. Salat istikharah menjadi jawaban untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT.

“ Tiba-tiba kenapa pas kemarin itu, ada kejadian di mimpi. Mimpinya tidak bisa kujelasin tentang apa, tapi paginya langsung nanya ke mama, konsultasi ke mama, ya sudah langsung pakai jilbab,” tuturnya.

Tanggal 8 Januari 2018 dipilih Vebby sebagai hari pertama mulai mengenakan hijab. Rasa gundah hilang. Batinnya senang mewujudkan keinginan yang terpendam sejak lama.

“ Tidak direncanain buat pakainya pas tahun baru. Tapi tidak tahu kenapa, pas di tahun baru ini malah lebih yakin gitu. Dorongan dari orang tua juga sih, sudah berhijab kan. Mereka emang tidak maksa tapi ngasih tahu.”

5 dari 6 halaman

Tia Ivanka

Generasi 90-an mungkin tak asing lagi. Wajah cantiknya muncul di berbagai judul sinetron. Namun peran Mbak Yul di sinetron 'Tuyul dan Mbak Yul' paling membekas diingatan.

Wanita itu adalah Tia Ivanka. Sudah lama dia tak menghiasi layar kaca. Tapi tepat di 10 Januari 2018, dia mengejutkan para penggemar.

Tia mengunggah foto bersama sang buah hati, Micah Jayden Sotello. Penampilannya berbeda. Dia mengenakan hijab krem dipadukan atasan hitam. Wanita 39 tahun ini hijrah.

Tak sedikit ungkapan resmi berhijab yang muncul baik di media sosial maupun mulut Tia. Tapi doa terus mengalir. Penggemar riuh. Kolom Komentar penuh dengan pujian. Mereka berdoa agar Tia istiqamah di jalan Allah.

“ Amin Amin Amin buat semua doa nya , doain terus ya maaf saya gak bisa balas satu persatu... peluk kalian semua,” balas Tia.

6 dari 6 halaman

Kartika Putri

Berkiprah sejak tujuh tahun silam, dara kelahiran Palembang ini telah malang-melintang di dunia hiburan. Moncer sebagai presenter, dia merambah dunia peran. Terlibat di sejumlah sinetron, juga berlakon di layar lebar.

Selama itu kesan seksi disandang. Maklum, busananya serba minim dan ketat. Mengumbar aurat. Tapi belum lama, dia membuat geger dunia maya. Banyak yang kaget dengan keputusan mendadak hijrah.

Ya, Kartika Putri menambah lagi deretan artis berhijab. Dia takut mati. Tepat Januari awal tahun baru mimpi buruk datang. Mimpi itu membawanya untuk berhijab.

“ Aku mimpi disholatin, dingajiin sama mama, kondisinya aku jadi mayat. Di situ aku enggak terima bahwa aku enggak mau mati dulu. Enggak mau,” katanya.

Kini, tak ada lagi foto-foto seksi di akun media sosialnya. Semua telah dihapus. Doa dan dukungan mengalir untuknya. Meski berhijrah, Kartika tak takut kehilangan rezeki di dunia hiburan.

“ Enggak ada keraguan, semua penuh keyakinan dan aku sampai bilang risiko apapun itu aku akan jalanin. Tapi alhamdulillah semuanya lancar.”

Terkait
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id