Mengintip Bisnis Kosmetik Tina Toon, Mantan Artis Cilik yang Jadi Politisi

Lifestyle | Selasa, 25 Februari 2020 13:13
Mengintip Bisnis Kosmetik Tina Toon, Mantan Artis Cilik yang Jadi Politisi

Reporter : Syahid Latif

Tina Toon mengajak keluarganya untuk membantu mengurus bisnisnya.

Dream - Mantan artis cilik yang kini menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, Tina Toon, takkan meninggalkan passionya di dunia kecantikan. Tina yang menjadi politisi dari PDI Perjuangan  ingin tetap mengejar cita-citanya sebagai pebisnis yang belum tercapai.

Wanita kelahiran 20 Agustus 1993 tersebut kini tengah mencoba peruntungannya dengan merintis bisnis skincare dan makeup. Dengan merek dagang Aramuze Cosmetic, Tina menjalani bisnis dibantu oleh keluarganya karena kesibukannya yang bertambah sejak menjadi anggota DPRD Jakarta.

" Dari dulu, sebenarnya dari waktu magang, sampai sekarang pekerjaannya di kosmetik, jadi kalau bisa dapat penghasilan tambahan, ya kenapa engga," ucap Tina Toon saat menghadiri launching buku Jakartaholic karya Dita Soedarjo di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin 24 Februari 2020.

Menurut Tina, strategi pemasarannya di luar Jakarta saat ini masih berfokus pada pola offline. Sementara untuk pasar Jakarta, pembeli sudah bisa memesananya secara online melalui platfrom e-Commerce.

Beragam produk makeup dari brandnya adalah skincare, facial foam, cream, dan serum. Sedangkan untuk produk makeup, Tina baru menyediakn lipstick dan bedak.

" So far itu dulu, karena kan harus pengembangan dulu, kalau udah stabil baru kita tambah lagi," kata pelantun lagu " Bolo-Bolo" tersebut.

Tina juga menyasar pasar kelas menengah bawah untuk produk kecantikannya. Rata-rata harga jual produknya di bawah Rp 100 ribu.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Masa Lalu Jadi Bekal

" Ini sangat affordable," ujarnya. 

Tina mengatakan pengalamannya saat mendapat hasil kurang memuaskan saat berobat ke dokter membuatnya memutuskan untuk memproduksi produk kecantikan sendiri.

Kala itu, kenang Tina, wajah sempat mengalami jerawatan meski di awalnya penangan dokter cukup memuaskan. " Akhirnya muka aku mengelupas dan rusak, jadi aku mendalami dan evaluasi biar gak pada tertipu dengan kosmetik yang bahannya berbahaya," ujar wanita berumur 26 tahun tersebut.

Berbekal pengalamannya saat dulu bekerja di dunia kosmetik, dari mulai brand high-end sampai bisnis MLM, Tina mencoba mendalami apa saja bahan-bahan yang digunakan.

" Oh i know the ingredients, dan ini kalau dibikin lebih kecil dan ingredientsnya bisa dengan yang punya khasiat sama, dan researchnya lebih bagus serta affordable, boleh deh," kata Tina.

Sejak diperkenalkan pada Agustus 2019 lalu, Tina mengaku telah berhasil menjual produk sampai 100 ribu buah.

Tina berharap dengan membuat brand kecantikan tersebut agar semua kalangan dapat memakai skincare yang qualify dan murah, tetapi bukan murahan, karena dibuat dengan bahan-bahan yang aman dan berkualitas.

(Laporan: Raissa Anjanique Nathania)

3 dari 4 halaman

Gaya Tina Toon Saat Pertama Masuk Kerja sebagai Anggota DPRD DKI

Dream - Tina Toon resmi menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. Mantan penyanyi cilik itu memamerkan gayanya saat pertama kali masuk kerja sebagai anggota Dewan.

Pada foto yang diunggah ke Instagram, dara bernama asli Agustina Hermanto itu terlihat duduk di ruang kerja. Dia tampil kasual. Berkaos hitam dengan lapisan jaket putih.

Ada dua foto yang diunggah. Dalam foto pertama, pelantun tembang Bolo-Bolo itu terlihat duduk santai sambil membaca buku. Pada foto ke dua, dia terlihat sedang berbincang dengan seseorang di sebelahnya.

 tina toon© tina toon

Tina Toon (Instagram @tinatoon101)

" Politician Lifeee... Adaptasi, Persiapan, Baca Belajar Nanya Diskusi, Planning, Semua Semua Semua, Jadi Pas AKD Terbentuk Tatib Kelar Bisa Gaspol," tulis Tina Toon dikutip Dream, Kamis 29 Agustus 2019.

Dara 26 tahun ini rupanya tertarik dengan bidang kesejahteraan rakyat. Oleh karena itulah Tina Toon berharap duduk di Komisi E yang mengurus bidang kesehatan dan pendidikan.

" Semoga di Komisi E Ya Kesehatan , Pendidikan , Kesejahteraan Masyarakat #TinaToon #DPRDDKIJakarta #WorkWithStyle #Milenials #DewanMuda #DewanAsik #PalingPentingKerja #BerjuangAbis," tuturnya.

 Tina Toon (foto : @tinatoon101)© Tina Toon (foto : @tinatoon101)

Tina Toon (foto : @tinatoon101)

Unggahan Tina Toon langsung dibanjiri ucapan selamat warganet. Banyak doa agar Tina amanah dalam bekerja mewakili rakyat di kursi DPRD.

" Sukses terus kak, semoga amanah bagi masyarakat,"  tulis akun @arimranm.

" Selamat bekerja, semoga amanah,"  tulis akun @djo_hahn.

" Selamat tina, smoga amanah,"  kata akun @gracielawiki.

4 dari 4 halaman

Artis Antre Jadi Caleg, Tina Toon: Lihat Garis Tangannya

Dream - Tina Toon ikut mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (Caleg) lewat partai PDI Perjuangan. Mantan artis cilik ini menambah daftar para pesohor yang ingin menjajal karier baru menjadi peolitisi.

Selain Tina, beberapa artis lain seperti Nafa Urbach, Edis Adelia, Olla Ramlan, Ahmad Dhani, Angel Lelga, dan Charlie ST12 juga dikabarkan ikut menjajal peruntungan di Pemilu tahun depan. 

Bersaing dengan artis senior, tak membuat Tina gentar. Baginya, para artis yang melamar menjadi Caleg bukan bertujuan untuk saling bersaing. 

"Kalau di tahun politik, semua bisa berpartisipasi dari artis, dokter, pengacara, apapun profesinya bisa mencalonkan diri. Jadi balik lagi itu dari partainya masing-masing, ada juga yang individu maju, jadi menurut aku bukan tujuan bersaing," kata Tina saat di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis 18 Juli 2018.

Wanita 24 tahun ini mengaku pasrah dengan peluang dirinya terpilih menjadi anggota DPR. Baginya terpilih atau tidaknya seseorang menjadi politisi sudah menjadi keputusan yang digariskan Yang Kuasa.

"Itu sebenarnya udah garis tangan sih ya, lagian jadi politisi juga kan dilihat dari garis tangannya. Kalau Tuhan mengizinkan terus juga rakyat mengizinkan dan memilih kita, ya dijalanin. Tapi kalau pun tidak, setidaknya aku bisa banyak belajar, berkontribusi di politik,"ucapnya.

Tina mengatakan niatnya maju dalam bursa Caleg karena ingin membuat Indonesia lebih maju. Dia tak ingin niat tersebut terpinggirkan hanya karena memikirkan pesaing yang sebagian besar berasal dari kalangan artis senior.

"Balik lagi tujuan kita apa, karena bukan pesaing dari artis saja, sesama partai pun kita ada saingan," tuturnya.

(Sah)

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id