Mengenal Zardozi, Teknik Jahit dari India

Lifestyle | Rabu, 21 Agustus 2019 07:16
Mengenal Zardozi, Teknik Jahit dari India

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Tenun khas Negeri Anak Benua dirancang dengan teknik zardozi yang rumit.

Dream - Indonesia memiliki karya seni kain tenun yang tersebar di pelosok Nusantara. Setiap daerah memiliki teknik membuat tenun yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tenun khas India.

Teknik bordir Zardozi merupakan metode tradisional khas Negeri Anak Benua. Zardozi berasal dari penggabungan dua kata Zar dan Dozi yang dalam bahasa Persia berarti emas dan bordir.

Kain itu merupakan karya bordir yang dilakukan dengan memakai kawat logam. Logam dilelehkan dan ditekan melalui lembaran baja berlubang, kemudian dipalu menjadi tipis.

 India

Foto: Alfi Salima Puteri/Dream

Zardozi, merupakan versi yang lebih rumit dari Zari, melibatkan penggunaan benang emas, spangles, manik-manik, mutiara biji, kawat dan Gota.

Hasil karya bordir dengan teknik Zardozi dipamerkan lewat koleksi ‘Radiance From The East’ karya Elga Naldy, desainer dari label Elga Hariani di ajang bergengsi Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2019.

 India

Foto: Alfi Salima Puteri/Dream

“ Proses pembuatan 10 koleksi baju dengan teknik Zardosi memakan waktu kurang lebih satu tahun,” ujar Elga di arena JFFF, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin 19 Agustus 2019.

Kain Zardozi memakan waktu cukup lama karena hanya dapat dijahit oleh orang yang sama dari awal hingga akhir proses pembuatannya.

 Tenun

Foto: Alfi Salima Puteri/Dream

“ Karena ini merupakan detail handwork, maka tidak bisa dilanjukan oleh yang berbeda. Semuanya dijahit dengan tangan, bukan mesin,” jelas Elga pada kesempatan yang sama.

(ism, Laporan : Alfi Salima Puteri)

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id