Mengenal Sunnah Rasulullah dan Mengapa Seorang Muslim Perlu Mengamalkannya?

Lifestyle | Kamis, 24 November 2022 18:48

Reporter : Wuri Anggarini

Sebenarnya apa sih sunnah itu dan seberapa pentingnya menjalankan sunnah bagi seorang Muslim? Cari tahu lebih lanjut, Sahabat Dream!

Sebagai seorang Muslim, menjalankan ibadah yang hukumnya wajib memang menjadi sebuah keharusan. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar selalu berada dalam tuntunanNya dalam menjalani berbagai hal dalam hidup. Namun selain ibadah wajib, ada juga berbagai sunnah atau kebiasaan yang diajarkan oleh Rasulullah. 

Sebenarnya apa sih sunnah itu dan seberapa pentingnya menjalankan sunnah bagi seorang Muslim? Cari tahu lebih lanjut, Sahabat Dream!

Sunnah Rasul Membawa Kebaikan dan Manfaat dalam Hidup Seorang Muslim

Mengenal Sunnah Rasulullah dan Mengapa Seorang Muslim Perlu Mengamalkannya?© Shutterstock

Sering mendengar istilah sunnah, tapi masih belum memahami maksudnya? Secara sederhana, sunnah Rasul dapat diartikan sebagai semua amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam ilmu fiqih, sunnah merupakan amalan yang dianjurkan, bila dikerjakan akan mendapat pahala dan bagi yang meninggalkan hukumnya tidak berdosa. Demi menyempurnakan ibadah sebagai seorang Muslim, melakukan berbagai sunnah merupakan upaya mendapatkan pahala dan ridha di sisi Allah SWT.

Lalu, seberapa penting sih menjalankan sunnah Rasul bagi seorang Muslim? Mengingat segala hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad mengandung kebaikan, maka menjalankan sunnah sangat penting karena membawa manfaat khususnya untuk diri sendiri. Dengan menjalani sunnah, artinya sebagai Muslim berupaya sebaik-baiknya untuk melakukan berbagai kebaikan yang dapat menyempurnakan ibadahnya di mata Allah SWT.

Mengenal Sunnah Rasulullah dan Mengapa Seorang Muslim Perlu Mengamalkannya?© Dream

Sunnah Rasul Paling Ringan yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Mengenal Sunnah Rasulullah dan Mengapa Seorang Muslim Perlu Mengamalkannya?© Shutterstock

Selama hidupnya, ada banyak sunnah Rasul yang bisa diterapkan sehari-hari. Nah, salah satu sunnah paling ringan yang ternyata membawa banyak kebaikan adalah tersenyum kepada sesama. Yup, siapa sangka kalau hal sederhana seperti tersenyum ternyata bisa membawa banyak manfaat!

Senyum merupakan ekspresi yang menunjukkan emosi positif. Orang yang sering tersenyum akan dianggap ramah dan menyenangkan. Selain itu, mereka juga bisa menularkan energi positifnya untuk orang lain juga. 

Dalam Islam, senyum dianggap sebagai tanda kemuliaan akhlak seseorang. Rasulullah sendiri cukup sering menganjurkan para sahabatnya untuk tersenyum yang tercatat dalam berbagai kumpulan hadist sebagaimana yang dilansir dari situs Muslim.id. 

Dari Abu Dzar RA yang dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi).

Selain itu, saah satu sahabat mulia Rasulullah Jarir bin Abdullah al-Bajali radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melarangku untuk menemui beliau sejak aku masuk Islam, dan beliaushallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandangku kecuali dalam keadaan tersenyum di hadapanku” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lain, Rasulullah juga menganjurkan untuk melakukan sedekah lewat senyuman. “Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia dengan hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu.” (HR al-Hakim). 

Mengingat banyaknya hadist yang menjelaskan tentang anjuran untuk tersenyum, sebagai seorang Muslim hendaklah untuk mulai menerapkan sunnah Rasul yang satu ini karena dapat memberikan kebaikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Dukung Masyarakat Muslim #AmalkanSenyuman

Mengenal Sunnah Rasulullah dan Mengapa Seorang Muslim Perlu Mengamalkannya?© Pepsodent

Sebuah senyuman ternyata memiliki makna mendalam, bahkan bisa menjadi ladang pahala. Untuk mendukung masyarakat Muslim di tanah air mengamalkan senyuman, Pepsodent pun menggelar berbagai kegiatan menarik dan inspiratif. Salah satunya adalah Peringatan Maulid Nabi yang dihadirkan oleh Pepsodent x Dream di Masjid Istiqlal Jakarta. 

Ada berbagai rangkaian kegiatan menarik yang berlangsung di bulan Oktober lalu. Mulai dari Kirab Akbar yang melibatkan sekitar 5.000 siswa-siswi MTsN Jakarta, Gebyar Seni Budaya, Santunan Anak-Anak Panti Asuhan, hingga Talkshow yang mengusung tema Amalkan Senyum Tauladan Mencintai Rasul yang menjadi inti acara. Selain itu, Pepsodent juga menggelar acara Story Night Nouman Ali Khan yang sukses berlangsung di ICE BSD 12 Oktober lalu. 

Dinda Hauw dan Rey Mbayang Ajak Masyarakat Ikuti 21 Days Sunnah Challenge

Mengenal Sunnah Rasulullah dan Mengapa Seorang Muslim Perlu Mengamalkannya?© Pepsodent

Dalam sesi talkshow yang berlangsung pada acara Peringatan Maulid Nabi lalu, pasangan selebriti Dinda Hauw dan Rey Mbayang berbagi inspirasi dalam menjalankan sunnah sehari-hari. Mereka pun mengajak masyarakat Muslim di tanah air untuk membiasakan diri mengamalkan sunnah Rasulullah selama 21 hari lewat #21DaysSunnahChallenge. Tujuan dari challenge ini adalah untuk membentuk kebiasaan baik agar masyarakat meneladani Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari untuk merasakan manfaat yang lebih dalam hidup mereka. 

Banyak banget inspirasi yang dihadirkan oleh Pepsodent dalam mendukung masyarakat Muslim #AmalkanSenyuman sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Ke depannya, Pepsodent Herbal dan Pepsodent Siwak Habatussauda juga akan terus berusaha menggelar berbagai event menarik lainnya untuk menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Salah satu agenda menarik yang wajib dinantikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sambil melakukan kebaikan adalah Sahur Amal yang akan berlangsung tahun depan. So, tungguin updatenya ya, Sahabat Dream! 

Terkait
Join Dream.co.id