Mengenal Oud, Parfum Arab yang Aromanya Tajam dan Tahan Lama

Lifestyle | Rabu, 11 Desember 2019 12:36
Mengenal Oud, Parfum Arab yang Aromanya Tajam dan Tahan Lama

Reporter : Cynthia Amanda Male

Seperti apa sih?

Dream - Belakangan ini, jenis parfum Oud mulai dikenal banyak kalangan. Jenis parfum asal dari Timur Tengah ini beberapa kali disebutkan Content Creator seperti Tasya Farasya dan Ussy Sulistiawaty. Pasalnya, parfum Oud memiliki aroma yang kuat dan tahan lama.

" Aroma parfum Oud yang cukup kuat biasanya kurang cocok dengan seseorang. Tapi lama kelamaan, aroma Oud mulai disukai," tutur Parizot Didier, General Manager PT Iberchem Indonesia dalam peluncuran parfum kolaborasi PT Aroma Prima Livindo dan Warner Bros di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Desember 2019.

 Aroma Prima

Tim PT Aroma Prima Livindo/Foto: Dream-Cynthia Male

2 dari 5 halaman

Aroma Pohon Sakti

Parizot mengungkapkan bahwa aroma Oud pertama kali dibuat di India dan berasal dari getah sebuah pohon.

" Wewangian itu diambil dari pohon yang 'sakit' dan mengeluarkan getah. Oud merupakan wangi dari getah tersebut."

Namun sayangnya, produksi Oud tidak lagi berpusat di India. Kini, pohon tersebut lebih banyak ditanam di Vietnam dan Kamboja.

Sedangkan, parfum Oud lebih banyak dijual di Timur Tengah dan dibuat di berbagai belahan dunia.

" Beberapa brand terkenal sudah membuat parfum yang mengandung Oud dan dijual di berbagai belahan dunia. Aromanya sangat menyegarkan dan tahan lama," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Harga Tak Murah

 shutterstock

Selain aroma Oud, terdapat parfum dengan campuran rose dan saffron, yaitu Mukhallat.

" Itu juga merupakan jenis Oud yang sangat disukai," imbuhnya.

Meskipun memiliki aroma yang sangat harum dan tahan lama, namun Oud dibanderol dengan harga cukup mahal. Harga parfum yang menyerupai aroma masjid Quba dan Nabawi ini berkisar 150-200 Real.

4 dari 5 halaman

Parfum Beraroma Manis Mampu Tingkatkan Mood Remaja?

Dream - Wangi dan tetap segar menjadi salah satu kunci penunjang penampilan. Perempuan, khususnya remaja cenderung sangat selektif dalam memilih wangi yang cocok untuk tubuh mereka.

Demi memenuhi keinginan tersebut, PZ Cussons Indonesia dengan Brand Imperial Leather meluncurkan dua varian baru Body Mist Sweet Treats Collection, yaitu Marshmallow dan Rainbow Cotton Candy.

Body mist yang tercipta dua varian tersebut terinspirasi dari Gourmand Trend, yaitu wewangian yang berasal dari makanan dan juga snack, seperti wangi cokelat dan permen. Aroma tersebut sangat digemari oleh remaja perempuan.

“ Kita rancang dari Gourmand Trend wangi yang berasal dari makanan dan snack yang manis, dan masyarakat Indonesia sangat menyukai Marshmallow dan rainbow cotton candy yang sudah familiar,” ungkap Rahma Anna Setyani, Head of Brand Activation PZ Cussons Indonesia di Jakarta, Sabtu 2 November 2019.

Nuansa fresh dan sweet akan menambah kecerian dan semangat ketika beraktivitas. Menurut psikologi remaja, A. Kasandra Putranto, aroma manis dapat memberi pengaruh dari segi psikologi remaja dalam membangun mood.

5 dari 5 halaman

Cara Gritte Agatha Tampil Fresh Sepanjang Hari

Bahkan artis imut Gritte Agatha mengaku dirinya selektif dalam memilih parfum. Terutama di tengah rutinitas padat seperti syiting dan mengelola channel YouTube.

 Gritte Agatha

Foto: Diah Tama Yanti/Dream

" Aku suka banget wangi yang bikin seger dan fresh untuk sehari-sehari,” kata Gritte.

Tak hanya memakai parfum, Gritte juga menambah kepercayaan diri dengan rutin mengaplikasikan skincare. (mut)

Laporan: Diah Tama Yanti

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id