Melihat dari Dekat Proses Produksi Wardah Cosmetics

Lifestyle | Senin, 15 April 2019 19:45
Melihat dari Dekat Proses Produksi Wardah Cosmetics

Reporter : Cynthia Amanda Male

Perusahaan yang awalnya berjualan dari pintu ke pintu menjelma menjadi penghasil produk kosmetik dan makeup ternama.

Dream – Siapa yang tak kenal merek Wardah? Produk kosmetik dan make up ini hadir hampir di setiap pusat perbelanjaan dan supermarket. Lewat sejumlah brand ambassador terkenalnya, merek Wardah juga begitu melekat di ingatan masyarakat.

Tapi siapa sangka jika perusahaan yang berdiri 24 tahun silam ini awalnya menjajakan produknya dari pintu ke pintu rumah.

Kini bisnis Wardah Cosmetics semakin membesar. Menjadi salah satu produk kosmetik terbesar dan tersohor di negeri ini. Banyak tokoh wanita dan pesohor yang memakai produk kosmetik dan menjadi bintang iklan perusahannya.

Sejak berdiri pada tahun 1995, Wardah telah memposisikan diri sebagai brand kecantikan halal yang mengutamakan faktor kualitas dan kehalalan produk. Tentu banyak yang penasaran seperti apa sih dapur dari Wardah?

Sejumlah media termasuk Dream berkesempatan melihat lebih dekat seluruh proses produksi yang menghasilkan produk-produk halal berkualitas di pabrik Wardah. Rekan media diajak dibawa ke Kawasan Industri Jatake, Tangerang.

 Melihat dari Dekat Proses Produksi Wardah Cosmetics

" Sebenarnya, perusahaannya didirikan tahun 1985. Tapi, sejak 1995 pabriknya mulai dibangun di Cibodas dan Tangerang. Sekarang lebih banyak produksi di Tangerang," ujar Pendiri PT Paragon Technology & Innovation, Nurhayati Subakat, Senin 15 April 2019.

Pabrik yang didirikan, setelah sempat mengalami kebakaran di seksi home industry yang merupakan tempat produksi sementara produk Wardah- terbagi menjadi lima area. Kelima area itu adalah produksi semisolid dan powder, produksi liquid, National Distribution Centre, perluasan produksi semisolid dan Office Manufacturing Terpusat, serta R&D Center dan Packaging Warehouse.

 Foto 2

Kawasan tersebut menjadi tempat diproduksinya lini produk makeup dan perawatan unggulan Wardah, seperti Exclusive Matte Lip Cream, C-Defense Serum dan Nutri Shine Shampoo.

" Kami sudah memproduksi lebih dari 400 produk. Dan sampai 2020, akan diluncurkan sekitar 230 produk baru," tambah Direktur Research & Development PT Paragon Technology & Innovation, Sari Chairunnisa. 

Pabrik ini juga dilengkapi dengan Research and Development (R&D) Center di mana sekitar 80 pegawai Wardah terus berinovasi menciptakan produk halal dengan kualitas terbaik yang dapat digunakan masyarakat.

 foto 3

" Setiap tahunnya ada sekitar 135 juta produk yang diproduksi oleh pabrik secara bergantian dengan sistem semi otomatis," imbuh perwakilan PT Paragon Technology & Innovation, Soni.

2 dari 2 halaman

Terus Berinovasi

Salah satu inovasi yang berhasil Wardah lakukan adalah formulasi maskara yang nyaman digunakan, tahan lama, tidak mudah terhapus oleh air, namun masih memungkinkan untuk dilalui air saat seorang muslimah berwudhu.

" Best selling products kami adalah lip cream, two way cake dan maskara. Kami merupakan pemain baru di eye makeup, tapi menurut Nielsen, sudah bisa ada di peringkat ketiga," kata Soni.

 Foto 4

Produk yang diawali dengan ide sebuah komunitas untuk menyediakan produk halal untuk wanita muslimah ini, akhirnya berhasil mendapatkan berbagai penghargaan.

Mulai dari predikat sebagai brand lokal terbaik hingga lolos audit Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) berkat pola produksinya yang efektif dan ramah lingkungan.(Sah)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id