7 Manfaat Tape Ketan Hitam, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Jaga Kesehatan Kulit

Fresh | Senin, 27 Juni 2022 14:35

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Tape ketan hitam kaya akan serat yang sangat baik bagi saluran pencernaan.

Dream – Jika membicarakan tentang makanan Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Karena di Indonesia sahabat Dream bisa menemukan berbagai makanan dengan rasa yang bervariasi dan dari cara pembuatannya pun juga unik-unik. Jadi, tidak ada salahnya kalau sahabat Dream mulai menambah informasi tentang apa saja makanan Indonesia.

Salah satu makanan Indonesia yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah tape ketan hitam. Ya, tape ada beberapa jenis seperti tape singkong yang juga tak kalah populer. Sesuai dengan namanya, tape ketan hitam terbuat dari beras ketan hitam yang diberi ragi dan melalui proses fermentasi.

Hidangan ini biasanya muncul di saat hari raya maupun perayaan lainnya dengan dibungkus daun pisang. Selain lezat, manfaat tape ketan hitam juga baik untuk kesehatan lho, sahabat Dream. Tape ketan hitam menyimpan kandungan berupa energi, karbohidrat, protein, serat, kalori niacin, asam folat, sodium, vitamin E, zat bei, kalsium, selenium dan masih banyak lagi.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat tape ketan hitam yang telah dirangkum Dream melalui merdeka.com.

7 Manfaat Tape Ketan Hitam, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Jaga Kesehatan Kulit
Manfaat Tape Ketan Hitam (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan

 Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan© Shutterstock.com

Menurunkan Kolesterol

Manfaat tape ketan hitam yang pertama adalah bisa menurunkan kolesterol. Seperti diketahui bahwa kadar kolesterol yang berlebih sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Bahkan bisa memicu hadirnya berbagai penyaki berbahaya, seperti penyakit jantung. Oleh karena itu, kadar kolesterol di dalam tubuh haruslah selalu dikontrol.

Nah, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tubuh adalah dengan mengonsumsi tape ketan hitam. Hal ini karena adanya kandungan asam laktat yang ada di dalam tape ketan hitam.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Demi menjaga pencernaan yang sehat dan lancar, sahabat Dream jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan asupan serat dengan mengonsumsi tape ketan hitam.

Sahabat Dream yang mengonsumsi tape ketan hitam bisa mendapatkan serat secara alami yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Jadi, kamu pun bisa melalui berbagai aktivitas dengan kondisi perut yang nyaman.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan

 Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah menjadi penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya tanda penyakit ini adalah penderitanya akan merasakan pusing dan lemas. Hal ini pun tentu sangat berbahaya bagi penderitanya.

Untuk mengatasi anemia, sahabat Dream bisa mengonsumsi tape ketan hitam. Hal ini karena adanya kandungan zat besi di dalam tape ketan hitam yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, tubuhmu bisa mendapatkan sel darah merah secara cukup dan pastinya akan terhindar dari anemia.

Mencegah Kanker

Jika mendengar kata kanker, hal ini langsung membuat seseorang ketakutan. Ya, karena penyakit ini memang sangat berbahaya dan telah memakan banyak korban, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, penyakit kanker masih bisa dicegah, salah satunya dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Sahabat Dream bisa mencoba mengonsumsi tape ketan hitam. Di mana manfaat tape ketan hitam ampuh dalam mencegah terbentuknya sel-sel pemicu kanker. Karena di dalamnya terdapat kandungan berupa asam laktat yang baik bagi tubuh manusia.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat tape ketan hitam berikutnya adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat bahwa kekebalan tubuh sangatlah penting untuk menjadi tameng bagi manusia agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang kapan saja. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa tape ketan hitam memiliki kandungan asam laktat yang mampu untuk memperkuat imunitas tubuh. Sehingga, tubuh pun bisa lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan

 Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Ambeien

Manfaat tape ketan hitam lainnya adalah bisa mengatasi ambeien. Penyakit ini memang menimbulkan rasa nyeri dan membuatmu tidak nyaman, apalagi saat duduk. Oleh karena itu, kondisi tersebut harus segera diatasi agar kamu bisa beraktivitas seperti biasanya lagi.

Manfaat tape ketan hitam tersebut didapatkan dari ragi yang ampuh menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan. Sahabat Drem bisa mengonsumsi tape ketan hitam yang sudah benar-benar masak sebanyak tiga kali sehari secara rutin untuk mendapatkan kesembuhan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya tubuh bagian dalam saja yang perlu untuk dijaga kesehatannya. Tubuh bagian luar pun juga tak kalah penting untuk selalu dirawat agar tetap sehat. Ya, salah satunya adalah kulit yang menjadi bagian terluar tubuh serta sering mendapatkan paparan sinar matahari dan polusi secara langsung. Jelas hal tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan kulit.

Sahabat Dream bisa menggunakan tape ketan hitam untuk menjaga kulit tetap sehat. Hal ini karena manfaat tape ketan hitam bisa didapatkan dari sifat antiinflamasi atau antiperadangan di dalam tape ketan hitam. Jika sahabat Dream mengonsumsinya secara teratur, maka kulit bisa menjadi lebih sehat.

Namun, jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan juga. Karena alkohol di dalam tape sangatlah tinggi dan tidak baik baik kesehatan jantung serta pembuluh darah. Bahkan bagi penderita maag, bisa meningkatkan asam lambungnya.

Join Dream.co.id