Manfaat Skipping Setiap Hari untuk Kesehatan Jantung dan Tulang, Bisa Kurangi Risiko Cedera

Lifestyle | Senin, 5 September 2022 13:45

Reporter : Arini Saadah

Manfaat skipping berdampak pada kekuatan otot, tulang dan kesehatan paru-paru serta jantung.

Dream - Siapa sih yang enggak ingin tubuhnya segar dan bugar? Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang segar saat bangun di pagi hari. Mulai dari konsumsi makanan sehat, mengontrol stres, hingga rutin berolahraga.

Olahraga memang kegiatan yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan. Olahraga menjadi salah satu dari cara menerapkan gaya hidup sehat. Olahraga tak hanya memberikan kesehatan pada jasmani saja, tetapi juga pada rohani. Orang yang sehat secara jasmani dan rohani akan memiliki kepribadian yang disiplin, sportif, dan berkualitas.

Sebenarnya olahraga tak melulu berada di luar ruangan. Kamu pun bisa berolahraga di rumah saja dengan peralatan yang mudah didapatkan. Salah satunya adalah skipping atau biasa dikenal dengan olahraga lompat tali.

Manfaat skipping setiap hari berdampak pada kekuatan otot, tulang dan kesehatan paru-paru serta jantung. Manfaat ini tentu akan lebih maksimal apabila skipping dilaksanakan rutin setiap hari. Lantas apa saja manfaat skipping setiap hari? Simak informasi selengkapnya berikut ini, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Manfaat Skipping Setiap Hari untuk Kesehatan Jantung dan Tulang, Bisa Kurangi Risiko Cedera
Google Image
2 dari 5 halaman

Manfaat Skipping Setiap Hari

 Ilustrasi© Freepik.com

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat skipping setiap hari yang pertama ialah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Organ yang satu ini sangat berat tugasnya, karena harus memompa darah ke seluruh tubuh setiap saat. Jantung perlu dijaga dengan pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Salah satu yang dapat Sahabat Dream lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin berolahraga, salah satunya skipping atau lompat tali.

Olahraga yang satu ini akan membuat jantung terpompa dan sangat baik untuk sistem kardiovaskular. Studi yang diterbitkan oleh Journal of Pharmacy and Technology pada tahun 2019 menemukan bahwa orang yang melakukan lompat tali dua sesi setiap hari selama 12 minggu, hal ini bisa meningkatkan gerakan V02 maksimal serta fungsional.

2. Bangun Stamina

Manfaat skipping setiap hari juga akan membangun stamina untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Stamina dibutuhkan untuk beraktivitas, terutama atlet yang membutuhkan stamina tinggi untuk berolahraga. Seorang pelari akan terjaga staminanya apabila rutin melakukan skipping.

Skipping secara konsisten akan meningkatkan kekuatan tulang, daya tahan, dan koordinasi dari waktu ke waktu.

3 dari 5 halaman

3. Bantu Membakar Kalori

 Ilustrasi© Freepik.com

Tak hanya bagus untuk meningkatkan stamina, manfaat skipping seiap hari juga bisa dijadikan sebagai cara untuk membakar kalori. Skipping selama sekitar 15 menit mampu membakar 200 hingga 300 kalori.

Olahraga yang satu ini melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga mampu membakar kalori dalam waktu yang singkat.

Namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan gaya hidup dan pola makan sehat, maka akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

4. Tingkatkan Kapasitas Paru-paru

Manfaat skipping setiap hari bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Sebab saat skipping paru-paru akan mendapatkan lebih banyak udara, sehingga bisa membantu mengatasi masalah pernapasan.

Selain itu juga akan meningaktkan daya tahan fisik. Akibatnya tubuh bisa berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah. The American Lung Association merekomendasikan lompat tali sebagai salah satu pilihan untuk membantu paru-paru berfungsi dengan baik.

4 dari 5 halaman

5. Mengurangi Risiko Cedera

Skipping memerlukan koordinasi yang baik, sehingga rutin melakukannya akan mengurangi risiko cedera dalam melaksanakan kegiatan sehari-hati.

Gerakan skipping memaksa kita untuk mengoordinasikan gerakan tubuh bagian atas dan bawah sehingga tubuh lebih gesit dan kesadaran pun meningkat.

6. Menguatkan Tulang

Selain mengurangi risiko cedera, manfaat skipping secara rutin bisa membantu menguatkan tulang. Tak hanya itu, olahraga ini juga akan membangun kepadatan tulang melalui latihan benturan.

Saat berlatih dengan benturan, tubuh menekankan tulang lebih agresif daripada kebanyakan bentuk pelatihan. Akibatnya tubuh akan merespons tekanan ini dengan merombak tulang menjadi lebih kuat dan lebih padat.

Sebuah studi pada tahun 2015 terhadap wanita premenopause menunjukkan bahwa lompat tali dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul. Hal ini penting diperhatikan, karena semakin bertambahnya usia, kepadatan tulang akan menurun.

5 dari 5 halaman

7. Mengencangkan Betis

Manfaat skipping yang selanjutnya adalah mampu mengencangkan betis. Sebab gerakan lompat tali ini akan melatih otot betis, paha depan, paha belakang, glutes, perut, otot miring, lengan bawah, bisep, trisep, bahu, otot punggung, dan otot dada.

8. Mencerdaskan Otak

Tak hanya bagi kesehatan tubuh, manfaat skipping rupanya juga membantu meningkatkan kecerdasan otak. Manfaat ini tentu tak boleh kamu abaikan, Sahabat Dream!

Menurut Jump Rope Institute, saat seseorang melakukan skipping maka ada perkembangan belahan otak kiri dan kanan sehingga akan meningkatkan kesadaran spasial, keterampilan membaca, memori, serta membuatmu lebih waspada dari segi mental.

Gerakan melompat-lompat, akan membantu terjadi penyesuaian otot saraf pada ketidakseimbangan yang berasal dari lompatan secara terus-menerus.

Demikian itulah manfaat menakjubkan dari olahraga skipping setiap hari. Segera biasakan diri untuk olahraga skipping setiap hari agar kamu bisa membuktikan sendiri manfaatnya yang luar biasa.

Join Dream.co.id