Manfaat Rumput Paragis untuk Kesehatan, Kerap Digunakan dalam Pengobatan Tradisional

Lifestyle | Senin, 5 September 2022 06:47

Reporter : Arini Saadah

Studi menunjukkan ekstrak dari rumput paragis memiliki aktivitas antioksidan, antibakteri hingga anti kanker.

Dream - Banyak tanaman di sekitar kita yang kerap dianggap tanaman liar namun sejatinya memiliki manfaat kesehatan. Salah satu dari tanaman liar ini adalah rumput paragis. Keberadaan rumput paragis yang kerap tumbuh di lapangan maupun halaman rumah ini ternyata menyimpan khasiat luar biasa untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Rumput paragis merupakan spesies dari keluarga Poaceae. Sebagaimana rumput pada umumnya, rumput paragis berukuran kecil. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah tanah padat dan terkena sinar matahari langsung.

 Rumput paragis© Shutterstock

Studi menunjukkan ekstrak dari rumput paragis memiliki aktivitas antioksidan, antibakteri hingga antikanker. Sementara itu, menurut Journal Plos One, manfaat rumput Paragis didapatkan berkat kandungan antioksidan dan aktivitas anti-inflamasi dari ekstrak tumbuhan tersebut yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Lantas apa sebenarnya manfaat rumput paragis untuk kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat rumput paragis untuk kesehatan yang sayang jika diabaikan.

Manfaat Rumput Paragis untuk Kesehatan, Kerap Digunakan dalam Pengobatan Tradisional
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Manfaat Rumput Paragis dalam Pengobatan Tradisional

Manfaat rumput paragis untuk kesehatan sudah dipercaya masyarakat sejak jaman dahulu. Manfaat rumput paragis digunakan untuk pengobatan tradisional. Berikut beberapa negara yang memanfaatkan rumput paragis dalam pengobatan tradisional mereka:

  • Di negara Vietnam dan India, manfaat rumput paragis dipakai untuk obat masalah organ hati. Khusus di Vietnam, campuran rumput paragis dan berbagai tanaman lain digunakan sebagai obat influenza, hati dan oliguria.
  • Orang dulu kerap memanfaatkan rumput paragis sebagai obat malaria, dan demam.
  • Orang Malaysia memanfaatkan rumput paragis sebagai ramuan untuk ibu yang melahirkan agar plasenta bisa keluar.
  • Rebusan daun rumput paragis digunakan masyarakat Sumatera untuk obat cacingan.
  • Ramuan herbal dari rumput herbal dan tanaman gogo dijadikan obat alami untuk menghilangkan ketombe dan cegah rambut rontok.
  • Di India, manfaat air rebusan rumput paragis digunakan untuk mengobati penyakit disentri dan hemoptisis.
  • Manfaat rumput paragis juga digunakan sebagai tonik untuk mengatasi gangguan kandung kemih.
  • Air rebusan rumput paragis dipakai untuk menyembuhkan disentri, diare dan kejang otot oleh masyarakat Kolombia.
  • Masyarakat Myanmar memanfaatkan rumput paragis untuk mengatasi masalah hipertensi.
3 dari 5 halaman

Manfaat Rumput Paragis untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

 Ilustrasi© lazada.co.id

Selain manfaat rumput paragis untuk pengobatan tradisional di atas, di bawah ini dijelaskan lagi manfaat rumput paragis untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. 

1. Atasi Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat rumput paragis yang pertama untuk mengatasi diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi. Rumput paragis bida dibuat sebagai teh. Apabila dikonsumsi setiap hari bisa membantu mengatasi diabetes dan masalah tekanan darah tinggi. Teh dari rumput paragis juga dapat menurunkan demam.

Selain itu, manfaat rumput paragis juga berkhasiat menyembuhkan penyakit lain seperti hemoptisis, gangguan liver, gangguan kandung kemih, malaria, penyakit kuning, epilepsi dan kemandulan pada wanita.

4 dari 5 halaman

2. Atasi Masalah Ginjal

Manfaat rumput paragis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah penyakit ginjal. Rumput paragis memiliki sifat diuretik alami sehingga akan meningkatkan jumlah air dalam tubuh. Jika urin lancar dikeluarkan, maka racun-racun di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin. Alhasil masalah pada ginjal pun bisa diatasi.

3. Aktivitas Anti Kanker

Rumput paragis juga bisa dijadikan obat untuk menghambat aktivitas anti kanker. Tanaman ini mengandung antikankerdan antioksidan sehingga bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Ramuan obat dari tanaman herbal ini efektif menghilangkan mioma dan kista ovarium.

Cara mencegah kanker dengan rumput paragis adalah dengan membuatnya sebagai teh dan dikonsumsi rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur. Cara ini efektif untuk menghilankan kista.

5 dari 5 halaman

4. Mengobati Luka, Radang Sendi dan Parasit

Manfaat rumput paragis untuk kesehatan yang selanjutnya bisa untuk mengobati luka, radang sendi dan parasit. Penyakit radang sendi kerap dialami oleh orang yang lanjut usia.

Rumput paragis juga dimanfaatkan sebagai luka untuk menghentikan pendarahan pada luka serta mampu menghilangkan cacing dan parasit dari perut.

Itulah manfaat rumput paragis untuk kesehatan yang sayang dilewatkan. Mskipun sering dianggap tanaman liar, tanaman ini jelas memiliki manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa mencobanya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang telah dijelaskan di atas.

 

Join Dream.co.id