7 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik, Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Atasi Kecemasan

Fresh | Rabu, 6 Juli 2022 11:35

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Musik klasik memiliki harmoni yang bisa membuat pendengarnya merasa lebih tenang.

Dream – Kehadiran beragam jenis musik yang sering sahabat Dream dengarkan saat ini tidak terlepas dari pengaruh aliran musik klasik di masa lalu. Perkembangan musik klasik telah berlangsung sejak lama tepatnya awal abad ke-2 SM di daerah Babilon dan Mesir ada musik yang melahirkan aliran tertentu.

Meski sudah berlangsung sejak lama, pada kenyataannya musik klasik masih tetap memiliki penggemar dan disukai hingga abad ke-21 ini. Sahabat Dream tentunya pernah mendengar beberapa musisi dan komposer musik klasik terkenal seperti Wolfgang Amadeus Mozart, Johanss Sebastian Bach, dan nama-nama tenar ainnya.

Tak hanya enak didengar, manfaat mendengarkan musik klasik ternyata juga berpengaruh baik bagi tubuh lho, sahabat Dream. Musik ini cocok sekali kamu dengarkan saat sedang bersantai, membaca, atau saat bekerja.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik klasik sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

7 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik, Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Atasi Kecemasan
Manfaat Mendengarkan Musik Klasik (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik© Unsplash.com

Menurunkan Tekanan Darah

Kondisi tekanan darah pada seseorang haruslah selalu diperhatikan agar tetap normal. Ketika tekanan darah terlalu tinggi, hal ini tidaklah baik bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung. Nah, seseorang bisa menurunkan tekanan darahnya dengan cara mendengarkan musik klasik. Kok bisa?

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Deutsches Aerzteblatt International di tahun 2016 lalu, di mana telah dibandingkan efek music Mozart dan Strauss dengan music ABBA pada masalah yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Dan hasilnya membuktikan bahwa orang yang mendengarkan Mozart dan Strauss memiliki tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah. Kemudian detak jantung juga lebih rendah. Sedangkan lagu ABBA tidak menghasilkan efek seperti itu.

Hal ini bisa terjadi karena mendengerkan harmoni dan ritme musik klasik bisa membuat orang merasa tenang dan membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Meringankan Rasa Sakit

Bagi sahabat Dream yang pernah menonton film maupun drama di mana ada adegan seseorang yang sedang sakit lalu diperdengarkan lagu klasik, maka hal ini adalah tindakan yang baik. Ya, karena orang yang sakit ketika mendengarkan lagu klasik bisa meringankan rasa sakitnya.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Critical Illnes and Injury Science pada tahun 2012 lalu, pasien yang mendapatkan perawatan intensif dan menngalami rasa sakit, kecemasan, depresi, masalah kardiovaskular, dan gangguan tidur, bisa mendapatkan efek yang sangat baik saat mendengar musik klasik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik© Freepik.com

Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat mendengarkan musik klasik yang tak kalah luar biasa adalah bisa meningkatkan kekuatan otak. Di mana ketika sahabat Dream mendengarkan musik, maka itu bisa mendatangkan perasaan gembira dan meningkatkan kognisi.

Otak yang kondisinya bahagia adalah otak yang sehat dan mendapatkan pengaruh musik, terutama musik yang mampu membangkitkan ingatan positif, meningkatkan dopamin dan neurokonektivitas, menjaga otak yang sudah tua menjadi lebih sehat.

Membantu Tidur

Bagi sahabat Dream yang sulit tidur di malam hari, hal ini menjadi masalah tersendiri yang cukup sulit untuk diatasi. Namun, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan cara mendengarkan musik klasik. Hal ini pernah dilakukan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing di tahun 2008 lalu menemukan bahwa seorang siswa yang memiliki gangguan tidur bisa tidur lebih nyenyak saat mereka mendengarkan musik klasik.

Hal ini karena musik klasik memiliki tempo yang lambat dan membuat tenang. Sehingga hal ini sangatlah baik untuk mendorong otak serta tubuh kamu agar tidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik© Unsplash.com

Meredakan Kecemasan

Seseorang yang mengalami kecemasan, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan mendengarkan musik klasik. Hal ini sebelumnya telah dilakukan penelitian yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice di tahun 2018 lalu yang mengamati 180 pasien pra operasi.

Dalam penelitian itu menemukan bahwa dengan mendengarkan suara alami, musik klasik Turki atau Barat mampu meredakan kecemasan dengan menurunkan kadar kortisol dan tekanan darah serta detak jantung.

Membuat Lebih Emosional

Manfaat mendengarkan musik klasik berikutnya adalah bisa membuat lebih emosional. Hal ini telah dilakukan sebuah studi yang diterbitkan di PLOS ONE pada tahun 2016 lalu yang membuktikan bahwa opera bisa menghasilkan respons yang penuh perhatian dan empati pada orang.

Kemudian pada studi di tahun 2001 silam menemukan bahwa seseorang yang mendengarkan musik klasik akan lebih mudah untuk membagikan informasi tentang diri mereka sendiri secara tertulis.

Membantu saat Bersantai

Di saat istirahat dari semua rutinitas harian, bersantai adalah momen yang tak boleh dilewatkan. Momen santai sahabat Dream akan semakin sempurna dengan mendengarkan musik klasik. Manfaat mendengarkan musik klasik saat bersantai memiliki pengaruh bagi fisiologis.

Jackson mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik bisa meningkatkan pelepasan neurotransmitter dopamine yang membuat kondisi otak menjadi lebih baik dan meredakan stres. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih rileks, mendapatkan suasana hati yang baik, serta merasa lebih bahagia.

Join Dream.co.id