7 Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Jadi Sarana Bersosialisasi

Lifestyle | Senin, 12 September 2022 16:12

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Menari bisa membuat seseorang merasa bahagia dan dijauhkan dari rasa stres.

Dream – Adakah di antara sahabat Dream yang memiliki hobi menari? Menari tak sekadar menjadi hobi sekaligus bakat yang dimiliki oleh seseorang saja. Tetapi sebenarnya menari bisa dilakukan oleh siapa saja, meski tanpa menggunakan teknik menari yang benar.

Misalnya saja ketika sahabat Dream datang ke sebuah konser dan mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh sang penyanyi di panggung. Jika lagu tersebut kamu rasa mengasyikkan, biasanya secara otomatis tubuh akan ikut bergoyang dan lama-kelamaan saking serunya, kamu bisa sangat menikmati untuk terus menari dengan iringan lagu dan musik.

Aktivitas menari memang tidak bisa dianggap sederhana. Ada segudang manfaat menari yang bisa sahabat Dream dapatkan, baik itu untuk kesehatan fisik maupun mental. Jadi, jika ada kesempatan untuk menari, jangan ragu dan malu untuk melakukannya.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat menari untuk kesehatan fisik dan mental sebagaimana dirangkum Dream melalui alodokter.com.

7 Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Jadi Sarana Bersosialisasi
Manfaat Menari Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan

 Manfaat Menari untuk Kesehatan© Unsplash.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat menari yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Saat sahabat Dream melakukan aktivitas menari, maka saat itulah denyut jantung akan mengalami peningkatan karena adanya gerakan. Selain itu, dari gerakan-gerakan menari tersebut juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Bahkan dalam sebuah penelitian menemukan bahwa seorang penderita gagal jantung yang rutin melakukan aktivitas menari Waltz akan mengalami peningkatan kualitas hidup daripada seorang penderita gagal jantung yang tidak berolahraga sama sekali. Jadi, bagi sahabat Dream yang ingin jantungnya selalu sehat, cobalah untuk rutin menari ya.

Meningkatkan Energi

Mudah merasa lelah menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Jika kondisi ini terjadi, maka bisa saja membuat aktivitas sahabat Dream akan terhambat. Apalagi untuk kamu yang memiliki segudang agenda, tentu penting memiliki energi dalam jumlah yang banyak.

Selain menjaga pola makan dan beristirahat dengan baik, sahabat Dream juga bisa mulai membiasakan untuk menari. Karena kegiatan ini mampu meningkatkan energi. Menari akan meningkatkan kerja jantung serta melancarkan darah dan oksigen. Jadi, proses pembentukan energi pun juga akan turut meningkat dan membuatmu tidak mudah lelah lagi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan

 Manfaat Menari untuk Kesehatan© Unsplash.com

Menurunkan Berat Badan

Manfaat menari yang sayang jika dilewatkan adalah bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ya, menari ibarat seperti berolahraga yang membutuhkan energi untuk bisa terus bergerak. Jika sahabat Dream menari secara rutin, maka ini bisa membantu kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Tapi tetap harus mengontrol makanan yang dikonsumsi sehari-hari ya. Agar kamu bisa mendapatkan manfaat ini secara maksimal dan tentunya mendapatkan bentuk tubuh sesuai dengan keinginan.

Mengatasi Stres

Setiap orang memiliki peluang untuk menderita stres. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Jika kondisi ini terjadi, maka harus segera ditangani agar tidak semakin serius. Cara yang bisa sahabat Dream pilih untuk mengatasi stres adalah dengan menari. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa gerakan dalam menari mampu melepaskan seseorang dari beban pikiran yang mengganggu.

Kemudian sama halnya seperti saat sahabat Dream berolahraga, maka saat sedang menari pun zat-zat kimia akan dilepaskan dari otak. Sehingga hal ini mampu merekan seseorang dari gejala kecemasan serta depresi. Jadi, bagi sahabat Dream yang merasa sedang mengalami stres, cobalah untuk menari demi membuatmu merasa lebih ringan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan

 Manfaat Menari untuk Kesehatan© Unsplash.com

Menjaga Fungsi Kognitif

Fungsi kognituf pada seseorang bisa saja mengalami penurunan dengan seiring berjalannya usia. Meski begitu, sahabat Dream tidak perlu khawatir karena fungsi kognitif ini bisa dijaga dengan cara menari.

Hal ini sudah pernah dilakukan penelitian bahwa menari bisa membantu untuk menjaga fungsi kognitif, yakni dengan meningkatkan volume hippocampus, yakni otak yang menjadi tempat penyimpanan memori.

Meningkatkan Keseimbangan dan Kekuatan Tubuh

Dengan melakukan aktivitas menari, hal ini bisa membantu untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh. Hal ini karena saat sedang melakukan gerakan menari, maka tubuh didorong untuk melakukan berbagai gerakan tertentu. Nah, lama-kelamaan tubuh pun akan bisa beradaptasi dan menjadi seimbang. Bahkan postur tubuh pun akan menjadi baik.

Jika sahabat Dream melakukan aktivitas ini secara rutin, maka tidak menutup kemungkinan akan membuat otot terus terlatih dan tubuh pun akan semakin kuat.

Sarana Bersosialisasi

Manfaat menari berikutnya adalah menjadi sarana bersosialisasi. Menyadari bahwa sebagai makhluk sosial, manusia pastinya membutuhkan orang lain. Tak hanya saat membutuhkan pertolongan saja, tetapi juga membutuhkan orang lain untuk saling mengobrol, menumpahkan keluh kesah, saling memberi semangat, dan sebagainya.

Nah, menari menjadi salah satu aktivitas yang membuatmu bisa menjalin interaksi dan komunikasi. Saat menari secara beramai-ramai, maka kamu akan mendapatkan kenalan baru. Bahkan dari pertemuan itu bisa membuat sahabat Dream merasa bahagia hingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Join Dream.co.id