8 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan, Salah Satunya Ketenangan Batin

Lifestyle | Rabu, 27 Juli 2022 06:47

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Melakukan meditasi secara rutin bisa menyehatkan fisik dan mental.

Dream – Meditasi biasanya dilakukan seseorang sebagai upaya untuk menenangkan pikiran. Pelaksanaannya dilakukan dengan cara duduk bersila, lalu mata dipejamkan, dan napas diatur secara perlahan agar teratur.

Sebenarnya meditasi sendiri bukanlah hal yang baru, tetapi sudah dilakukan sejak dahulu dengan tujuan mencapai ketenangan pikiran. Aktivitas ini cocok sekali dilakukan oleh seseorang yang sedang merasa stres dengan suatu masalah yang dihadapi.

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak di tengah kesibukan dan melakukan meditasi. Sahabat Dream bisa melakukannya sendiri dengan memilih tempat yang nyaman dan tenang. Bisa juga mengikuti kelompok meditasi.

Dengan melakukannya secara rutin, Sahabat Dream bisa merasakan manfaat meditasi ini sangatlah baik bagi tubuh. Tidak hanya mampu menyehatkan mental saja, tetapi juga menyehatkan fisik serta menghindarkan dari penyakit yang berbahaya.

Berikut adalah beberapa manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental sebagaimana dirangkum Dream melalui halodoc.com.

8 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan, Salah Satunya Ketenangan Batin
Meditasi
2 dari 5 halaman

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental© Freepik.com

Menurunkan Berat Badan

Manfaat meditasi yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Usaha menurunkan berat badan biasanya dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengatur pola makan, istirahat dengan teratur, dan menjaga istirahat dengan baik.

Sahabat Dream juga bisa melakukan meditasi sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Hal itu karena saat melakukan meditasi, seseorang harus berusaha untuk tenang dan berdiam diri. Di momen itulah juga harus menahan keinginan, termasuk keinginan untuk mengonsumsi makanan.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat meditasi berikutnya adalah bisa melancarkan pencernaan. Pencernaan yang sehat tidak hanya bergantung dari asupan makanan yang sahabat Dream konsumsi sehari-hari saja. Tetapi juga dari aktivitas olahraga yang kamu lakukan. Selain itu, bisa juga dengan melakukan meditasi yang bisa membuat pencernaan menjadi lancar.

Setelah melakukan meditasi, kamu akan merasakan perut lebih tenang. Hal tersebut juga berdampak positif bagi organ-organ di dalamnya. Meditasi akan menghindarkan kamu dari masalah yang menyerang pencernaan karena proses penyerapan makanan di dalam perut bisa bekerja dengan maksimal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental© Freepik.com

Menghindari Insomnia

Adakah di antara Aahabat Dream yang mengalami insomnia? Kondisi ini membuat seseorang mengalami kesulitan tidur saat malam hari. Di mana saat sebagian besar orang tidur di malam hari, namun seseorang dengan insomnia justru belum bisa memejamkan matanya. Hal ini sangat menganggu aktivitas di siang hari karena malam harinya kurang beristirahat.

Agar terhindar dari insomnia, kamu bisa melakukan meditasi secara rutin. Meditasi bisa kamu lakukan sebelum tidur dan efeknya akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Dengan pikiran yang tenang itulah, kamu bisa dengan mudah terlelap dan bangun di pagi dengan lebih fresh.

Menjadi Pribadi yang Sabar dan Pemaaf

Dalam kehidupan ini sikap sabar dan pemaaf penting untuk dimiliki. Apalagi ketika sedang menghadapi suatu masalah, maka haruslah bisa mengendalikan diri dengan baik. Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan melakukan meditasi. Sehingga kondisi jiwa dan pikiran akan menjadi lebih tenang.

Hal ini bisa dibuktikan ketika orang yang rutin melakukan meditasi lalu dihadapkan pada seseorang yang sudah melakukan kesalahan pada dirinya. Maka ia akan menghadapinya dengan bijak dan tenang, bahkan memaafkan perbuatan orang tersebut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental© Freepik.com

Mengatasi Hipertensi

Dengan melakukan meditasi, hal ini mampu untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini tidaklah baik bagi kesehatan dan bisa memicu hadirnya penyakit berbahaya lain. Oleh karena itu, hipertensi harus segera ditangani. Selain ditangani secara medis, bisa juga dengan melakukan meditasi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan meditasi bisa membuat tubuh menahan respons pada hormon yang menyebabkan stres. Berkurangnya respons stres bisa membuat seseorang tidak mudah mengalami stres.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat meditasi yang tak kalah istimewa adalah bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi sangatlah penting bagi setiap orang. Baik itu digunakan saat sedang belajar, bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya. Jika sahabat Dream tidak berkonsentrasi, maka hal ini bisa menimbulkan kesalahan saat sedang melakukan sesuatu.

Nah, untuk meningkatkan konsentrasi sahabat Dream bisa dengan melakukan meditasi. Aktivitas ini cocok juga dilakukan oleh seseorang yang mudah lupa karena bisa meningkatkan daya ingatnya. Dengan rutin melakukan meditasi, maka kamu bisa berlatih untuk bersikap tenang dan fokus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental© Freepik.com

Mengasah Ketenangan Batin

Mengisi hari-hari dengan melakukan meditasi juga mampu untuk mengasah ketenangan batin. Menyadari bahwa ketenangan batin sangatlah penting bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh kedamaian. Dengan membiasakan diri melakukan meditasi, maka kamu tidak akan mudah terpengaruh saat menghadapi suatu masalah dan juga tidak mudah untuk berputus asa.

Menghindari Kebiasaan Buruk

Manfaat meditasi yang sayang jika dilewatkan adalah bisa menghindari dari kebiasaan buruk. Jika kamu memiliki kebiasaan buruk dan sedang berusaha untuk ditinggalkan, cobalah untuk melakukan meditasi. Hal ini akan membantumu agar bisa terlepas dari kebiasaan buruk tersebut. (mut)

Join Dream.co.id