Manfaat Istirahat yang Penting untuk Kesehatan, Gejala Kelelahan dan Cara Terbaik untuk Beristirahat

Lifestyle | Rabu, 7 September 2022 15:12

Reporter : Arini Saadah

Istirahat bukan hanya rebahan di sofa maupun kasur, melainkan bisa melingkupi kegiatan lain yang mengalihkan perhatian dari aktivitas utama.

Dream - Manfaat istirahat untuk kesehatan menjadi perhatian banyak orang. Padatnya aktivitas sehari-hari membuat seseorang terkadang kekurangan waktu istirahat.

Istirahat bukan hanya rebahan di sofa maupun kasur, melainkan bisa melingkupi kegiatan lain yang mengalihkan perhatian dari aktivitas utama.

Sahabat Dream perlu memerhatikan waktu istirahat sebagai kebutuhan tubuhmu. Manfaat istirahat yang cukup tidak hanya bagus untuk kebugaran, melainkan juga akan memberikan kesehatan pada jiwa.

Lantas apa saja manfaat istirahat untuk kesehatan? Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat istirahat untuk kesehatan, ciri-ciri butuh istirahat, dan cara terbaik untuk istirahat.

Manfaat Istirahat yang Penting untuk Kesehatan, Gejala Kelelahan dan Cara Terbaik untuk Beristirahat
Ilustrasi Istirahat Siang (Shutterstock.com)
2 dari 7 halaman

Gejala Kelelahan

Manfaat istirahat akan memberikan dampak yang signifikan untuk kesehatan tubuh. Istirahat di akhir pekan bisa kamu isi dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Namun jika kamu mendapati ciri-ciri seperti di bawah ini, itu tandanya tubuhmu membutuhkan istirahat yang cukup.

1. Otot Kaku

Ciri-ciri tubuh yang membutuhkan istirahat ditandai dengan kaku otot. Biasanya seseorang merasakan pegal-pegal setelah beraktivitas berat. Hal ini memang normal, namun jika kaku otot yang kamu alami tak kunjung membaik artinya tubuhmu butuh istirahat cukup atau rebahan.

Otot kaku sebaiknya segera diatasi sebelum kamu mengalami kelelahan ekstrem karena akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

2. Nyeri Otot

Selain kaku otot, ciri-ciri tubuh yang membutuhkan istirahat adalah ditandai dengan nyeri otot atau sendi. Jika nyeri otot dan sendi tak kunjung hiang, bisa jadi kamu mengalami cedera yang perlu diatasi. Sebaiknya kamu menghabiskan waktu untuk istirahat, atau merelaksasi otot dengan SPA atau pijat.

3 dari 7 halaman

3. Moody

Tak hanya menyangkut fisik, kelalahan juga bisa ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat fluktuatif atau moody.

Jika kamu mersakan hal ini, sebaiknya sediakan waktu untuk istirahat cukup. Sebab kelelahan juga dapat membuat seseorang mengalami gangguan emosi seperti mudah marah.

4. Gangguan Tidur

Tidur merupakan cara istirahat yang cocok di malam hari. Namun kadang saat tidurpun kita tidak merasa nyaman. Ada banyak gangguan tidur yang biasa dialami, seperti insomnia, sering mimpi buruk, dan lain sebagainya yang menyebabkan badan terasa sakit saat bangun tidur. '

Aktivitas yang terlalu banyak dalam kehidupan sehari-hari bisa menyebabkan naiknya hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh. Akibatnya kamu akan mengalami kesulitan tidur.

5. Produktivitas Menurun

Produktivitas bisa dipengaruhi oleh durasi istirahat sehari-hari. Jika waktu istirahat kurang, bisa membuat produktivitasmu menurun. Jika kamu mengalaminya, sudah saatnya ambil cuti dan perbanyak istirahat.

4 dari 7 halaman

Cara untuk Beristirahat

 Ilustrasi© Pexels.com

Selain tidur dengan nyaman, banyak hal yang bisa dilakukan untuk beristirahat. Berikut beberapa cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran yang perlu diketahui:

  • Pastikan tubuhmu terkena cahaya matahari di pagi hari.
  • Membiasakan diri untuk rutin berolahraga.
  • Jangan terlalu lama tidur siang.
  • Menghindari makan sebelum tidur.
  • Menciptakan suasana yang nyaman untuk istirahat.
  • Melakukan relaksasi.
  • Matikan gadgetmu.
  • Jangan scroll media sosial.
5 dari 7 halaman

Manfaat Istirahat untuk Kesehatan yang Perlu Diperhatikan

Dengan mengetahui gejala tubuh yang kelelahan di atas, kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat.

Manfaat istirahat bisa mengatasi kelelahan dan baik untuk kesehatan. Agar kamu lebih memerhatikan waktu istirahatmu, sebaiknya pahami manfaat istirahat yang cukup untuk kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan Performa Fisik

Manfaat istirahat untuk kesehatan yang pertama ialah mampu meningkatkan performa fisik. Tak hanya dengan berolahraga, performa fisik akan meningkat jika kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Penelitian menunjukkan, istirahat setelah berolahraga akan memperbaiki intensitas performa, meningkatkan energi, koordinasi, kecepatan dan kekuatan mental.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat istirahat untuk kesehatan yang berikutnya ialah bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Hal ini karena dengan istirahat, maka fungsi otak akan meningkat seperti konsentrasi dan produktivitas yang lebih baik.

Inilah mengapa anak-anak membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak daripada orang dewasa karena akan meningkatkan kemampuan konsentrasi dan produktivitasnya.

Bahkan istirahat terbukti bisa membuat perilaku anak lebih baik serta memiliki performa akademis yang meningkat.

6 dari 7 halaman

3. Perkuat Sistem Imun

Manfaat istirahat untuk kesehatan juga berpengaruh kepada sistem imun tubuh. Saat istirahat, tubuh akan memperbaiki diri, melakukan regenerasi sel serta meredakan peradangan akibat aktivitas yang padat. Tentu saja mekanisme penguatan sistem imun yang dipengaruhi dari waktu istirahat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Namun kita bisa memerhatikan dalam kesehaarian, biasanya seseorang yang kurang istirahat akan sangat mudah terserang penyakit.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung yang paling utama adalah tekanan darah tinggi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), istirahat rupanya dapat membuat tubuh otomatis memperbaiki tekanan darahnya.

Artinya dengan beristirahat cukup, tubuhmu akan dengan sendirinya mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Selain itu, istirahat cukup juga akan mencegah seseorang dari penyakit gangguan pola tidur seperti sleep apnea.

Sleep apnea ialah gangguan tidur yang terjadi saat pernapasan seseorang terganggu dengan adanya periode henti napas secara berulang pada saat tidur.

7 dari 7 halaman

Manfaat Istirahat untuk Kesehatan

5. Menstabilkan Emosi

Manfaat istirahat untuk kesehatan akan membantu menstabilkan emosi. Jika memiliki waktu istirahat yang cukup, akan menurunkan tingkat emosionalmu saat menghadapi suatu masalah.

Sebuah studi menunjukkan orang dengan istirahat cukup akan lebih peka terhadap emosi orang lain, sehingga akan meningkatkan hubungan sosialnya.

6. Cegah Depresi

Manfaat istirahat untuk kesehatan yang terakhir ialah membantu mencegah depresi. Banyak studi menyimpulkan, waktu istirahat yang cukup bisa menghindarkan seseorang dari penyakit mental salah satunya depresi.

Depresi bisa ditandai dengan gangguan tidur akut. Depresi juga bisa menimbulkan penyimpangan perilaku seperti kecenderungan untuk ingin bunuh diri.

Meskipun manfaat istirahat sangat bagus untuk tubuh, kamu tidak disarankan untuk terlalu lama istirahat. Kebanyakan istirahat justru akan meningkatkan penumpukan kalsium di arteri jantung serta mengurangi fleksibilitas pembuluh darah kaki. Saran dari para ahli, sebaiknya kamu beristirahat tidur tidak lebih dari 9 jam per hari.

Join Dream.co.id