Luru, Fashion Muslim Ramah Lingkungan Karya Rosie Rahmadi

Lifestyle | Rabu, 26 Februari 2020 14:24
Luru, Fashion Muslim Ramah Lingkungan Karya Rosie Rahmadi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Material biodegradable membuat koleksi busana dapat terurai sepenuhnya kembali ke alam.

Dream - Penggunaan material ramah lingkungan semakin digencarkan di pelaku industri fashion. Serat alami seperti katun, rayon dan viscose banyak diandalkan para desainer saat ini.

Koleksi berbahan dasar material tersebut juga dipamerkan di gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 pekan lalu. Salah satunya pada koleksi Rosie Rahmadi yang bertajuk 'Luru'.

 Rosie Rahmadi© Dream

Foto: Dok. Muffest 2020

Judul koleksi ini diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti 'mencari'. Didasari bahwa salah satu fitrah manusia adalah akan selalu mencari dan terus berjalan menuju tempat terbaik.

Pencarian itu terwujud dengan memakai bahan terbaik dari Asia Pacific Rayon (APR). Rosie menggunakan bahan berserat natural yang bersifat biodegradable seperti rayon, linen dan viscose.

 Rosie Rahmadi© Dream

Foto: Dok. Muffest 2020

2 dari 6 halaman

Busana Pria dan Wanita

Rosie Rahmadi membawa 8 busana muslim wanita dan 4 busana muslim pria. Didominasi oleh silet A-line, ia menampilkan keindahan untuk mereka yang ingin tampil feminin, elegan namun tidak berlebihan.

 Rosie Rahmadi© Dream

Foto: Dok. Muffest 2020

Sulaman berwarna cerah dapat ditemukan sebagai detail pada koleksi ini. Nuansa earth tone diterapkan lewat warna-warna lembut seperti abu-abu, marun, cokelat dan khaki.

 Rosie Rahmadi© Dream

Foto: Dok. Muffest 2020

Tampilan kerudung yang sederhana dengan detail lipatan unik turut menjadikan koleksi ini terlihat berbeda dan outstanding. Kolaborasi Rosie Rahmadi diharapkan bisa menjadi angin segar di industri modest wear ke arah yang lebih baik.

Seperti diketahui, APR merupakan produsen serat viscose rayon pertama d Asia dari perkebunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

3 dari 6 halaman

Pesona Kaktus Gurun Besutan Salli Syawaliaeni

Dream - Industri fashion Tanah Air mulai mengacu pada konsep sustainability dan eco friendly. Para desainer berusaha melahirkan karya fashion dengan memakai bahan baku ramah lingkungan dan minim limbah.

Komitmen itu juga dilakukan oleh pemilik brand Opala, Salli Syawaliaeni. Ia mempersembahkan koleksi sustainable fashion bertajuk 'Opuntia' di gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020.

 Koleksi Salli Syawaliaeni© Dream

Dalam bahasa latin, Opuntia merupakan salah satu spesies kaktus yang menghasilkan bunga indah yang sering disebut Desert Rose.

 Koleksi Salli Syawaliaeni© Dream

Koleksi ini terinspirasi dari warna-warna vegetasi di sebuah gurun di mana Opelia tumbuh. Tumbuhan itu diimplementasikan dengan memakai warna netral seperti ivory, sage dan rosewood.

4 dari 6 halaman

Sustainable Fashion

Koleksi yang mengusung konsep sustainable fashion ini merupakan, kritik terhadap keserakahan manusia dalam mengelola bumi. Alhasil, mengakibatkan perubahan lingkungan, ekosistem dan cuaca.

 Koleksi Salli Syawaliaeni© Dream

Salli menggunakan material ramah lingkungan berupa tencel, katun dan linen yang diolah memakai teknik manipulating fabric yakni twisted pleats dan improvefabric folding dengan pola zero waste.

Busana dipercantik dengan embellishment berupa akrilik diamond yang terbuat dari pecahan kaca berbentuk potongan diamond.

 Koleksi Salli Syawaliaeni© Dream

Koleksi 'Opuntia' mengacu pada Trend Forecasting Neo Medieval dengan subtema Futuristic yang menghasilkan tampilan romantis, clean, sleek, kontemporer, hi tech serta elegan.

5 dari 6 halaman

Fashion Muslim Pancaran Kecantikan Gadis Bunga Tiongkok di Musim Semi

Dream - Musim semi di berbagai negara diperingati dengan perayaan spesial. Salah satunya di Nanjing, Tiongkok. Para wanita muda menghadiri festival Plum Blossom yang dirayakan setiap musim semi.

Kemeriahan festival di Negeri Tirai Bambu itu sempat hadir di panggung perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020, Jakarta Convention Center, Sabtu pekan lalu.

Berangkat dari brand Neesha, Annisa Nur Safitri mempersembahkan koleksi bertajuk 'Meihua Xiaojie' yang artinya 'Gadis Plum Blossom'. Judul tersebut dimaksudkan sebagai para wanita muda yang menghadiri festival Plum Blossom pada musim semi.

 Brand Neesha, Annisa Nur Safitri© Dream

Di festival tersebut, para wanita muda berkeliling dengan sangat antusias sambil mengenakan pakaian tradisional Tiongkok. Koleksi tersebut menampilkan suguhan busana muslim yang polos dan feminin.

6 dari 6 halaman

Sentuhan Kekinian

Busana tradisional ini dikemas dengan lebih modern. Annisa menggunakan warna pastel seperti peach, broken white dan pink. Busana dihiasi dengan lukisan bunga plum blossom yang cantik memesona.

 Brand Neesha, Annisa Nur Safitri© Dream

Semakin memukau, busana dilengkapi dengan aksen beading dan embroidery. Material yang digunakan meliputi kain sifon, satin, tafeta, katun serta tulle. Busana terdiri dari rangkaian maxi dress serta outer nan feminin.

 Brand fashion Emmara© Dream

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id