Konsep Rumah Japandi, Perpaduan Japan Scandinavia dalam Satu Harmoni

Lifestyle | Jumat, 19 Juli 2019 00:02
Konsep Rumah Japandi, Perpaduan Japan Scandinavia dalam Satu Harmoni

Reporter : Iwan Tantomi

Japandi sendiri merupakan konsep rumah yang memadukan desain Jepang dan Scandinavia.

Memiliki hunian sendiri hampir menjadi impian sebagian besar orang. Bahkan, dengan dinamika kehidupan sekarang, beberapa orang malah ingin mengonsep sendiri rumahnya. Hanya melihat tingginya harga tanah, terutama di wilayah perkotaan, membuat beberapa orang akhirnya memutuskan untuk membuat hunian minimalis.

Menariknya, ada banyak desain yang bisa diterapkan untuk membuat rumah minimalis lebih terlihat estetis. Salah satu desain yang bisa diaplikasikan adalah Japandi. Penasaran seperti apa konsep rumah Japandi ini? Berikut beberapa fakta uniknya.

Solusi Rumah Minim Lahan

Japandi sendiri merupakan konsep rumah yang memadukan desain Jepang dan Scandinavia. Secara umum, gabungan konsep tersebut menghadirkan desain minimalis dengan sentuhan warna netral, yang identik dengan konsep rumah-rumah di Scandinavia. Uniknya, warna-warna seperti putih, hitam dan abu-abu, dianggap sesuai juga dengan karakteristik desain minimalis Jepang yang terlihat sederhana. Dari sinilah lantas desain Japandi ini mucul.

Konsep yang Mengedepankan Fungsi

Sisi menarik lainnya dari rumah Japandi ini adalah konsep yang mengedepankan fungsi, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Selain itu, ciri khas Jepang yang ditampilkan dalam desain Japandi dapat dilihat dari keberadaan ruang terbuka. Hal tersebut bertujuan memaksimalkan sirkulasi udara dan juga ventilasi di dalam ruang. Tambahan jendela berukuran besar dan juga bukaan pada langit-langit semakin menyempurnakan konsep rumah Japandi ini.

Memperhatikan Pencahayaan di Dalam Ruangan

Apabila ruang terbuka menjadi salah satu ciri khas dalam konsep hunian minimalis ala Jepang, maka konsep desain rumah ala Scandinavia sangat memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan. Inilah kenapa konsep rumah minimalis Jepang dan Scandinavia bisa disatukan, karena dengan banyaknya jendela besar dan bukaan pada langit-langit, membuat rumah jadi tak terlalu membutuhkan banyak lampu sebagai penerang. Hasilnya, pemilik rumah pun tak perlu waswas setiap kali mau cek tagihan listrik PLN misalnya. Sebab, bisa lebih berhemat dalam menggunakan listrik di rumah.

Memberikan Kesan Luas Pada Hunian

Kesan sederhana dapat semakin ditampilkan dalam rumah berkonsep Japandi, dengan menghadirkan aksen berupa kain dengan warna-warna yang warm. Penggunaan kain-kain tersebut bukan saja membuat rumah terlihat nyaman dan hangat, tetapi juga menambah kesan lebih luas. Hal ini juga yang menjadi nilai lebih dari Japandi untuk diterapkan di rumah berukuran mungil.

Beragam keuntungan tersebut memang akan lebih tampak, jika diaplikasikan pada tempat tinggal di perkotaan. Selain itu, konsep Japandi ini juga cocok diadaptasi oleh masyarakat urban yang memang lebih jarang menghabiskan waktu di rumah.

Dengan konsep yang simple, Japandi rasanya begitu pas untuk mengimbangi gaya hidup masyarakat modern di perkotaan yang dinamis dan cenderung praktis. Terlebih beberapa urusan administrasi yang berkaitan dengan hunian kini bisa dibereskan secara online.

#MulaiAjaDulu dari Tokopedia, pembayaran pajak, tv kabel, hingga beragam tagihan bisa dibereskan dalam satu aplikasi, melalui produk digital Tokopedia yang bisa diakses dengan mudah. Tinggal sekarang, usir kebimbangan agar tak lagi gamang memilih konsep rumah Japandi untuk hunian idaman.

Terkait
Join Dream.co.id